PRAKTIK STUDENT CENTER LEARNING (SCL) DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PEDESAAN DI INDONESIA
Student Center Learning (SCL) Practice Among Elementary School Students at Rural Area In Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v9i3.1585Keywords:
Student center learning, practice, elementary schoolAbstract
hasil belajar di kalangan siswa. Di masa pandemi Covid-19, pembelajaran transformatif dengan konsep baru Freedom learning mengubah metode sebelumnya. Pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris membutuhkan variasi strategi misalnya dengan SCL. Sebuah studi terbatas dieksplorasi topik ini. Tujuan: Penelitian ini mendeskripsikan praktik SCL dengan metode Fun English di kalangan siswa sekolah dasar di daerah pedesaan di Indonesia. Metode: merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode convenience sampling. Penelitian ini bertempat di salah satu sekolah dasar di pedesaan di Indonesia yang ditempatkan di perguruan tinggi keperawatan di Indonesia pada Juli 2022. Untuk mengukur praktik perilaku SCL (Student Center Learning), peneliti menggunakan dua instrumen yang terdiri dari karakteristik demografi dan Kimia Menyenangkan SCL. Hasil: Sebanyak 0f 36 responden setuju untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Rerata rata-rata adalah 11,48 (SD±0,64) dan mayoritas responden adalah laki-laki (n: 19, 53,7%). Skor SCL total rata-rata adalah 25,31 (SD±2,59). Analisis bivariat menunjukkan bahwa usia dan jenis kelamin tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan praktik SCL. Kesimpulan: Student Center Learning (SCL) merupakan pendekatan pembelajaran yang membutuhkan kerjasama antara guru dan siswa. Guru perlu mendapatkan pelatihan terkait SCL untuk mengetahui tentang course design dan strategi pembelajaran. Sebab dampak SCL diketahui meningkatkan kompetensi dalam Bahasa Inggris.
Downloads
References
Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the national academy of sciences, 111(23), 8410-8415.
Haynes, A., Lisic, E., Goltz, M., Stein, B., & Harris, K. (2016). Moving beyond assessment to improving students’ critical thinking skills: A model for implementing change. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 16(4), 44-61.
Krishnapatria, K. (2021). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) curriculum in English studies program: Challenges and opportunities. ELT in Focus, 4(1), 12-19.
Mokoginta, K. M. (2013). Student-centred learning (SCL) approach in EFL classes. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 41(2).
Suhirman, S., & Khotimah, H. (2020). The Effects of Problem-Based Learning on Critical Thinking Skills and Student Science Literacy. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 8(1), 31-38.
Mustaeva, G., Kurbanova, M., & Mamajanova, G. (2022). THE PLACE AND ROLE OF USING PEDAGOGICAL TECHNOLOGIES IN LEARNING ENGLISH. Uzbek Scholar Journal, 9, 191-193.
Meng, X., Yang, L., Sun, H., Du, X., Yang, B., & Guo, H. (2019). Using a novel student-centered teaching method to improve pharmacy student learning. American journal of pharmaceutical education, 83(2).
Nold, H. (2017). Using critical thinking teaching methods to increase student success: An action research project. International Journal of teaching and learning in Higher Education, 29(1), 17-32.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).