PERUBAHAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PASIEN STROKE ISKEMIK DENGAN DISARTRIA PASCA LSVT LOUD DI RSI JEMURSARI SURABAYA

The Increasing Of Verbal Communication Ability of Stroke Ischemic Patient With Dysarthria Post LSVT Loud

  • Retno Ayu Yuliastuti Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Handayani Handayani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Yanis Kartini Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Abstract

Disartria adalah ketidaksempurnaan pengucapan artikulasi sehingga terjadi kerusakan komunikasi verbal. LSVT  Loud adalah suatu latihan bicara yang efektif digunakan untuk pasien disartria. LSVT Loud meningkatkan suara dan ucapan pada individu dengan cara mengobati patologi fisik yang mendasarinya terkait dengan gangguan suara.Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi verbal pasien stroke iskemik dengan disartria di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya.

Desain penelitian ini Pre experimental, dengan populasi seluruh pasien stroke iskemik dengan disartria di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Besar sampel 34 orang yang diambil dengan teknik consecutive sampling. Data dianalisis dengan uji pairet t-test α< 0,05.

Hasil penelitian didapatkan hampir seluruh responden (76,5 %) kemampuan komunikasi verbal pre LSVT Loud jelas dengan nilai minimum 46 dan nilai maksimum 78. Kemampuan komunikasi verbal post LSVT Loud sebagian besar responden (64,7 %) sangat jelas, nilai minimum 62 dan nilai maksimum 88 dengan perubahan skor 4 hingga 38. Berdasarkan analisis paired t-test p = 0,000 < α 0,05 sehingga Hditolak maka ada peningkatan kemampuan komunikasi verbal padapasien stroke iskemik dengan disartria di RumahSakit Islam Jemursari Surabaya pasca pemberian LSVT Loud.

Simpulan peneliti adalah ada perubahan kemampuan komunikasi verbal pasien stroke iskemik dengan disartria di Rumah Sakit Jemursari Surabaya pasca pemberian Lee Silverman Voice Treatment (LSVT) Loud, sehingga disarankan agar rumah sakit menginformasikan kepada rehab medik terutama speech therapy tentang manfaat peningkatan kemampuan komunikasi verbal dengan LSVT. Bagi peneliti berikutnya agar menggunakan kelompok kontrol pemberian terapi bicara yang biasa digunakan di rumah sakit sebagai pembanding keefektifitasan metode ini, selain itu saran bagi keluarga agar mendukung program terapi bicara pasien di rumah.

 Kata kunci: Stroke Iskemik, Disartria, Komunikasi Verbal, LSVT Loud

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03
How to Cite
Yuliastuti, R., Handayani, H., & Kartini, Y. (2018). PERUBAHAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PASIEN STROKE ISKEMIK DENGAN DISARTRIA PASCA LSVT LOUD DI RSI JEMURSARI SURABAYA. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4(2), 35-44. Retrieved from https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jikep/article/view/183