EFEKTIFITAS METODE MENDONGENG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENCUCI TANGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI INDONESIA

The Effectiveness of Storytelling Method Toward Hand Washing Knowledge and Attitude Among School Age Children in Indonesia

Authors

  • Liya Dahlia
  • Dewi Srinatania STIKep PPNI Jawa Barat
  • Agni Laili Perdani

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v8i3.1160

Keywords:

Storytelling, Hand puppets, Knowledge, Attitude, School age children,

Abstract

Pendahuluan: Anak usia sekolah sangat sensitif terhadap stimulus sehingga pada usia ini mudah diberikan bimbingan dan dibiasakan dengan perilaku hidup sehat. Rendahnya kesadaran dan kurangnya pengetahuan menyebabkan cuci tangan yang tidak benar banyak ditemukan pada anak-anak. Storytelling merupakan salah satu metode untuk menyampaikan pendidikan kesehatan dan mengembangkan aspek kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan), sosial dan konatif (penghargaan) pada anak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas mendongeng terhadap pengetahuan dan sikap cuci tangan pada anak usia sekolah. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental One Group Pre-Posttest Design, dilaksanakan pada bulan April-Mei 2021. Responden setuju untuk berpartisipasi. Instrumen penelitian berupa data demografi, angket yang diisi sendiri terkait pengetahuan dan sikap mencuci tangan dengan reliabilitas baik Cronbach's alpha > 0.881 (pengetahuan) dan > 0.925 (sikap). Analisis data menggunakan SPSS Versi 23 pada rumus univariat dan bivariat. Hasil: Terdapat perbedaan pengaruh mendongeng yang signifikan terhadap pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah intervensi pada anak usia sekolah dengan nilai P 0,000 (< 0,05). Kesimpulan: Selama pandemi Covid-19 pengetahuan dan sikap terhadap cuci tangan sangat penting. Pendidikan melalui berbagai media terdapat di tempat-tempat umum, televisi, media sosial dan lain-lain. Namun, perlu pendekatan khusus untuk anak usia sekolah sebagai populasi rentan karena prevalensi Covid-19 ini relatif tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, Dwi Aprilina. Minarti, Ni Made Aries. Adriana, D. (2014). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan audio visual terhadap perilaku cuci tangan pakai sabun anak pra sekolah. E-Jurnal Keperawatan, 2(3).

Ajizah, Asyifa. (2020) Pertumbuhan dan Perkembangan Anak, Bayi, dan Usia. Bogor: Lindan Bestari

Aries Abiyoga, Rani Fitriani Arifin, Y. N. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Storytelling (Bercerita) dalam Personal Hygiene terhadap Hygienitas Kuku pada Anak Usia Prasekolah. Darul Azhar, 4(1), 71–80.

Asthiningsih, N. W & Tri. (2019) Edukasi Personal Hygiene Pada Anak Usia Dini Dengan G3CTPS. Jurnal Pesut: Pengabdian untuk kesejahteraan umat Vol. 1 No. 2. Tersedia di: https://journals.umkt.ac.id/index.php/pesut/article/view/28

Budiwibowo, et al. (2019) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Stor Telling Terhadap Tingkat Pengetahuan Kebersihan Gigi Pada Pnak Usia Sekolah di SDN Inpres Kala Tahun 2019. Journal: Gravity edu volume 2 Nomor 2

Burhaein, (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51–58.

Damanik, R. K. (2018). Pengaruh Storytelling terhadap personal hygiene pada anak usia prasekolah di TK. Baburrahman Kecematan Kualuh Hulu Kabupaten Batu Utara. Kesehatan Masyrakat dan Lingkungan Hidup, 4002.

