PELAKSANAAN HYPNO-EMPOWERMENT MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN INDEK PRESTASI MAHASISWA

Implementation of Hypno-empowerment Improves Learning Motivation and Student Achievement Index

Authors

  • Ahmad Nur Khoiri
  • Heni Maryati Lecture of Nursing Pemkab Jombang Institute of Health Science
  • Fitri Firranda Nurmalisyah
  • Pepin Nahariani
  • Parthiban Munusamy

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1169

Keywords:

Kata kunci : Hipnoempowermant, Motivasi, Indek Prestasi, Mahasiswa, Keywords: Hypnoempowermant, Motivation, Achievement Index, Students

Abstract

ABSTRAK

Pendahuluan Semakin banyaknya Sekolah Tinggi kesehatan swasta di Indonesia, dan semakin tinggi pula tingkat persaingan Sekolah Tinggi Kesehatan untuk memperoleh mahasiswa baik secara kuantitas maupun kualitas yang umumnya relatif kurang dibandingkan dengan Perguruhan Tinggi Negeri sehingga hasil capaian pembelajaran tidak jarang masih jauh dari harapan secara kognitif, afektif maupun psikomotor. Hipnoempowermant merupakan cara meningkatkan motivasi seseorang (mahasiswa) yang lebih baik dengan teknik Hipnosis membangkitkan gelombang otak kanan dimana kemampuannya jauh lebih besar dibandingkan dengan otak kiri. Tujuan mengetahui pengaruh pelaksanaan Hipnoempowermant  terhadap motivasi dan indek prestasi mahasiswa. Metode Pra Experiment dengan one group pra-post test, populasi sebanyak 80 mahasiswa, sampel sesuai rumus sebanyak 16 mahasiswa, uji analisis dengan nilai kemaknaan p = 0,05 secara komputerisasi program SPSS versi 17. Hasil penelitian tingkat motivasi belajar mahasiswa setelah pemberian hipnoempowermant dengan uji wilcoxon test nilai Z = -33.410, p = 0,001, Tingkat indek prestasi belajar Z = -2.509, p = 0,012. Kesimpulannya adanya pengaruh pemberian hipnoempowermant terhadap motivasi dan indek prestasi belajar pada mahasiswa Stikes Pemkab Jombang dengan Uji Mann-Whitney Test nilai Z = - 3.516 sedangkan p = 0.000. Aplikasi hipnoempowermant dalam proses belajar mengajar sangat perlu dilakukan dalam meningkatkan kualitas hasil pembelajaran.

Kata kunci : Hipnoempowermant, Motivasi, Indek PrPendahuluan : Pendahuluan Semakin banyaknya Sekolah Tinggi kesehatan swasta di Indonesia, dan semakin tinggi pula tingkat persaingan Sekolah Tinggi Kesehatan untuk memperoleh mahasiswa baik secara kuantitas maupun kualitas yang umumnya relatif kurang dibandingkan dengan Perguruhan Tinggi Negeri sehingga hasil capaian pembelajaran tidak jarang masih jauh dari harapan secara kognitif, afektif maupun psikomotor. Hipnoempowermant merupakan cara meningkatkan motivasi seseorang (mahasiswa) yang lebih baik dengan teknik Hipnosis membangkitkan gelombang otak kanan dimana kemampuannya jauh lebih besar dibandingkan dengan otak kiri. Tujuan: Tujuan mengetahui pengaruh pelaksanaan Hipnoempowermant  terhadap motivasi dan indek prestasi mahasiswa. Metode: Metode Pra Experiment dengan one group pra-post test, populasi sebanyak 80 mahasiswa, sampel sesuai rumus sebanyak 16 mahasiswa, uji analisis dengan nilai kemaknaan p = 0,05 secara komputerisasi program SPSS versi 17. Hasil: Hasil penelitian tingkat motivasi belajar mahasiswa setelah pemberian hipnoempowermant dengan uji wilcoxon test nilai Z = -33.410, p = 0,001, Tingkat indek prestasi belajar Z = -2.509, p = 0,012. Kesimpulan: Adanya pengaruh pemberian hipnoempowermant terhadap motivasi dan indek prestasi belajar pada mahasiswa Stikes Pemkab Jombang dengan Uji Mann-Whitney Test nilai Z = - 3.516 sedangkan p = 0.000. Aplikasi hipnoempowermant dalam proses belajar mengajar sangat perlu dilakukan dalam meningkatkan kualitas hasil pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, A (2011) The Handbook. Hypnotherapy, Scripts dan Strategis. PT.Elek Media Komplitindo-Gramedia. Jakarta

Efendi. A L, et all (2013) Hubungan Antara Konsep Diri Dalam Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal. http://jurnal.fkip.unila.ac.id

Arikunto,S (2006). Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta

Gunawan, A W (2005). Hipnosis : Meraih Sukses dengan Kekuatan Pikiran, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

¬¬_________(2008). The Secret of Mindset, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Hamzah, Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya:Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

IBH (Indonesian Board of Hipnotherapi), (2002). Buku Panduan Resmi Pelatihan Hipnosis, IBH .ver.1.00

Kroger, (2007). Clinical & Eksperimental Hypnosis, Revised Second Edition. Lippincott Williams & Wilkins

Listiyani. L (2012) Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Turnament Siswa Kelas V SDN Godean2 TA.2011/2012. Skripsi. FIP. Universitas Negeri Yogyakarta. http://heprints.uny.ac.id/

Silihi B. Sjukur (2012) Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Tingkat SMK Jurnal Pendidikan Vokasi by http://journal.uny.ac.id/

Sugiyono. 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.

Susianti. A (2015). Teori dan Konsep Dasar Hipnoterapi. Artikel. Ilmu Kesehatan- Jiwa.blogspot.co.id

Santos. Y (2010) Fundamental Hypnosis. Alfa Omega-NLP Nipno Center. Surabaya

Published

2022-06-30

How to Cite

Khoiri, A. N., Maryati, H., Nurmalisyah, F. F., Nahariani, P., & Munusamy, P. . (2022). PELAKSANAAN HYPNO-EMPOWERMENT MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN INDEK PRESTASI MAHASISWA: Implementation of Hypno-empowerment Improves Learning Motivation and Student Achievement Index. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(2), 422-426. https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1169