ANALISIS KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN TERHADAP PELAYANAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS SIRNAJAYA KABUPATEN BEKASI TAHUN 2022

Analysis of National Health Insurance Participants' Satisfaction with Antenatal Care Services at the Sirnajaya Public Health Center, Bekasi Regency 2022

Authors

  • Nurlaela STIKes Abdi Nusantara
  • Achmad Fauzi

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v9i4.1608

Keywords:

Patient Satisfaction, Antenatal Care, BPJS

Abstract

Pendahuluan: Berdasarkan hasil uji pendahuluan yang dilakukan di Puskesmas Sirnajaya tahun 2022 menunjukan dari 10 ibu hamil peserta BPJS 6 orang (60%) mengatakan tidak puas dengan pelayanan Antenatal Care yang diberikan dan 4 orang (40%) lainnya menyatakan puas terhadap pelayanan Antenatal Care yang diberikan, maka tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya Analisis Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan terhadap pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Sirnajaya Kabupaten Bekasi Tahun 2022. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain potong lintang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pasien ibu hamil peserta BPJS Kesehatan yang berkunjung untuk mendapatkan pelayanan Antenatal Care mulai dari kunjungan K1 sampai dengan kunjungan K4 di Puskesmas Sirnajaya Kabupaten Bekasi sebanyak 79 respoden. Hasil penelitian didapatkan mayoritas pasien puas sebanyak 45 responden (57%), Ada hubungan Keandalan (nilai p=0.004), Ada hubungan Ketanggapan (nilai p=0.013), Ada hubungan Kepastian/ Jaminan (nilai p=0.035), Ada Hubungan Empati (nilai p=0,021), Ada hubungan Sarana (nilai p = 0.009).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhanuddin. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rsud Syekh Yusuf Gowa. jurnal mkmi, Vol. 12 No. 1, Maret 2016

Gde, M. (2018). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

I Made Sudarman Adiputra, d. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Ilahi, P. P. (2016). Hubungan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Nagrak Sukabumi. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Jasmen Manurung, V. N. (2021). Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu Edisi Ketiga. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Malahayati, F. (2020) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Pengguna BPJS Di Rsu Madani Kota Medan. Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Pohan, I. (2007). Jaminan Mutu layanan kesehatan : Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan . Jakarta: EGC.

Pohan, R. A. (2022). Pengantar Asuhan Kebidanan Kehamilan, Persalinan, Nifas dan Bayi Baru Lahir. Jakarta: IPI.

Poni Sapitri, I. S. (Oktober 2021). Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di UPTD Puskesmas Rawat Inap Ciranjang. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1323-1333. doi:10.36418/cerdika.xxx

Pramita, S (2019) Faktor Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan Di Unit Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih. Jurnal Dunia Kesmas Volume 8. Nomor 3. Juli 2019

Profil Kesehatan Kabupaten Bekasi Tahun 2021. (2022). Bekasi: Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

Profil Kesehatan Puskesmas Sirnajaya Tahun 2021. (2022). Bekasi: Puskesmas Sirnajaya.

Putri, A. E. (2014). Seri Buku SAku-4: Paham JKN Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: DJSN.

Rahayu, S. (2019). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Kepuasan Ibu Hamil pada Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Teupah Tengah Kabupaten Simeulue. Medan: Fakultas Farmasi dan Kesehatan Institut Kesehatan Helvetia.

Sarah, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta BPJS di Puskesmas Medan Area Selatan. Medan: Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara.

Tampubolon, A. (2019). Determinan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Oleh Peserta Mandiri Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Puskesmas Parlilitan Tahun 2018. Medan: Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara.

Wati, D. S. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengarusi Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Dalam Melakukan Antenatal Care di Puskesmas Purwodadi Grobogan. Tesis: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang.

Wina, K. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Umum Mitra Sejati Medan. Medan: Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara.

Wulansari, N (2015) Analisis Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Dalam Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Sirnajaya Kabupaten Bekasi Tahun 2015. Tesis : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Respati Indonesia Jakarta

Yayah Khoeriah, S. D. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Antenatal Care (ANC) Terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Hamil di Poli Kebidanan. JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati),Vol 7,No.4.Oktober2021, 7, 620-625.

Published

2023-08-23

How to Cite

Nurlaela, & Achmad Fauzi. (2023). ANALISIS KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN TERHADAP PELAYANAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS SIRNAJAYA KABUPATEN BEKASI TAHUN 2022: Analysis of National Health Insurance Participants’ Satisfaction with Antenatal Care Services at the Sirnajaya Public Health Center, Bekasi Regency 2022. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 9(Supp-2), 203-209. https://doi.org/10.33023/jikep.v9i4.1608