TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) DENGAN KELULUSAN OSCE
Level of Anxiety In Facing The Objective Structured Clinical Examination (OSCE) With OSCE Pass
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v10i1.1816Keywords:
Kata kunci: kecemasan, ujian, OSCE, HRS-AAbstract
Pendahuluan: Kecemasan merupakan hal yang normal terjadi dalam kehidupan, namun kecemasan dapat menjadi abnormal apabila respons terhadap stimulus berlebihan. Pada mahasiswa, kecemasan berpengaruh terhadap proses pendidikan. Objective Structured Clinical Examination (OSCE) merupakan salah satu bagian dari ujian komprehensif yang menguji keterampilan mahasiswa yang akan memasuki praktik klinik. Ujian ini hampir sama dengan ujian praktikum laboratorium, tetapi materi ujian lebih banyak dan pengaturan ujian juga berbeda sehingga situasi tersebut menimbulkan kecemasan pada mahasiswa menjelang OSCE. Tujuan: mengetahui hubungan tingkat kecemasan dalam menghadapi OSCE dengan kelulusan OSCE pada mahasiwa D3 Keperawatan FIK Unipdu Jombang. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan sampel sebanyak 31 orang. Data diperoleh menggunakan kuesioner Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRS-A) selanjutnya dianalisis melalui uji korelasi Spearmen Rank. Hasil: Didapatkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,253 dan nilai signifikansi p<0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat kecemasan dalam menghadapi OSCE dengan kelulusan OSCE pada mahasiwa prosdi D3 Keperawatan.
Downloads
References
Agustiar W, Asmi Y. Kecemasan menghadapi ujian nasional dan motivasi belajar pada siswa kelas XII SMA Negeri ”X” Jakarta Selatan. Jurnal Psikologi. 2010;8(1):9-15.
Arief, Suwadi, Sumarni. Hubungan kecemasan menghadapi ujian skills lab modul shock dengan prestasi yang dicapai pada mahasiswa FK Universitas Gajah Mada angkatan 2000
Asni E, Dafitra A, Risma D. Anxiety level in dealing with the OSCE: do they influence student performance?. Proceeding of the 10th Asia Pacific Medical Education Conference; 2013 Jan 16-20. Singapore: National University of Singapore; 2013.
Astuti ES, Resminingsih. Bahan dasar untuk pelayanan konseling pada satuan pendidikan menengah. Jilid ke-1. Jakarta: Grasindo; 2010.
Boyd, M. A. (2017). Essentials of psychiatric nursing. Philadelphia: Lippincott, Williams & Wilkins
Brand HS, Schoonheim-Klein M. Is the OSCE more stressfull? examination anxiety and its consequences in different assesment methods in dental education. European Journal of Dental Education. 2009;13(3):147-53.
Brighton, R., Mackay, M., Brown, R. A., Jans, C., & Antoniou, C. (2017). Introduction of undergraduate nursing students to an objective structured clinical examination. Journal of Nursing Education, 56(4): 231-234.
Brizendine L. The female brain. Cahayani A, editor penterjemah. Jakarta Selatan: Ufuk press; 2006.
Colbert-Getz JM, et al. How do gender and anxiety affect students’self-assasment and actual performance on a high-stakes clinical skills examination?. Academic medicine. 2013; 88(1): 44-8.
Dwi M, A. (2014). Hubungan Kualitas Tidur dengan Tingkat Stres, Kecemasan dan Depresi Pada Mahsiswa Keperawatan (Skripsi). Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia
Hawari D. Psikometri alat ukur (skala) kesehatan jiwa. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2009.
Fidment S. The OSCE: A qualitative study exploring the healthcare student’s experience. Student engagement and experience journal. 2012;1(1):1-18.
Kaplan HI, Sadock BJ, Greeb JA. Sinopsis psikiatri. Jilid ke-2. Wiguna IM, editor penterjemah. Jakarta: Binarupa Aksara; 2008.
Keltner, N. L, Bostrom, C. E., McGuinnes, T. (2011). Psychiatric Nursing. 6th edition. USA: Elsevier
Longyhore, D. S. (2017). Pharmacy student anxiety and success with objective structured clinical examinations. American Journal of Pharmaceutical Education, 81(1): 1-6.
Mariyam, Kurniawan A. Faktor-faktor yaang berhubungan dengan tingkat kecemasan orang tua terkait hospitalisasi anak usia toddler di BRSD RAA Soewonso Pati. Jurnal keperawatan. 2008; 1(2):38-56.
Muldoon K, Biesty L, Smith V. ‘I found the OSCE very stressful’: student midwives’ attitudes towards an objective structured clinical examination (OSCE).Nurse Education Today.2013;34(3):468-34
Nursalam & Efendi, F (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).