PENGARUH PSIKOEDUKASI AUDIOVISUAL TERHADAP BELIEF REMAJA DALAM PENCEGAHAN DRUG ABUSE DI KABUPATEN TUBAN
The Effect of Audiovisual Psychoeducation on Adolescent Belief in Drug Abuse Prevention in Tuban District
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v8i4.1230Keywords:
psychoeducation, audiovisual, belief, drug abuseAbstract
Pendahuluan : Survey United Nations Office on Drug and Crime (2018), menyebutkan sebanyak 275 juta penduduk di dunia atau 5,6% penduduk dunia (usia 15-64 tahun) pernah mengonsumsi narkoba. Kabupaten Tuban mengalami peningkatan signifikan terkait kasus narkoba. Data Polres Tuban, mencatat peningkatan kasus hingga 173,68% jika dibandingkan dengan kasus serupa pada tahun 2017. Tercatat tahun 2018, jumlah kasus narkoba yang ditangani oleh Sat Resnarkoba Polres Tuban ada sebanyak 52 kasus. Metode : Penelitian kuantitatif yang menggunakan desain quasy experiment dengan pre-post control group design. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan sebab akibat dengan pemberian intervensi psikoedukasi audiovisual. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMPN 2 Tuban sebanyak 761 siswa, sampel yang digunakan masing-masing kelompok 20 orang dengan tehnik simple random sampling. Kelompok intervensi diberikan psikoedukasi audiovisual dan kelompok kontrol dengan leaflet. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon Sign Rank Test dan uji Mann Whitney. Hasil : menunjukkan bahwa rata-rata nilai post test untuk belief remaja kelompok intervensi (91,95) lebih besar daripada kelompok kontrol (87,10) dengan selisih 4,82, ini menunjukkan metode psikoedukasi audiovisual mempunyai hasil yang lebih baik dalam meningkatkan belief remaja dalam upaya pencegahan drug abuse. Kesimpulan : Pemberian edukasi dengan multi media seperti audiovisual penting dilakukan untuk peningkatan belief remaja dalam pembentukan sikap yang positif untuk pencegahan drug abuse.
Downloads
References
Ajzen. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. Boston: Academic Press University of Massachusetts.
Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja grafindo Persada.
Booth, Brenda M et al. 2014. Addictive Behaviors Beliefs and Attitudes Regarding Drug Treatment: Application of the Theory of Planned Behavior in African American Cocaine Users. Elsevier B.V.
Calder, Bruce D., and Salome Schulze. 2015. “A PsychoEducational Programme Using Audio-Visual Media to Prevent Adolescent Substance Abuse.” Education as Change 1(19): 36–53.
Cheung, Yuet-wah, D Ph, Nicole W T Cheung, and D Ph. 2019. “Adolescent Drug Abuse in Hong Kong?: Prevalence , Psychosocial Correlates , and Prevention.” Journal of Adolescent Health 64(6): S28–33.
Guerri, Consuelo, and María Pascual. 2019. “Impact of Neuroimmune Activation Induced by Alcohol or Drug Abuse on Adolescent Brain Development.” International Journal of Developmental Neuroscience 77(October 2018): 89–98. https://doi.org/10.1016/j.ijdevneu.2018.11.006.
Kasundu, Bosco, Moses Mutua Mutiso, Paul Sutter Chebet, and Priscillah Wanjiku Mwirigi. 2012. “Factors Contributing To Drug Abuse among the Youth in Kenya: A Case of Bamburi Location.” Elixir Social Science 46(16): 8259–67. http://www.elixirpublishers.com/articles/1350378627_46 (2012) 8259-8267.pdf.
Kholid Ahmad. 2012. Promosi Kesehatan?: Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, Dan Aplikasinya / Ahmad Kholid | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=852373.
Marini BL, Funk K, Kraft MD, Fong JM, Naanos R, Stout SM, et al. 2014. “The Effects of an Informational Video on Patient Knowledge, Satisfaction and Compliance with Venous Thromboembolism Prophylaxis: A Pilot Study.” Patient Educ Couns. 2(96): 264–7.
Notoatmojo., S. 2014. Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni. jakarta: Rineka Cipta.
Sarkhel S, Singh OP, Arora M. 2020. “Clinical Practice Guidelines for Psychoeducation in Psychiatric
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).