MOTIVASI MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PERSPEKTIF GENDER BERBASIS TEORI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION ATTRIBUTES

Motivation of Nursing Students from A Gender Perspective Based on The Theory of Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction Attributes

Authors

  • Nikmatur Rohmah Departemen Keperawatan Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember https://orcid.org/0000-0002-5393-1517
  • Damayanti Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Salsabila Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Arifin Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Agustina Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Mangkuluhur Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Yosiawan Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v9i2.1564

Keywords:

Gender, Keperawatan, Motivasi,, Pendidikan

Abstract

Pendahuluan: Saat ini program studi keperawatan tidak lagi diminati hanya oleh perempuan. Laki-laki juga sudah mulai banyak memilih menjadi mahasiswa di program studi keperawatan. Sejauh ini belum diketahui ada bukti empiris motivasi mahasiswa keperawatan dalam perspectif gender. Tujuan: menganalisis motivasi mahasiswa keperawatan dalam perpectif gender berdasarkan teori attention, relevance, confidence and satisfaction attributes dalam setting pembelajaran kuliah kerja nyata.  Metode: Desain penelitian cross sectional. Populasinya adalah mahasiswa program studi S1 Ilmu Keperawatan yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata. Pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel berjumlah 71 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Namun hanya aspek attention yang terbukti ada perbedaan gender (p=0,029), sedangkan aspek relevance (p=0,153), confidence (p=0,116), dan satisfaction attributes (p=0,756) tidak terbukti ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki. Simpulan: Mahasiswa perempuan dapat menunjukkan motivasi yang lebih tinggi pada kegiatan kuliah kerja nyata terutama pada aspek attention. Mahasiswa laki-laki hendaknya dapat meningkatkan motivasi belajarnya dengan cara meningkatkan attention pada kegiatan kuliah kerja nyata.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nikmatur Rohmah, Departemen Keperawatan Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember

Keperawatan

Keperawatan anak

Kesehatan masyarakat

Pendidikan keperawatan

References

Ahmad, N. (2021). Gender and Confidence Building Measures. Peace Research Institute Oslo (PRIO), 1–6.

Aksehir, M., & ?a?man-Kayl?, D. (2021). The Influence Of Motherhood In The Construction Of Female Identity: A Subversive Approach To Motherhood In Erendiz Atasü’s Novels. Journal of European Studies, 51(2), 139–150. https://doi.org/10.1177/00472441211010891

Apriliyana1, E., St2, K. B. P., Diva, I. G. A. P., Pranata3, & Ni Luh Putu Tiara Maharan. (2022). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Bidang Kesehatan Di Era 4.0 Untuk Mewujudkan Generasi Indonesia Yang Sehat. Journal of the Japan Welding Society, 91(5), 328–341. https://doi.org/10.2207/jjws.91.328

Athifah, U., & Khusna, H. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Self-Confidence dan Gender. Prisma, 11(1), 265. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2253

Baharun, H., Wibowo, A., & Hasanah, S. N. (2021). Kepemimpinan Perempuan Dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Quality, 9(1), 87. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.10109

Canti, N. K. T. P., Puspawati, N. L. P. D., & Wati, N. M. N. (2021). Gambaran Minat Mahasiswa Keperawatan Untuk Melanjutkan ke Jenjang Profesi Ners di STIKES WIRA MEDIKA BALI. Bali Health Published Journal, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.47859/bhpj.v3i1.2

Dang, Y., Zhang, Y., Ravindran, S., & Osmonbekov, T. (2016). Examining Student Satisfaction And Gender Differences In Technology-Supported, Blended Learning. Journal of Information Systems Education, 27(2), 119–130.

Daulay, N., Dan, M., Belajar, K., & Mahasiswa, P. (2021). Motivasi dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Baru. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1).

Edu, A. L., Jaya, P. R. P., & Ni, L. (2021). The Phenomenon of Learning Motivation of Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 5(2), 337. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.33934

Fajar, P., & Aviani, Y. I. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2186–2194.

Gopalan, V., Bakar, J. A. A., Zulkifli, A. N., Alwi, A., & Mat, R. C. (2017). A Review Of The Motivation Theories In Learning. AIP Conference Proceedings, 1891(October 2017). https://doi.org/10.1063/1.5005376

Julianti, R., Ainunnisa, D. A., Fitriani, P., & Rifki, M. (2020). Hubungan Self Confidence Terhadap Pemecahan Masalah Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 2, 64–74.

