KORELASI PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI MASA PANDEMI COVID-19
The Correlation Between Online Learning and Student’s Motivation During Covid-19 Pandemic
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v8i4.1281Keywords:
pembelajaran online, motivasi siswa, covid-19Abstract
Belajar merupakan proses interaksi mahasiswa dengan dosen dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Sistem pembelajaran dalam jaringan (onine) adalah sistem pembelajaran tanpa tatap muka langsung antara dosen dan mahasiswa tetapi dilakukan secara online dengan menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskipun siswa berada di rumah. Sehingga guru dituntut untuk mampu merancang media pembelajaran sebagai suatu inovasi dengan memanfaatkan media online. Pembelajaran ini dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pembelajaran online dengan motivasi belajar siswa. Metode Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan validitas r >0,444 dan reliabilitas 0,885. Analisis data menggunakan Produt Moment Pearson's. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 152 siswa dengan teknik total sampling. Hasil Dari penelitian diketahui bahwa pembelajaran online dalam kategori baik 79,6%, motivasi siswa dalam motivasi tinggi 49,1%. Analisis bivariat memiliki hubungan antara pembelajaran online dengan motivasi belajar siswa dengan taraf signifikansi p=0,000.Kesimpulan dan Saran. Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan antara pembelajaran online dengan motivasi belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah memelihara sistem pembelajaran dan motivasi belajar siswa.
Downloads
References
Adhe. Kartika. R. Model Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. 2018. Journal of early childhood care & education,vol. 1 No. 1, hal 26-31
Arif Putra. 2019. Pengertian Gender Menurut WHO , ternyata beda dengan Seks. https://www.sehatq.com/artikel/pengertian-gender-dan-perbedaannya-dengan-seks
Bilfaqih. Yusuf, Qomarudin. M. Nur. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Sleman: deepublish
Fendya. Wimona T dan Wibawa. Sendra C. Pengembangan Sistem Kuesioner Daring dengan Metode Weight Product untuk Mengetahui Kepuasan Pendidikan Komputer pada LPK Cyber Computer. Jurnal IT-EDU. 2018:Vol 03 No 01. pp 45-53.
Haryadi dan Rosiana . 2020. Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Kualitas Belajar . Volume 11Number2, 2020, pp 136-141ISSN: Print 2598-3199–Online 2598-3210Undiksha| DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jibk.v10i2. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIBK/article/download/30488/17207
Haryani, Astuti, Minardo. 2020. Pengetahuan Dan Perilaku Mencuci Tangan Pada Siswa SMK Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat. STIKES Cendekia Utama Kudus. P-ISSN 2252-8865 E-ISSN 2598 – 4217 Vol. 10, No.1 Maret2021 https://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/stikes/article/view/705/318
Hilna, Hamdani, Uswatun.2020. Analisis pembelajaran dalam jaringan (daring ) masa pandemic covid pada guru sekolah dasar http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/460/pdf
Kamus Besar bahasa Indonesia. 2020. https://kbbi.web.id/
Minda Sri . 2020. Online-Learning and Student’s Motivation:A Research Study on the Effect of Online Learning on students’ motivation in IAIN Padangsidimpuan. International online Conference on English and Education http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/ioctbi/article/download/4134/2830
Notoatmodjo, S. (2010). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Octania Melly. 2017. Students’ Motivation In Doing Online Learning. Thesis. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/14448/2/T1_112012134_Full%20text.pdf
Prawira, 2012. Psikologi Pendidikan. http://repository.unpas.ac.id/49443/6/BAB%20II.pdf
Putra. 2020. Pengertian Informasi: Fungsi, Konsep Dasar & Jenis Jenis Informasi. https://salamadian.com/pengertian-informasi
Sadikin dan Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah-19(Online Learning in the Middle of the Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN2580-0922(online), ISSN 2460-2612(print)Volume 6, Nomor 02 Hal. 214-224 https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/9759/5665
Satyawan , Wahjoedi dan Swadesi. 2021. The Effectiveness of Online Learning Through Undiksha E-Learning During the Covid-19 Pandemic. Journal Educations and Technology volume 5 nomor 2 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/32364 diakses tanggal 7 Maret 2022
Soetjiningsih. (2014). Tumbuh kembang anak. Jakarta:EGC. Jakarta
Tarwoto, Warwonah. 2004. Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan Edisi ketiga. Jakarta :Salemba Medika.
Wikipwedia. 2020. Penyakit Korona Virus 2019. Diunduh pada tanggal 15 Maret 2020 Pukul 10.00.https://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_koronavirus_2019
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).