TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) DENGAN KELULUSAN OSCE

Level of Anxiety In Facing The Objective Structured Clinical Examination (OSCE) With OSCE Pass

Authors

  • Zuliani Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Ana Farida Ulfa

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v10i1.1816

Keywords:

Kata kunci: kecemasan, ujian, OSCE, HRS-A

Abstract

Pendahuluan: Kecemasan merupakan hal yang normal terjadi dalam kehidupan, namun kecemasan dapat menjadi abnormal apabila respons terhadap stimulus berlebihan. Pada mahasiswa, kecemasan berpengaruh terhadap proses pendidikan. Objective Structured Clinical Examination (OSCE) merupakan salah satu bagian dari ujian komprehensif yang menguji keterampilan mahasiswa yang akan memasuki praktik klinik. Ujian ini hampir sama dengan ujian praktikum laboratorium, tetapi materi ujian lebih banyak dan pengaturan ujian juga berbeda sehingga situasi tersebut menimbulkan kecemasan pada mahasiswa menjelang OSCE. Tujuan: mengetahui hubungan tingkat kecemasan dalam menghadapi OSCE dengan kelulusan OSCE pada mahasiwa D3 Keperawatan FIK Unipdu Jombang. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan sampel sebanyak 31 orang. Data diperoleh menggunakan kuesioner Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRS-A) selanjutnya dianalisis melalui uji korelasi Spearmen Rank. Hasil: Didapatkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,253 dan nilai signifikansi p<0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat kecemasan dalam menghadapi OSCE dengan kelulusan OSCE pada mahasiwa prosdi D3 Keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiar W, Asmi Y. Kecemasan menghadapi ujian nasional dan motivasi belajar pada siswa kelas XII SMA Negeri ”X” Jakarta Selatan. Jurnal Psikologi. 2010;8(1):9-15.

Arief, Suwadi, Sumarni. Hubungan kecemasan menghadapi ujian skills lab modul shock dengan prestasi yang dicapai pada mahasiswa FK Universitas Gajah Mada angkatan 2000

Asni E, Dafitra A, Risma D. Anxiety level in dealing with the OSCE: do they influence student performance?. Proceeding of the 10th Asia Pacific Medical Education Conference; 2013 Jan 16-20. Singapore: National University of Singapore; 2013.

Astuti ES, Resminingsih. Bahan dasar untuk pelayanan konseling pada satuan pendidikan menengah. Jilid ke-1. Jakarta: Grasindo; 2010.

Boyd, M. A. (2017). Essentials of psychiatric nursing. Philadelphia: Lippincott, Williams & Wilkins

Brand HS, Schoonheim-Klein M. Is the OSCE more stressfull? examination anxiety and its consequences in different assesment methods in dental education. European Journal of Dental Education. 2009;13(3):147-53.

Brighton, R., Mackay, M., Brown, R. A., Jans, C., & Antoniou, C. (2017). Introduction of undergraduate nursing students to an objective structured clinical examination. Journal of Nursing Education, 56(4): 231-234.

Brizendine L. The female brain. Cahayani A, editor penterjemah. Jakarta Selatan: Ufuk press; 2006.

Colbert-Getz JM, et al. How do gender and anxiety affect students’self-assasment and actual performance on a high-stakes clinical skills examination?. Academic medicine. 2013; 88(1): 44-8.

Dwi M, A. (2014). Hubungan Kualitas Tidur dengan Tingkat Stres, Kecemasan dan Depresi Pada Mahsiswa Keperawatan (Skripsi). Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia

Hawari D. Psikometri alat ukur (skala) kesehatan jiwa. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2009.

Fidment S. The OSCE: A qualitative study exploring the healthcare student’s experience. Student engagement and experience journal. 2012;1(1):1-18.

Kaplan HI, Sadock BJ, Greeb JA. Sinopsis psikiatri. Jilid ke-2. Wiguna IM, editor penterjemah. Jakarta: Binarupa Aksara; 2008.

Keltner, N. L, Bostrom, C. E., McGuinnes, T. (2011). Psychiatric Nursing. 6th edition. USA: Elsevier

Longyhore, D. S. (2017). Pharmacy student anxiety and success with objective structured clinical examinations. American Journal of Pharmaceutical Education, 81(1): 1-6.

Mariyam, Kurniawan A. Faktor-faktor yaang berhubungan dengan tingkat kecemasan orang tua terkait hospitalisasi anak usia toddler di BRSD RAA Soewonso Pati. Jurnal keperawatan. 2008; 1(2):38-56.

Muldoon K, Biesty L, Smith V. ‘I found the OSCE very stressful’: student midwives’ attitudes towards an objective structured clinical examination (OSCE).Nurse Education Today.2013;34(3):468-34

Nursalam & Efendi, F (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Published

2024-02-29

How to Cite

Zuliani, & Ulfa, A. F. . (2024). TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) DENGAN KELULUSAN OSCE : Level of Anxiety In Facing The Objective Structured Clinical Examination (OSCE) With OSCE Pass. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 10(1), 42-46. https://doi.org/10.33023/jikep.v10i1.1816