PRAKTIK STUDENT CENTER LEARNING (SCL) DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PEDESAAN DI INDONESIA

Student Center Learning (SCL) Practice Among Elementary School Students at Rural Area In Indonesia

Authors

  • Rizal Ilbert STIKep PPNI Jawa Barat
  • Alivfia Fitri
  • Nadia Ismita Hawa

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v9i3.1585

Keywords:

Student center learning, practice, elementary school

Abstract

hasil belajar di kalangan siswa. Di masa pandemi Covid-19, pembelajaran transformatif dengan konsep baru Freedom learning mengubah metode sebelumnya. Pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris membutuhkan variasi strategi misalnya dengan SCL. Sebuah studi terbatas dieksplorasi topik ini. Tujuan: Penelitian ini mendeskripsikan praktik SCL dengan metode Fun English di kalangan siswa sekolah dasar di daerah pedesaan di Indonesia. Metode: merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode convenience sampling. Penelitian ini bertempat di salah satu sekolah dasar di pedesaan di Indonesia yang ditempatkan di perguruan tinggi keperawatan di Indonesia pada Juli 2022. Untuk mengukur praktik perilaku SCL (Student Center Learning), peneliti menggunakan dua instrumen yang terdiri dari karakteristik demografi dan Kimia Menyenangkan SCL. Hasil: Sebanyak 0f 36 responden setuju untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Rerata rata-rata adalah 11,48 (SD±0,64) dan mayoritas responden adalah laki-laki (n: 19, 53,7%). Skor SCL total rata-rata adalah 25,31 (SD±2,59). Analisis bivariat menunjukkan bahwa usia dan jenis kelamin tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan praktik SCL. Kesimpulan:  Student Center Learning (SCL) merupakan pendekatan pembelajaran yang membutuhkan kerjasama antara guru dan siswa. Guru perlu mendapatkan pelatihan terkait SCL untuk mengetahui tentang course design dan strategi pembelajaran. Sebab dampak SCL diketahui meningkatkan kompetensi dalam Bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the national academy of sciences, 111(23), 8410-8415.

Haynes, A., Lisic, E., Goltz, M., Stein, B., & Harris, K. (2016). Moving beyond assessment to improving students’ critical thinking skills: A model for implementing change. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 16(4), 44-61.

Krishnapatria, K. (2021). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) curriculum in English studies program: Challenges and opportunities. ELT in Focus, 4(1), 12-19.

Mokoginta, K. M. (2013). Student-centred learning (SCL) approach in EFL classes. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 41(2).

Suhirman, S., & Khotimah, H. (2020). The Effects of Problem-Based Learning on Critical Thinking Skills and Student Science Literacy. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 8(1), 31-38.

Mustaeva, G., Kurbanova, M., & Mamajanova, G. (2022). THE PLACE AND ROLE OF USING PEDAGOGICAL TECHNOLOGIES IN LEARNING ENGLISH. Uzbek Scholar Journal, 9, 191-193.

Meng, X., Yang, L., Sun, H., Du, X., Yang, B., & Guo, H. (2019). Using a novel student-centered teaching method to improve pharmacy student learning. American journal of pharmaceutical education, 83(2).

Nold, H. (2017). Using critical thinking teaching methods to increase student success: An action research project. International Journal of teaching and learning in Higher Education, 29(1), 17-32.

Published

2023-08-18

How to Cite

Ilbert, R. ., Fitri, A. ., & Hawa, N. I. . (2023). PRAKTIK STUDENT CENTER LEARNING (SCL) DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PEDESAAN DI INDONESIA: Student Center Learning (SCL) Practice Among Elementary School Students at Rural Area In Indonesia. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 9(Supp-1), 17-20. https://doi.org/10.33023/jikep.v9i3.1585