Darmayanti , et al. (2020) Teknik Pemberdayaan Masyarakat. Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press

Devi, S. (2011) Jadikan Anak Anda Jenius Jakarta : Gramedia

Elisa, U. (2018) Tumbuh Kembang dan Stimulasi untuk Orangtua Anak PAUD/TPA

Hasanah, T. M., Majid, Y. A., & Tirtayanti, S. (2019). Kartu Bergambar Meningkatkan Pengetahuan Sikap , Dan Prosedur Mencuci Tangan Anak Kelas 5 SD DI SD Muhammadiyah 14 Balayudha Palembang Tahun 2019, Healthcare Nursing Journal Fakultas Ilmu Keperawatan UMTS 2.

Iftitah, S. L. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Bangkes Kadur:

Duta Media Publishing.

Ikasari & Anggana, (2020). Pengetahuan anak usia sekolah tentang cuci tangan yang benar di kecamatan martapura. Jurnal Perawat Indonesia volume 4(1).

Istiarni & Triningsih. (2018) Jejak Pena Pustakwan. DIY: Azyan Mitrs Media

Izzaty. (2017) Prilaku Anak Prasekolah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia

Islam. (2018) Pengaruh Penyuluhan CTPS Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SDN 169 Bonto Parang Kabupaten Jeneponto. Jurnal nasional ilmu kesehatan,vol 1,2 2018

Kemenkes. (2020) Kasus Kematian Karena Covid Tertinggi Balita. Tersedia di: https://m.ayojakarta.com/read/2020/07/20/21585/kemenkes-sebut-kasus- kematian-karena-covid-19-balita-tertinggi

Kusumawardhani, Syahti Atmi. Puspaningtyas, Rusmanto. Kusuma Ayu.

Septianingrum (2017). Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Mencuci Tangan Yang Benar Pada Siswa Kelas 1 dan 2 di SDN 2 Karanglo, Klaten Selatan. Kementerian Kesehatan Politeknik Kesehatan Surakarta Jurusan Kebidanan, 44–50.

Kristanti & Cintika. (2019) Kapasitas Orang Tua Terhadap Personal Hygiene anak autis. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Listuayu, J. luh N. R. (2018). Pengaruh Storytelling Terhadap Motivasi Untuk Melakukan Personal Hygiene Pada Anak Usia Prasekolah di TK. Mandala Kumara Denpasar. Skripsi.

Lerin, C. (2012) Aktivitas Anak Pintar. Jakarta: Cikal Aksara

Marhaeni Ahmad, Anis Nikmatul Nikmah, N. L. M. P. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Melalui Metode Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia 5-6 Tahun. jurnal Mahasiswa kesehatan, 1. Tersedia di: https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=pengaruh+pen didikan+kesehatan+melalui+cerita+bergambar+terhadap+keterampilan+cuci

+tangan&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3D_64H0MWqD0

Miranda Fitra Bellinda*, Fidi Rachmadi**, D. P. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun Dengan Metode Storytelling Menggunakan Finger Puppet (Boneka Jari) Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan Pada Anak Usia Prasekolah Di Paud Pagi Ceria Pontianak Utara. Journal of Chemical Information and Modeling.

Muhyi. (2020) PJOK Tematik Terpadu Tingkat Sekolah Dasar Kelas .

Perpustakaan Nasional Indonesia: CV. Jakad Media Publishing

Muriah & Khusnul. (2020) Psikologi Perkembngan Anak dan Remaja. Uterasi Nusantara

Noordiati. (2018) Asuhan Kebidanan, Neonatus, Byi, Balita dan Anak Prasekoah.

Wineka Media

Panjaitan. Yetti Elindra, Nurani Yuliana. (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,4 (2),

Pangesti. (2018) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Storytelling dan Permainan Ular Tangga Terhadap Tingkat Pengetahuan Mencuci Tangan Pakai Sabun di TK Al Hidayah Ajung Jember. Skripsi.

