PENGARUH PURSED LIP BREATHING DAN MENIUP BALON TERHADAP KEKUATAN OTOT PERNAPASAN, SATURASI OKSIGEN DAN RESPIRATORY RATE PADA PASIEN PPOK

The Effect Of Pursed Lip Breathing And Balloon Blowing On The Strength Of Respiratory Muscle, Oxygen Saturation And Respiratory Rate In COPD Patients

Authors

  • Junaidin Junaidin Mahasiswa Magister Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin Makassar
  • Yuliana Syam Dosen Magister Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin Makassar
  • Andi Masyitha Irwan Dosen Magister Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v5i1.211

Abstract

Masalah : Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK) merupakan sejumlah gangguan yang mempengaruhi pergerakan udara dari dan keluar paru. Hal ini disebabkan karena terjadinya kelemahan otot pernapasan dan obstruksi, sehingga terjadi peningkatan resistensi aliran udara, hiperinflasi pulmoner dan ketidakseimbangan ventilasi dan perfusi yang dapat menyebabkan penurunan kadar saturasi oksigen. Terdapat beberapa penanganan pada pasien PPOK salah satunya penanganan secara non farmakologis (program latihan) salah satunya program rehabilitasi, program ini terdiri dari pursed lip brething meniup balon.

Tujuan : untuk mengetahui pengaruh latihan pursed lip breathing dan meniup balon terhadap peningkatan kekuatan otot pernapasan, respiratory rate dan peningkatan saturasi oksigen pada pasien penyakit paru obstruksi kronis.

Metode : Database yang digunakan dalam pembuatan literatur review ini adalah PubMed, Google Scholar, Proquest, Science direct dan Wiley.

Hasil : Terdapat 112 artikel yang diidentifikasi dan dipublikasikan dari tahun 2012-2018. Dari 109 artikel 7 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa pursed lip breathing dapat memperbaiki kekuatan otot pernapasan, saturasi oksigen dan menurunkan frekuensi pernapasan, begitu pula dengan meniup balon.

Kesimpulan : Untuk menghindari  gangguan vital  pada pasien PPOK akibat terganggunya ventilasi pada pasien PPOK dapat pula dilakukan dengan program latihan, salah satunya yaitu dengan cara rehabilitasi yang terdiri atas pursed lip breathing dan meniup balon hal ini dapat meningkatkan kekuatan otot pernapasan, saturasi oksigen dan menurunkan frekuensi pernapasan.

Kata Kunci : Pursed lip breathing, meniup balon, otot pernapasan, saturasi oksigen, respiratory rate

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-03-24

How to Cite

Junaidin, J., Syam, Y., & Irwan, A. M. (2019). PENGARUH PURSED LIP BREATHING DAN MENIUP BALON TERHADAP KEKUATAN OTOT PERNAPASAN, SATURASI OKSIGEN DAN RESPIRATORY RATE PADA PASIEN PPOK: The Effect Of Pursed Lip Breathing And Balloon Blowing On The Strength Of Respiratory Muscle, Oxygen Saturation And Respiratory Rate In COPD Patients. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 5(1), 31-39. https://doi.org/10.33023/jikep.v5i1.211