HUBUNGAN FAKTOR SISTEM NILAI HUMANISTIC-ALTRUISTIC PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM LAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP

The Relationship Between the Humanistic-Altruistic Value System Factor of Nurses' Caring Behavior and The Level of Patient Satisfaction in Nursing Services in The Merpati Inpatient Room of Dr. Soedono Madiun General Hospital

Authors

  • Ahmad Nur Khoiri STIKES Pemkab Jombang
  • Hendig Hismantoko
  • Pepin Nahariani

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v10i2.2152

Keywords:

Perilaku carring, Kepuasan, Perawat

Abstract

Pendahuluan: Perilaku caring memberikan kemampuan perawat untuk memahami dan menolong pasien, karena perawat harus memiliki kesadaran tentang mempertahankan kesehatan atau mencapai kematian pasien dengan damai (Nursalam, 2014).Namun pelaksanaannya masih banyak perawat kurang berperilaku caring, baik.caring sebagai dasar dan sentral dalam praktek keperawatan (Watson,2009). Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya, setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Tujuan: Menganalisis hubungan factor sistem nilai humanistic-altruistic perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien dalam layanan keperawatan di ruang rawat inap Merpati RSUD dr. Soedono Madiun. Metode: desain penelitian analitik korekasi-crossecsional, populasi dan sampel pasien diruang rawat inap Melati RSUD dr. Soedono Madiun, dengan random sampling, variable independen tingkat kepuasan pasien instrument kuesioner, uji static Spearman rho dengan ? 0,05. Hasil: (a) Sebagian besar berperilaku carring perawat pada pasien atau customer sangat baik (71.3%)  (b) Sebagian besar tingkat kepeuasan pasien (6.66%) sangat puas (c) Terdapat hubugan yang signifikan antara perilaku carring perawat dengan kepuasan pasien dengan tingkat kepuasan “kuat (? ; 0.000, koefisien korelasi 0,795 terletak di antara 0,600 - 0,799). Kesimpulan: Perilaku carring perawat perlu diasah dan ditingkatkan dalam memenuhi kualitas dalam layanan keperawatan sebagai ujung tombak layanan kesehatan disuatu institusi jasa pelayanan kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Watson, J. 2007. Theory of Human Caring. Danish Clinical Nursing Journal. Online: www.uchsc.edu/nursing/caring.

Anjaswarni, T. 2002. Analisis tingkat kepuasan klien terhadap perilaku caring perawat di Ruang rawat instalasi rawat inap RSUD Saiful Anwar Malang. Jakarta: FIKUI.

Meidiana, Dwidiyanti. 2007. Caring kunci sukses perawat/ners mengamalkan ilmu. Semarang: Hasani.

Burnard, Philip dan Morrison, Paul. 2009. Caring & Communicating. Jakarta: EGC.

Potter, P.A, dan Perry, A.G. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik. Jakarta: EGC.

Gibson, James, L. & John. 2000. Organisasi dan manajemen: perilaku, struktur, proses. Jakarta: Erlangga.

Notoadmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuralamsyah, M. (2012). Hubungan Antara Perilaku Caring Dan Kualitas Caring Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Praktik Keperawatan Di Ruang Penyakit Dalam RSUD A. Makassau Parepare, Jurnal Keperawatan

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan?: Pendekatan Praktis

(5 ed.). Salemba Medika

UniversitasSetiati. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Sikap Caring

yang Dipersiapkan oleh Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUP

Azwar, A. (1996). Menjaga mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar

Harapan.

Boykin, A., & Schoenhofer,S.O. (2001). Nursing as caring: A model for

transforming practice. New York: National League for Nursing.

Gadalean, I. Chepte, M., & Constantin, I. (2011). Evaluation of patients satisfaction,

Journal of Applied Medical Informatics, 29(4), 41-47.

Kotler , P. & Keller , K.L. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid

Edisi Bahasa Inggris. Pearson Education, Inc. Upper Saddler River, New

Jersey, 07458, Edisii Bahasa Indonesia, pada PT. INDEKS.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Notoadmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan. Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktek Keperawatan

Profesional Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika

Nuralamsyah, M. (2012). Hubungan Antara Perilaku Caring Dan Kualitas

Caring Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Praktik Keperawatan Di

Ruang Penyakit Dalam RSUD A. Makassau Parepare, Jurnal Keperawatan.

Rumagit, et al. 2017.Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan

Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Makassar: Program Studi Ilmu Keperawatan

Universitas Setiati. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Sikap Caring

yang Dipersiapkan oleh Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUP

Pohan, I. S. 2007. Jaminan mutu layanan kesehatan; dasar-dasar pengertian dan

penerapan. Jakarta: EGC.

Potter dan Perry. 2009. Fundamental of Nursing Fundamental keperawatan, Buku

Edisi7,Editor Dripa sjabana, Salemba Medika, Jakarta.

Pasien Rawat Inap di Puskesmas Melati II Sleman Yogyakarta. Skripsi. Program

StudiIlmu Kesehatan Aisyiyah. Yogyakarta

Lestari,P. Sunarto dan Kuntari,T. 2017. Analisa Penentu Tingkat Kepuasan Pasien

diRumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Jurnal Keperawatan Vol.23 No.2.

Sitorus. 2011. Manajemen Keperawatan: Manajemen Keperawatan di Ruang

Rawat, Sagung Seto, Cetakan I , Jakarta.

Supriyanto S., dan M. Ernawati. 2010. Pemasaran industri jasa kesehatan.

Yogyakarta:ANDI.

Sugiyono. 2011.Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah

Sakit. Persahabatan Jakarta :Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah

Yogyakarta. E-Journal Vol 3 No 4.

Tiara.,Lestari. 2017 Hubungan Antara Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat

KepuasanPasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu Lampung Tahun 2017.Publish Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes

Muhammadiyah Pringsewu Lampung

Yasmini. 2015. Hubungan Caring Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di

RuangRawat Inap SMC Rumah Sakit Telogorejo. Semarang

Published

2024-06-30

How to Cite

Khoiri, A. N., Hendig Hismantoko, & Pepin Nahariani. (2024). HUBUNGAN FAKTOR SISTEM NILAI HUMANISTIC-ALTRUISTIC PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM LAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP : The Relationship Between the Humanistic-Altruistic Value System Factor of Nurses’ Caring Behavior and The Level of Patient Satisfaction in Nursing Services in The Merpati Inpatient Room of Dr. Soedono Madiun General Hospital. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 10(2), 330-337. https://doi.org/10.33023/jikep.v10i2.2152