FAKTOR SISTEM NILAI HUMANISTIC-ALTRUISTIC DAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM LAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP

Factors of Humanistic-Altruistic Value System and Caring Behavior of Nurses with the Level of Patient Satisfaction in Nursing Services in the Inpatient Room

Authors

  • Ahmad Nur Khoiri STIKES Pemkab Jombang
  • Hendig Hismantoko
  • Pepin Nahariani

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v10i2.2152

Keywords:

Perilaku carring, Kepuasan, Perawat

Abstract

Pendahuluan: Perilaku caring merupakan pendekatan yang memungkinkan perawat untuk memahami dan memberikan bantuan yang optimal kepada pasien, dengan fokus pada pemeliharaan kesehatan atau pendampingan menuju akhir hayat yang damai (Nursalam, 2014). Meskipun caring menjadi fondasi fundamental dalam praktik keperawatan (Watson, 2009), masih ditemukan beberapa perawat yang belum sepenuhnya menerapkan perilaku caring dalam praktiknya. Kepuasan pasien dapat didefinisikan sebagai respons emosional yang muncul dari perbandingan antara ekspektasi pasien dengan kualitas layanan kesehatan yang diterimanya. Tujuan: Menganalisis hubungan faktor Sistem nilai Humanistic-Altruistic dan perilaku Caring perawat dengan tingkat kepuasan Pasien dalam Layanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap.Metode: Desain penelitian analitik korelasi-crossecsional, populasi dan sampel pasien diruang rawat inap, dengan random sampling, variable independen tingkat kepuasan pasien instrument kuesioner, uji static Spearman rho dengan ? 0,05. Hasil: (a) Sebagian besar berperilaku carring perawat pada pasien atau customer sangat baik (71.3%)  (b) Sebagian besar tingkat kepeuasan pasien (6.66%) sangat puas (c) Terdapat hubugan yang signifikan antara perilaku carring perawat dengan kepuasan pasien dengan tingkat kepuasan “kuat (? ; 0.000, koefisien korelasi 0,795 terletak di antara 0,600 - 0,799). Kesimpulan: Perilaku carring perawat perlu diasah dan ditingkatkan dalam memenuhi kualitas dalam layanan keperawatan sebagai ujung tombak layanan kesehatan disuatu institusi jasa pelayanan kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Watson, J. 2007. Theory of Human Caring. Danish Clinical Nursing Journal. Online: www.uchsc.edu/nursing/caring.

Anjaswarni, T. 2002. Analisis tingkat kepuasan klien terhadap perilaku caring perawat di Ruang rawat instalasi rawat inap RSUD Saiful Anwar Malang. Jakarta: FIKUI.

Meidiana, Dwidiyanti. 2007. Caring kunci sukses perawat/ners mengamalkan ilmu. Semarang: Hasani.

Burnard, Philip dan Morrison, Paul. 2009. Caring & Communicating. Jakarta: EGC.

Potter, P.A, dan Perry, A.G. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik. Jakarta: EGC.

Gibson, James, L. & John. 2000. Organisasi dan manajemen: perilaku, struktur, proses. Jakarta: Erlangga.

Notoadmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuralamsyah, M. (2012). Hubungan Antara Perilaku Caring Dan Kualitas Caring Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Praktik Keperawatan Di Ruang Penyakit Dalam RSUD A. Makassau Parepare, Jurnal Keperawatan

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan?: Pendekatan Praktis

(5 ed.). Salemba Medika

UniversitasSetiati. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Sikap Caring

yang Dipersiapkan oleh Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUP

Azwar, A. (1996). Menjaga mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar

Harapan.

Boykin, A., & Schoenhofer,S.O. (2001). Nursing as caring: A model for

transforming practice. New York: National League for Nursing.

Gadalean, I. Chepte, M., & Constantin, I. (2011). Evaluation of patients satisfaction,

Journal of Applied Medical Informatics, 29(4), 41-47.

Kotler , P. & Keller , K.L. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid

Edisi Bahasa Inggris. Pearson Education, Inc. Upper Saddler River, New

Jersey, 07458, Edisii Bahasa Indonesia, pada PT. INDEKS.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Notoadmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan. Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktek Keperawatan

Profesional Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika

Nuralamsyah, M. (2012). Hubungan Antara Perilaku Caring Dan Kualitas

Caring Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Praktik Keperawatan Di

Ruang Penyakit Dalam RSUD A. Makassau Parepare, Jurnal Keperawatan.

Rumagit, et al. 2017.Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan

Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Makassar: Program Studi Ilmu Keperawatan

Universitas Setiati. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Sikap Caring

yang Dipersiapkan oleh Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUP

Pohan, I. S. 2007. Jaminan mutu layanan kesehatan; dasar-dasar pengertian dan

penerapan. Jakarta: EGC.

Potter dan Perry. 2009. Fundamental of Nursing Fundamental keperawatan, Buku

Edisi7,Editor Dripa sjabana, Salemba Medika, Jakarta.

Pasien Rawat Inap di Puskesmas Melati II Sleman Yogyakarta. Skripsi. Program

StudiIlmu Kesehatan Aisyiyah. Yogyakarta

Lestari,P. Sunarto dan Kuntari,T. 2017. Analisa Penentu Tingkat Kepuasan Pasien

diRumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Jurnal Keperawatan Vol.23 No.2.

Sitorus. 2011. Manajemen Keperawatan: Manajemen Keperawatan di Ruang

Rawat, Sagung Seto, Cetakan I , Jakarta.

Supriyanto S., dan M. Ernawati. 2010. Pemasaran industri jasa kesehatan.

Yogyakarta:ANDI.

Sugiyono. 2011.Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah

Sakit. Persahabatan Jakarta :Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah

Yogyakarta. E-Journal Vol 3 No 4.

Tiara.,Lestari. 2017 Hubungan Antara Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat

KepuasanPasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu Lampung Tahun 2017.Publish Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes

Muhammadiyah Pringsewu Lampung

Yasmini. 2015. Hubungan Caring Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di

RuangRawat Inap SMC Rumah Sakit Telogorejo. Semarang

Published

2024-06-30

How to Cite

Khoiri, A. N., Hendig Hismantoko, & Pepin Nahariani. (2024). FAKTOR SISTEM NILAI HUMANISTIC-ALTRUISTIC DAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM LAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP: Factors of Humanistic-Altruistic Value System and Caring Behavior of Nurses with the Level of Patient Satisfaction in Nursing Services in the Inpatient Room. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 10(2), 330-337. https://doi.org/10.33023/jikep.v10i2.2152