DETERMINAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA CEMPAKA PUTIH
Determinants of the Quality of Nursing Services on Patient Satisfaction at the Jakarta Cempaka Putih Islamic Hospital
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v10i1.1827Keywords:
Kepuasaan pasien, Mutu Pelayanan Keperawatan, Determinan,Abstract
Pendahuluan: Tingginya tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan perlu diimbangi dengan peningkatan mutu pelayanan keperawatan, dimana pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan Kesehatan. Rumah sakit harus berupaya untuk memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas tinggi untuk meningkatkan kepuasan pasien, karena berbagai aspek dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui determinan yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. Metode: Penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sample sebanyak 128 pasien rawat inap, pengambilan sample dengan teknik stratified random sampling. Analisis menggunakan distribusi frekwensi, chisquare dan regresi logistik. Hasil: menggambarkan usia responden rata-rata 46,7 tahun, jenis kelamin perempuan (72%), pendidikan SMA (53,9%), pasien tidak bekerja (60,9%). Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional baik (54,7%), mutu pelayanan keperawatan kurang baik (51,6%) dan pasien kurang puas terhadap pelayanan keperawatan 50,8%. Tidak terdapat hubungan antara usia, jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan dengan kepuasan pasien (p > 0,05). Terdapat hubungan antara pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional dengan kepuasan pasien (p=0,000), terdapat hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien (p=0,000). Variabel dominan yang berhubungan dengan kepuasan pasien yaitu mutu pelayanan keperawatan. Mutu pelayanan keperawatan yang baik berpeluang 8,3 kali memberikan kepuasan pada pasien dibandingkan mutu pelayanan keperawatan yang kurang baik. Kesimpulan: Rumah Sakit senantiasa meningkatkan mutu pelayanan dan asuhan keperawatan melalui pelatihan asuhan keperawatan berfokus kebutuhan pasien, dengan harapan kebutuhan dasar dan keselamatan pasien dapat terpenuhi melebihi ekspektasi pasien, sehingga kepuasan pasien meningkat.
Downloads
References
Al-Hussami, M. et al. (2017) ‘Patients’ perception of the quality of nursing care and related hospital services’, Health and Primary Care, 1(2), pp. 1–6. doi: 10.15761/hpc.1000110.
Alharbi, H. F. et al. (2023) ‘Patients’ satisfaction with nursing care quality and associated factors: A cross-section study’, Nursing Open, 10(5), pp. 3253–3262. doi: 10.1002/nop2.1577.
Aulia, G. et al. (2022) ‘Determinants of Patient Characteristics With Satisfaction Level of Outpatients Regarding Pharmaceutical Services in Pharmaceutical Installations of Rumah Sakit Umum Daerah Banten’, Health and Medical Journal, 4(2), pp. 70–75. doi: 10.33854/heme.v4i2.1072.
BPJS Kesehatan (2020) Panduan Layanan Bagi Peserta Jaminan Ksehatan NasionalKart Indonesia sehat. 1st edn. Jakarta: BPJS Kesehatan.
‘Badan Pusat Statistik’ 2021, Perempuan Lebih Rentan Alami Keluhan Kesehatan ketimbang Laki-laki, Badan Pusat Statistik(BPS), https://www.bps.go.id/.
Di Massimo, D. S. et al. (2022) ‘Intentional Rounding versus Standard of Care for Patients Hospitalised in Internal Medicine Wards: Results from a Cluster-Randomised Nation-Based Study’, Journal of Clinical Medicine, 11(14), pp. 1–17. doi: 10.3390/jcm11143976.
Emilia Boavida de Araujo (2022) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Regional Eduardo Ximenes Baucau Timor Leste Tahun 2022’, Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 2(2), pp. 29–39. Available at: https://unkartur.ac.id/journal/index.php/jurmik/article/view/105.
Hakim, LN (2020), Urgensi Revisi Undang-Undang tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial | Volume 11, No. 1 Juni 2020, ISSN: 2086-6305 (print) ISSN: 2614-5863 (electronic) doi: 10.22212/aspirasi.v11i1.1589
Hidayati, A. N., Suryawati, C. and Sriatmini, A. (2019) ‘Analisis Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang’, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(1), pp. 1–6. Available at: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm.
Kemenkes RI (2016) ‘Buku Panduan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Bagi Populasi Kunci’, Jaminan Kesehatan Nasional, pp. 1–19. Available at: https://siha.kemkes.go.id/portal/files_upload/BUKU_PANDUAN_JKN_BAGI_POPULASI_KUNCI_2016.pdf.
Kemendagri 2021, Jumlah Penduduk Indonesia Menurut Status Pekerjaan, https://dataindonesia.id/varia/detail/jenis-pekerjaan-penduduk-indonesia-apa-terbanyak
UPK Kemenkes RI 2021, Survey Kepuasan Pelanggan,https://upk.kemkes.go.id/new/inovasi/survey-kepuasan
Lindlbauer, I. and Schreyögg, J. (2014) ‘The relationship between hospital specialization and hospital efficiency: do different measures of specialization lead to different results?’, Health Care Management Science, 17(4), pp. 365–378. doi: 10.1007/s10729-014-9275-1.
Lusianti, D. (2017) ‘Salinan Kepuasan’, XVI(1), pp. 17–25.
Pettegrew, L. S. et al. (2022) ‘Assessing Patient Satisfaction: Using the Radiation Oncology Patient Satisfaction [ROPS] Questionnaire in a Private Practice Setting’, Health Services Insights, 15. doi: 10.1177/11786329221118241.
Prapitasari, R dan Jalilah, NH. (2020) 'Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan, Indramayu, CV. Adanu Abimata.
Sari, LM, Nasrulloh, D. (2022) 'Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Cetakan Pertama, Insan Cendekia Mandiri', Solok.
Shin, N. and Park, J. (2018) ‘The Effect of Intentional Nursing Rounds Based on the Care Model on Patients’ Perceived Nursing Quality and their Satisfaction with Nursing Services’, Asian Nursing Research. Elsevier, 12(3), pp. 203–208. doi: 10.1016/j.anr.2018.08.003.
Utama, Y., Malini, H. and Priscilla, V. (2019) ‘The Patient Satisfaction to Nursing Round Implementation “Matrons Round” in A Hospital, Palembang’. doi: 10.4108/eai.13-11-2018.2283699.
Woo, S. and Choi, M. (2021) ‘Medical service quality, patient satisfaction and intent to revisit: Case study of public hub hospitals in the Republic of Korea’, PLoS ONE, 16(6 June 2021), pp. 1–15. doi: 10.1371/journal.pone.0252241.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).