Perdani, A. P. (2018). Pengaruh Storytelling Terhadap Perilaku Cuci Tangan. MID-Z Jurnal, 01(1), 13–18. tersedia di: https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=pengaruh+ storytelling+terhadap+perilaku+cuci+tangan+menggunakan+sabun&btn G=#d=gs_qabs&u=%23p%3D77EYmK1xsmoJ

Priyoto S. (2015) Komunikasi & Sikap Empati dalam Keperawatan. Yogyakarta:

Graha Ilmu Pudjibudojo, dkk. (2019) Bunga Rampai Psikolgi Perkembangan. Sidoarjo:

Zifatama Jawara

Reyhan, dkk. (2020) Bunga Rampai Pengabdian Mahasiswa KKN di Pedesaan Pemalang-Pekalongan. JAKARTA: CV Graf Literasi

RI KK. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar. 2013

Rozana, S & Ampun, B. (2020) Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jawa barat: Edu Publisher

Soetjinungsih et al. (2012) Konsep Dasar Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Simbolon, D. (2019) Pencegahan Stunting Melalui Intervensi Gizi Spesifik Pada Ibu Menyusui Anak Usia 0-24 Bulan. Ebook

Siska Dyah Ratnasari, Sri Hartini, R. A. (2015). Efektivitas Bercerita Dengan Media Boneka Jari Terhadap Kepatuhan Perilaku Mencuci Tangan Pada Anak. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan.

Siregar, P. A. dkk (2020) Promosi Kesehatan Lanjutan, Jakarta: Kencana

Sitepeo, M. (2010) Melawan Influenza A (H1N1), Jakarta : Jakarta Grasindo 2019

Sulianto et al., (2017). Profil Cerita Anak dan Media Boneka Tangan Dalam Metode Bercerita Berkarakter Untuk Siswa SD., 1, 113–122.

Sutriyanti, Ni. K. (2020) Menyemasi Benih Dharma Perspektif Multidisiplin.

Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Indonesia

Septy, S. D. (2018). Pengembangan buku cerita bergambar materi pembiasaan mencuci tangan untu anak kelomok B di TK III Lahat. Skripsi.

Trijyanti D (2019). Perilaku Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Di Madrasah Ibitidaiyah Taswirul Afkar.Jurnal Promkes.7(1).:47-56.

Trismanjaya Hulu, et all. (2020) Kesehatan Lingkungan Victor. Yayasan Kita Menulis

Van Beeck, A. H. E., Zomer, T. P., Van Beeck, E. F., Richardus, J. H., Voeten, H.

A. C. M., & Erasmus, V. (2016). Children’s hand hygiene behaviour and available facilities: An observational study in Dutch day care centres. European Journal of Public Health, 26(2), 297–300. https://doi.org/10.1093/eurpub/ckv228

Vianny, A. (2016). Pengaruh storytelling dalam pendidikan personal hygiene terhadap cuci tangan yang baik dan benar pada anak usia prasekolah di TK Tunas IGTKI-PGRI PONTIANAK, 10. Tersedia di: https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=pengaruh+ pendidikan+kesehatan+cuci+tangan+pakai+sabun&btnG=#d=gs_qabs&u

=%23p%3DtMp7yJGI440J

Wirawan, I. (2013) Kata Dokter. Jakarta : PandaMedia

Yudiarni et al., (2019). Storytelling Dalam PendidikanPersonal Hygiene Mempengaruhi Kepatuhan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak usia 6-7 Tahun Di SD Negeri 13 Sesatan. Jurnal Keperawatan Terapan(e-Journal, 06(01).

Yus, A. (2011) Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak.

Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandi

Published

2022-08-16

How to Cite

Dahlia, L. ., Dewi Srinatania, & Agni Laili Perdani. (2022). EFEKTIFITAS METODE MENDONGENG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENCUCI TANGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI INDONESIA: The Effectiveness of Storytelling Method Toward Hand Washing Knowledge and Attitude Among School Age Children in Indonesia. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(3), 59-64. https://doi.org/10.33023/jikep.v8i3.1160