PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PERKEMBANGAN JIWA SEHAT PADA ANAK USIA INFAN TERHADAP PENGETAHUAN ORANG TUA
The Effect of Health Education About Healthy Mental Development in Infants on Parental Knowledge
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v9i2.1545Keywords:
Kata kunci: Perkembangan jiwa sehat, anak usia infan, pendidikan KesehatanAbstract
Pendahuluan : Usia infan (bayi) merupakan usia tahap dini dengan sebutan Golden age, untuk mencapai perkembangan yang optimal perlu disiapkan oleh orang tua dalam mencapai rasa percaya atau trust pada orang terdekat tentunya orang tua yang mengasuh. Perhatian dan kehangatan dari orang tua akan menimbulkan rasa percaya atau trust, sehingga anak usia infan mempunyai harapan yang positif dimasa yang akan datang, sehingga perlu diberikan pelayanan kesehatan primer dalam bentuk pendidikan kesehatan peningkatkan pengetahuan perkembangan jiwa sehat anak usia infan, harapanya orang tua bisa menstimulai perkembangan tersebut. Tujuan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan perkembangan jiwa sehat pada anak usia infan terhadap pengetahuan orang tua. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan design pre experimental with one group pre-test dan post-test. Sample penelitin ada 13 orang tua yang memiliki anak usia infan dengan menggunakan purpose sampling, instrument yang digunakan KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan), data dianalisis uji statistic paired t-test. Hasil: Hasil penelitian ini sebelum dilakukan pemberian pendidikan Kesehatan rerata pengetahuan 84,29 setelah diberikan pendidikan Kesehatan mengalami peningkatan rerata menjadi 97,14. Hasil uji paired t-test p-value = 0.000. Kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan Kesehatan perkembangan jiwa sehat pada anak usia infan terhadap pengetahuan orang tua di di Posyandu Kakap 2 Kelurahan Kalibaru Kecamatan Cilincing Jakarta Utara
Downloads
References
BPS DKI (2020) jiwahttps://statistik.jakarta.go.id/pelaporan-kelahiran-bayi-di-dki-jakarta-tahun-2020/ Artikel ini telah tayang di Dataindonesia.id dengan judul "Anak Usia Dini Indonesia Capai 30,83 Juta pada 2021".,
Bagustin Yopi Fatimah Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Stimulasi Perkembangan Anak Usia 0-3 Tahun Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua. Jurnal Ners Dan Kebidanan, Volume 1, No. 1, Maret 2014 DOI: 10.26699/jnk.v1i1.ART.p013-018 © 2014 Jurnal Ners dan Kebidanan akses http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=653000&val=10595&title=The%20Effect%
http//id.wikipedia.org/wiki/Sekolah menengah pertama
Indah Reski Hdayati Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap sisiwa dengan bahaya merokok kelas XI SMA Yayasan Wanita Kerita Apai Palembang . Jurnal Kesehatan 12 (2) 2019, 125-135, ISSN 1979-7621(Print).ISSN 2620-7761 (Online). https://journals.ums.ac.id/index.php/jk/article/download/9769/5093
Kemenkes, R. I. (2013). Riset Kesehatan dasar 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatanhttps://www.litbang.kemkes.go.id/laporan-riset-kesehatan-dasar- riskesdas
Keliat (2020). Asuhan Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC
Kementerian Kesehatan RI, 2016. Pedoman pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang.(online) https://banpaud pnf.kemdikbud.go.id/upload/ down load-center/Buku%20SDIDTK_1554107456.pdf
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhasanah, N., & Ismarwati, I. (2015).Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi dengan Perkembangan Motorik Anak Usia 1-3 Tahun di Posyandu Teratai I Desa Bangunjiwi Tahun2015 (Skripsi, STIKes'Aisyiyah Yogyakarta).
http://digilib.unisayogya.ac.id/113
Sadock Sinopsis Psikiatri, 2012, Jilid 3, Binarupa Aksara , Tangerang
Soetjiningsih, Ranuh. IG.N.G. 2014. Tumbuh Kembang Anak Edisi 2 Jakarta, EGC
Yuli Yusuf (2016) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pendekatan Modelling Terhadap Pengetahuan Ibu Dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Bayi 0-6 Bulan Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Tomalou Kota Tidore Kepulauan, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/10806
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).