PENGETAHUAN DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK BALITA PADA PENDIDIK ANAK USIA DINI DAN KADER POSYANDU BALITA

Knowledge on Early Detection of Child Growth and Development Among Early Childhood Educators and Posyandu Cadres

Authors

  • Sitti Khadijah Universitas Respati Yogyakarta
  • Dheska Arthyka Palifiana Universitas Respati Yogyakarta
  • Siti Fadlilah Universitas Respati Yogyakarta
  • Cicilia Amalinda Universitas Respati Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v9i2.1462

Keywords:

Pengetahuan, tumbuh kembang, pendidik, kader

Abstract

Pendahuluan : Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka pembinaan tumbuh kembang anak dilakukan melalui kegiatan Posyandu, namun tingkat partisipasi masyarakat dalam melakukan kunjungan posyandu masih belum optimal. Sebagai solusi terhadap fenomena tersebut maka pembinaan tumbuh kembang anak diintegrasikan dengan fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak yang diikuti oleh para balita sebelum beranjak ke jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Tujuan:  untuk mengetahui gambaran pengetahuan deteksi dini tumbuh kembang anak balita pada pendidik anak usia dini dan kader posyandu balita. Metode: penelitian deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel sebanyak 4 pendidik anak usia dini dan 20 kader posyandu. Pengetahuan pendidik anak usia dini terdiri dari deteksi dini gangguan pertumbuhan dan deteksi dini gangguan perkembangan sedangkan pengetahuan kader posyandu terdiri dari deteksi dini gangguan pertumbuhan dan deteksi dini gangguan perkembangan dengan buku KIA. Hasil : mayoritas pengetahuan tentang deteksi dini tumbuh kembang pada pendidik anak usia dini dan kader posyandu dalam kategori baik dan cukup dengan jumlah yang sama yaitu 10 responden, namun masih terdapat pengetahuan dalam kategori kurang yaitu 4 responden. Simpulan: Pendidikan kesehatan tentang deteksi dini tumbuh kembang anak bagi pendidik dan kader posyandu perlu terus dilakukan dan dievaluasi secara bertahap

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriana, D. (2013) ‘Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak Edisi 2’, Jakarta: Salemba Medika. Book.

Depkes, R. I. (2006) ‘Pedoman pelaksanaan stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak di tingkat pelayanan kesehatan dasar’, Jakarta: Depkes RI, pp. 7–49.

Hamsah, I. A., Darmiati, D. and Mirnawati, M. (2020) ‘Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita di Posyandu’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9(2), pp. 1003–1008.

Hanum, R. and Safitri, M. E. (2018) ‘Hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang pemanfaatan buku KIA di puskesmas Namu Ukur’, Jurnal Bidan Komunitas, 1(3), pp. 152–160.

Kemenkes, R. I. (2016) ‘Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak’, Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Patiung, D. et al. (2019) ‘PENCAPAIAN PADA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-4 TAHUN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.’, NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), pp. 25–38.

Saepuddin, E., Rizal, E. and Rusmana, A. (2018) ‘Posyandu Roles as Mothers and Child Health Information Center. Record and Library Journal, 3 (2), 201’.

Sugeng, H. M., Tarigan, R. and Sari, N. M. (2019) ‘Gambaran Tumbuh kembang Anak pada periode emas usia 0-24 bulan di posyandu wilayah kecamatan jatinangor’, Jurnal Sistem Kesehatan, 4(3).

Ummah, F., Turlina, L. and Kusbiantoro, D. (2016) ‘Ibm Optimalisasi Peran Guru Paud untuk Meningkatkan Kualitas Tumbuh Kembang Anak Prasekolah’, in PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL.

Published

2023-06-30

How to Cite

Khadijah, S. ., Palifiana, D. A. ., Fadlilah, S. ., & Amalinda, C. . (2023). PENGETAHUAN DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK BALITA PADA PENDIDIK ANAK USIA DINI DAN KADER POSYANDU BALITA: Knowledge on Early Detection of Child Growth and Development Among Early Childhood Educators and Posyandu Cadres. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 9(2), 491-495. https://doi.org/10.33023/jikep.v9i2.1462