KORELASI PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI MASA PANDEMI COVID-19

The Correlation Between Online Learning and Student’s Motivation During Covid-19 Pandemic

Authors

  • Siti Haryani Universitas Ngudi Waluyo
  • Joyo Minardo Universitas Ngudi Waluyo
  • Ana Puji Astuti Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v8i4.1281

Keywords:

pembelajaran online, motivasi siswa, covid-19

Abstract

Belajar merupakan proses interaksi mahasiswa dengan dosen dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Sistem pembelajaran dalam jaringan (onine) adalah sistem pembelajaran tanpa tatap muka langsung antara dosen dan mahasiswa tetapi dilakukan secara online dengan menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskipun siswa berada di rumah. Sehingga guru dituntut untuk mampu merancang media pembelajaran sebagai suatu inovasi dengan memanfaatkan media online. Pembelajaran ini dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pembelajaran online dengan motivasi belajar siswa. Metode Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan validitas r >0,444 dan reliabilitas 0,885. Analisis data menggunakan Produt Moment Pearson's. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 152 siswa dengan teknik total sampling. Hasil Dari penelitian diketahui bahwa pembelajaran online dalam kategori baik 79,6%, motivasi siswa dalam motivasi tinggi 49,1%. Analisis bivariat memiliki hubungan antara pembelajaran online dengan motivasi belajar siswa dengan taraf signifikansi p=0,000.Kesimpulan dan Saran. Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan antara pembelajaran online dengan motivasi belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah memelihara sistem pembelajaran dan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhe. Kartika. R. Model Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. 2018. Journal of early childhood care & education,vol. 1 No. 1, hal 26-31

Arif Putra. 2019. Pengertian Gender Menurut WHO , ternyata beda dengan Seks. https://www.sehatq.com/artikel/pengertian-gender-dan-perbedaannya-dengan-seks

Bilfaqih. Yusuf, Qomarudin. M. Nur. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Sleman: deepublish

Fendya. Wimona T dan Wibawa. Sendra C. Pengembangan Sistem Kuesioner Daring dengan Metode Weight Product untuk Mengetahui Kepuasan Pendidikan Komputer pada LPK Cyber Computer. Jurnal IT-EDU. 2018:Vol 03 No 01. pp 45-53.

Haryadi dan Rosiana . 2020. Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Kualitas Belajar . Volume 11Number2, 2020, pp 136-141ISSN: Print 2598-3199–Online 2598-3210Undiksha| DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jibk.v10i2. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIBK/article/download/30488/17207

Haryani, Astuti, Minardo. 2020. Pengetahuan Dan Perilaku Mencuci Tangan Pada Siswa SMK Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat. STIKES Cendekia Utama Kudus. P-ISSN 2252-8865 E-ISSN 2598 – 4217 Vol. 10, No.1 Maret2021 https://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/stikes/article/view/705/318

Hilna, Hamdani, Uswatun.2020. Analisis pembelajaran dalam jaringan (daring ) masa pandemic covid pada guru sekolah dasar http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/460/pdf

Kamus Besar bahasa Indonesia. 2020. https://kbbi.web.id/

Minda Sri . 2020. Online-Learning and Student’s Motivation:A Research Study on the Effect of Online Learning on students’ motivation in IAIN Padangsidimpuan. International online Conference on English and Education http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/ioctbi/article/download/4134/2830

Notoatmodjo, S. (2010). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Octania Melly. 2017. Students’ Motivation In Doing Online Learning. Thesis. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/14448/2/T1_112012134_Full%20text.pdf

Prawira, 2012. Psikologi Pendidikan. http://repository.unpas.ac.id/49443/6/BAB%20II.pdf

Putra. 2020. Pengertian Informasi: Fungsi, Konsep Dasar & Jenis Jenis Informasi. https://salamadian.com/pengertian-informasi

Sadikin dan Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah-19(Online Learning in the Middle of the Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN2580-0922(online), ISSN 2460-2612(print)Volume 6, Nomor 02 Hal. 214-224 https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/9759/5665

Satyawan , Wahjoedi dan Swadesi. 2021. The Effectiveness of Online Learning Through Undiksha E-Learning During the Covid-19 Pandemic. Journal Educations and Technology volume 5 nomor 2 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/32364 diakses tanggal 7 Maret 2022

Soetjiningsih. (2014). Tumbuh kembang anak. Jakarta:EGC. Jakarta

Tarwoto, Warwonah. 2004. Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan Edisi ketiga. Jakarta :Salemba Medika.

Wikipwedia. 2020. Penyakit Korona Virus 2019. Diunduh pada tanggal 15 Maret 2020 Pukul 10.00.https://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_koronavirus_2019

Published

2022-10-31

How to Cite

Haryani, S., Minardo, J., & Astuti, A. P. (2022). KORELASI PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI MASA PANDEMI COVID-19: The Correlation Between Online Learning and Student’s Motivation During Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(4), 571-576. https://doi.org/10.33023/jikep.v8i4.1281