PELAKSANAAN HYPNO-EMPOWERMENT MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN INDEK PRESTASI MAHASISWA
Implementation of Hypno-empowerment Improves Learning Motivation and Student Achievement Index
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1169Keywords:
Kata kunci : Hipnoempowermant, Motivasi, Indek Prestasi, Mahasiswa, Keywords: Hypnoempowermant, Motivation, Achievement Index, StudentsAbstract
ABSTRAK
Pendahuluan Semakin banyaknya Sekolah Tinggi kesehatan swasta di Indonesia, dan semakin tinggi pula tingkat persaingan Sekolah Tinggi Kesehatan untuk memperoleh mahasiswa baik secara kuantitas maupun kualitas yang umumnya relatif kurang dibandingkan dengan Perguruhan Tinggi Negeri sehingga hasil capaian pembelajaran tidak jarang masih jauh dari harapan secara kognitif, afektif maupun psikomotor. Hipnoempowermant merupakan cara meningkatkan motivasi seseorang (mahasiswa) yang lebih baik dengan teknik Hipnosis membangkitkan gelombang otak kanan dimana kemampuannya jauh lebih besar dibandingkan dengan otak kiri. Tujuan mengetahui pengaruh pelaksanaan Hipnoempowermant terhadap motivasi dan indek prestasi mahasiswa. Metode Pra Experiment dengan one group pra-post test, populasi sebanyak 80 mahasiswa, sampel sesuai rumus sebanyak 16 mahasiswa, uji analisis dengan nilai kemaknaan p = 0,05 secara komputerisasi program SPSS versi 17. Hasil penelitian tingkat motivasi belajar mahasiswa setelah pemberian hipnoempowermant dengan uji wilcoxon test nilai Z = -33.410, p = 0,001, Tingkat indek prestasi belajar Z = -2.509, p = 0,012. Kesimpulannya adanya pengaruh pemberian hipnoempowermant terhadap motivasi dan indek prestasi belajar pada mahasiswa Stikes Pemkab Jombang dengan Uji Mann-Whitney Test nilai Z = - 3.516 sedangkan p = 0.000. Aplikasi hipnoempowermant dalam proses belajar mengajar sangat perlu dilakukan dalam meningkatkan kualitas hasil pembelajaran.
Kata kunci : Hipnoempowermant, Motivasi, Indek PrPendahuluan : Pendahuluan Semakin banyaknya Sekolah Tinggi kesehatan swasta di Indonesia, dan semakin tinggi pula tingkat persaingan Sekolah Tinggi Kesehatan untuk memperoleh mahasiswa baik secara kuantitas maupun kualitas yang umumnya relatif kurang dibandingkan dengan Perguruhan Tinggi Negeri sehingga hasil capaian pembelajaran tidak jarang masih jauh dari harapan secara kognitif, afektif maupun psikomotor. Hipnoempowermant merupakan cara meningkatkan motivasi seseorang (mahasiswa) yang lebih baik dengan teknik Hipnosis membangkitkan gelombang otak kanan dimana kemampuannya jauh lebih besar dibandingkan dengan otak kiri. Tujuan: Tujuan mengetahui pengaruh pelaksanaan Hipnoempowermant terhadap motivasi dan indek prestasi mahasiswa. Metode: Metode Pra Experiment dengan one group pra-post test, populasi sebanyak 80 mahasiswa, sampel sesuai rumus sebanyak 16 mahasiswa, uji analisis dengan nilai kemaknaan p = 0,05 secara komputerisasi program SPSS versi 17. Hasil: Hasil penelitian tingkat motivasi belajar mahasiswa setelah pemberian hipnoempowermant dengan uji wilcoxon test nilai Z = -33.410, p = 0,001, Tingkat indek prestasi belajar Z = -2.509, p = 0,012. Kesimpulan: Adanya pengaruh pemberian hipnoempowermant terhadap motivasi dan indek prestasi belajar pada mahasiswa Stikes Pemkab Jombang dengan Uji Mann-Whitney Test nilai Z = - 3.516 sedangkan p = 0.000. Aplikasi hipnoempowermant dalam proses belajar mengajar sangat perlu dilakukan dalam meningkatkan kualitas hasil pembelajaran
Downloads
References
Arif, A (2011) The Handbook. Hypnotherapy, Scripts dan Strategis. PT.Elek Media Komplitindo-Gramedia. Jakarta
Efendi. A L, et all (2013) Hubungan Antara Konsep Diri Dalam Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal. http://jurnal.fkip.unila.ac.id
Arikunto,S (2006). Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta
Gunawan, A W (2005). Hipnosis : Meraih Sukses dengan Kekuatan Pikiran, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
¬¬_________(2008). The Secret of Mindset, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Hamzah, Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya:Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
IBH (Indonesian Board of Hipnotherapi), (2002). Buku Panduan Resmi Pelatihan Hipnosis, IBH .ver.1.00
Kroger, (2007). Clinical & Eksperimental Hypnosis, Revised Second Edition. Lippincott Williams & Wilkins
Listiyani. L (2012) Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Turnament Siswa Kelas V SDN Godean2 TA.2011/2012. Skripsi. FIP. Universitas Negeri Yogyakarta. http://heprints.uny.ac.id/
Silihi B. Sjukur (2012) Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Tingkat SMK Jurnal Pendidikan Vokasi by http://journal.uny.ac.id/
Sugiyono. 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.
Susianti. A (2015). Teori dan Konsep Dasar Hipnoterapi. Artikel. Ilmu Kesehatan- Jiwa.blogspot.co.id
Santos. Y (2010) Fundamental Hypnosis. Alfa Omega-NLP Nipno Center. Surabaya
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).