Khandare, D. V. . (2019). Academic Confidence and Mindfulness: A Study On Gender Differences. International Journal of Social Science and Economic Research, 04(03), 2792–2806.

Larasati, A. M., & Ayu, N. P. (2020). The Education for Gender Equality and Human Rights in Indonesia: Contemporary Issues and Controversial Problems. The Indonesian Journal of International Clinical Legal Education, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.15294/ijicle.v2i1.37321

Leong, C.-M., Goh, C.-F., Ismail, F., Tan, O.-K., & Ong, C.-H. (2021). E-learning satisfaction: investigating Gender differences. International Journal of Electronic Commerce Studies, 12(1), 1–28.

Mardiah, Pebriani, Halisya, S., & Marleni, L. (2022). Hambatan Online Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Di Masa Pandemi Covid-19. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 4(10), 2697–2707.

Mulyani, S. E., Subagyo, & Muliadi, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Ikip Mataram, 8(2).

Nurkalis, U., & Siswanto. (2022). Gambaran Motivasi Mahasiswa Diploma Tiga Keperawatan Dalam Pembelajaran Komunikasi Keperawatan?: Model Motivasi Arcs-V. Intan Husada?: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 10(02), 83–93. https://doi.org/10.52236/ih.v10i2.243

Perceka, A. L. (2020). Hubungan Motivasi Dan Dukungan Keluarga Dengan Keinginan Mahasiswa S1 Keperawatan Semester 8 Untuk Meneruskan Program Profesi Ners Di Stikes Karsa Husada Garut. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 1.

Rahayu, C. D., Alviana, F., & Romdiyah. (2021). Hubungan Motivasi Dan Hambatan Pembelajaran Daring Dengan Prestasi Mahasiswa Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid –19. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 3(1), 153–158.

Rahmaniati, R., & Bulkani, B. (2020). Perbedaan Persepsi Mahasiswa tentang Perkuliahan Daring. Anterior Jurnal, 20(1), 28–33. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1610

Salbarudin, S.?; N. (2022). Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar: Studi Kepustakaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Sani, D. N., Fandizal, M., & Astuti, Y. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Meningkat Dengan Dukungan Sosial Orang Tua. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 4(2), 110. https://doi.org/10.52020/jkwgi.v4i2.1903

Setyowati, D., Qadar, R., & Efwinda, S. (2022). Analisis Motivasi Siswa Berdasarkan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) dalam Pembelajaran Fisika berbasis E-Learning di SMA Se-Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 116–129. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1044

Sukarno, N. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Percaya Diri Di Lahan Praktik Pada Mahasiswa Profesi Ners STIKes Medistra Indonesia …. Jurnal Medicare, 1(July), 18–25.

Sukendri, N. (2019). Faktor Pembentuk Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Perbedaannya Berdasarkan Gender. Distribusi - Journal of Management and Business, 7(2), 155–168. https://doi.org/10.29303/distribusi.v7i2.76

Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp. Gorga?: Jurnal Seni Rupa, 8(1), 120. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12878

Syarwanda, R., & Kammil, H. (2019). Factor Influencing Learning Motivation Of Nursing Students In Nursing Faculty Of Syiah Kuala University In Banda Aceh Sumber Daya Manusia ( SDM ) Merupakan Investasi Besar Yang Akan Menjadi Faktor Utama Menentukan Suatu Keberhasilan Sebuah Negara . Mengin. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 4(2), 64–72.

Yu, Z., & Deng, X. (2022). A Meta-Analysis of Gender Differences in e-Learners’ Self-Efficacy, Satisfaction, Motivation, Attitude, and Performance Across the World. Frontiers in Psychology, 13(May), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.897327

Yusuf Pranoto, & Simbolon, M. J. (2021). Perbedaan Kematangan Emosi Berdasarkan Jenis Kelamin Di Fk Uisu Angkatan 2017. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 20(2), 142–149. https://doi.org/10.30743/ibnusina.v20i2.138

Published

2023-06-30

How to Cite

Rohmah, N., Damayanti, E., Salsabila, Y., Arifin, Y. A. D. R. ., Agustina, R., Mangkuluhur, A., & Yosiawan, O. (2023). MOTIVASI MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PERSPEKTIF GENDER BERBASIS TEORI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION ATTRIBUTES: Motivation of Nursing Students from A Gender Perspective Based on The Theory of Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction Attributes. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 9(2), 411-418. https://doi.org/10.33023/jikep.v9i2.1564