HUBUNGAN FAKTOR SISTEM NILAI HUMANISTIC-ALTRUISTIC PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM LAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP
The Relationship Between the Humanistic-Altruistic Value System Factor of Nurses' Caring Behavior and The Level of Patient Satisfaction in Nursing Services in The Merpati Inpatient Room of Dr. Soedono Madiun General Hospital
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v10i2.2152Keywords:
Perilaku carring, Kepuasan, PerawatAbstract
Pendahuluan: Perilaku caring memberikan kemampuan perawat untuk memahami dan menolong pasien, karena perawat harus memiliki kesadaran tentang mempertahankan kesehatan atau mencapai kematian pasien dengan damai (Nursalam, 2014).Namun pelaksanaannya masih banyak perawat kurang berperilaku caring, baik.caring sebagai dasar dan sentral dalam praktek keperawatan (Watson,2009). Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya, setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Tujuan: Menganalisis hubungan factor sistem nilai humanistic-altruistic perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien dalam layanan keperawatan di ruang rawat inap Merpati RSUD dr. Soedono Madiun. Metode: desain penelitian analitik korekasi-crossecsional, populasi dan sampel pasien diruang rawat inap Melati RSUD dr. Soedono Madiun, dengan random sampling, variable independen tingkat kepuasan pasien instrument kuesioner, uji static Spearman rho dengan ? 0,05. Hasil: (a) Sebagian besar berperilaku carring perawat pada pasien atau customer sangat baik (71.3%) (b) Sebagian besar tingkat kepeuasan pasien (6.66%) sangat puas (c) Terdapat hubugan yang signifikan antara perilaku carring perawat dengan kepuasan pasien dengan tingkat kepuasan “kuat (? ; 0.000, koefisien korelasi 0,795 terletak di antara 0,600 - 0,799). Kesimpulan: Perilaku carring perawat perlu diasah dan ditingkatkan dalam memenuhi kualitas dalam layanan keperawatan sebagai ujung tombak layanan kesehatan disuatu institusi jasa pelayanan kesehatan.
Downloads
References
Watson, J. 2007. Theory of Human Caring. Danish Clinical Nursing Journal. Online: www.uchsc.edu/nursing/caring.
Anjaswarni, T. 2002. Analisis tingkat kepuasan klien terhadap perilaku caring perawat di Ruang rawat instalasi rawat inap RSUD Saiful Anwar Malang. Jakarta: FIKUI.
Meidiana, Dwidiyanti. 2007. Caring kunci sukses perawat/ners mengamalkan ilmu. Semarang: Hasani.
Burnard, Philip dan Morrison, Paul. 2009. Caring & Communicating. Jakarta: EGC.
Potter, P.A, dan Perry, A.G. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik. Jakarta: EGC.
Gibson, James, L. & John. 2000. Organisasi dan manajemen: perilaku, struktur, proses. Jakarta: Erlangga.
Notoadmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuralamsyah, M. (2012). Hubungan Antara Perilaku Caring Dan Kualitas Caring Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Praktik Keperawatan Di Ruang Penyakit Dalam RSUD A. Makassau Parepare, Jurnal Keperawatan
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan?: Pendekatan Praktis
(5 ed.). Salemba Medika
UniversitasSetiati. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Sikap Caring
yang Dipersiapkan oleh Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUP
Azwar, A. (1996). Menjaga mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar
Harapan.
Boykin, A., & Schoenhofer,S.O. (2001). Nursing as caring: A model for
transforming practice. New York: National League for Nursing.
Gadalean, I. Chepte, M., & Constantin, I. (2011). Evaluation of patients satisfaction,
Journal of Applied Medical Informatics, 29(4), 41-47.
Kotler , P. & Keller , K.L. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid
Edisi Bahasa Inggris. Pearson Education, Inc. Upper Saddler River, New
Jersey, 07458, Edisii Bahasa Indonesia, pada PT. INDEKS.
Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Notoadmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan. Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika.
Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktek Keperawatan
Profesional Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika
Nuralamsyah, M. (2012). Hubungan Antara Perilaku Caring Dan Kualitas
Caring Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Praktik Keperawatan Di
Ruang Penyakit Dalam RSUD A. Makassau Parepare, Jurnal Keperawatan.
Rumagit, et al. 2017.Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan
Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Makassar: Program Studi Ilmu Keperawatan
Universitas Setiati. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Sikap Caring
yang Dipersiapkan oleh Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUP
Pohan, I. S. 2007. Jaminan mutu layanan kesehatan; dasar-dasar pengertian dan
penerapan. Jakarta: EGC.
Potter dan Perry. 2009. Fundamental of Nursing Fundamental keperawatan, Buku
Edisi7,Editor Dripa sjabana, Salemba Medika, Jakarta.
Pasien Rawat Inap di Puskesmas Melati II Sleman Yogyakarta. Skripsi. Program
StudiIlmu Kesehatan Aisyiyah. Yogyakarta
Lestari,P. Sunarto dan Kuntari,T. 2017. Analisa Penentu Tingkat Kepuasan Pasien
diRumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Jurnal Keperawatan Vol.23 No.2.
Sitorus. 2011. Manajemen Keperawatan: Manajemen Keperawatan di Ruang
Rawat, Sagung Seto, Cetakan I , Jakarta.
Supriyanto S., dan M. Ernawati. 2010. Pemasaran industri jasa kesehatan.
Yogyakarta:ANDI.
Sugiyono. 2011.Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah
Sakit. Persahabatan Jakarta :Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta. E-Journal Vol 3 No 4.
Tiara.,Lestari. 2017 Hubungan Antara Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat
KepuasanPasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu Lampung Tahun 2017.Publish Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes
Muhammadiyah Pringsewu Lampung
Yasmini. 2015. Hubungan Caring Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di
RuangRawat Inap SMC Rumah Sakit Telogorejo. Semarang
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).