PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER ANTI-BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL PESERTA DIDIK DI SMP KHOIRIYAH SUMOBITO

The Effect of Anti Bullying Character Education on Mental Health of Students at SMP Khoiriyah Sumobito

Authors

  • Rinda Resti Amalia Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pemkab Jombang
  • Fadiah Septi Oktaviani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pemkab Jombang
  • Sestu Retno Dwi Andayani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pemkab Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v10i2.2181

Keywords:

Pendidikan Karakter, Bullying, Kesehatan Mental

Abstract

Pendahuluan: Pendidikan yang tidak mengoptimalkan pembentukan karakter anak akan mempengaruhi kepribadian anak yang tidak kuat, sehingga anak akan dengan mudah terpengaruh pada hal-hal negatif, seperti timbulnya tindakan bullying yang terjadi antar siswa pada satuan lembaga pendidikan. Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) telah merilis catatan Akhir Tahun (Catahu) Pendidikan 2023 angka kasus bullying di Indonesia meningkat mencapai 30 kasus. Dalam hal ini diperlukan adanya upaya preventif yang harus dilakukan, salah satunya dengan pemberian pendidikan karakter yang berbasis pendidikan kesehatan dengan tujuan dapat mencegah terjadinya kejadian bullying. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan cross-sectional dengan desain penelitian pra-post tes eksperimental. Teknik pengambilan sampel adalah Stratified Random Sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dengan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil uji statistik Wilcoxon didapatkan Asymp (2-tailed) bernilai < 0,001. Karena 0,001 lebih kecil dari 0,05 atau 5% maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan: Tingkat pengetahuan bullying pada peserta didik sangat mempengaruhi kesehatan mental. Terbukti pada peserta didik yang tingkat pengetahuannya rendah sebelum dilakukan penyuluhan hampir setengah memiliki kategori status kesehatan mental terganggu. Setelah dilakukan penyuluhan terdapat peningkatan dibuktikan dengan seluruh peserta didik memiliki pengetahuan dalam kategori baik dengan status kesehatan mental baik. Artinya pada penelitian ini terdapat pengaruh pemberian pendidikan karakter anti bullying terhadap kesehatan mental peserta didik di SMP Khoiriyah Sumobito.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, F. (2020) ‘Implementasi Pendidikan Karakter dalam Konsep Pendidikan Muhammadiyah’, Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 8(2), pp. 79–85. Available at: https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1991.

Amalia Yunia Rahmawati (2020) ‘Upaya Penanaman Karakter Anti Bullying Pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Bandar Lampung’, (July), pp. 1–23.

Andini, Rahma Putri, N.M.R. (2024) ‘Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif’, Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(1), pp. 152–159.

Aneke, R.D. (2020) ‘Pengaruh Pendidikan Karakter Dengan Media Ular Tangga Terhadap Pengetahuan,Sikap, Dan Tindakan Anak Usia Sekolah Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Di Tuban Penelitian Quasi-Experimental’, Unair Repository, (3), pp. 1–13. Available at: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/108094.

Diannita, A. et al. (2023) ‘Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama’, Journal of Education Research, 4(1), pp. 297–301. Available at: https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.117.

Firmansah, M.I. et al. (2021) ‘Upaya Penanganan Bullying Melalui Pendidikan Karakter’. Available at: https://repository.upnvj.ac.id/14740/.

Husin Affan, M. and Maksum, H. (2017) ‘Menanamkan Nilai Nilai Pendidikan Karakter Dalam Proses Belajar Mengajar Ips/Kn’, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 1(5), pp. 1–15.

Ii, B.A.B. and Karakter, P. (2012) ‘Upaya Meningkatkan Kedisiplinan…, Indah Ayu Nursita Rahmawati, FKIP UMP, 2013’, pp. 7–43.

Mardianti, E. (2021) ‘Konsep desain penelitian’, EJournal Administrasi Bisnis, pp. 9–25.

Nurfianto, D.M. et al. (2022) ‘Analisis Muatan 18 Nilai Karakter Pada Buku Tematik Siswa Kelas 1 Tema 6 SD / MI’, Universitas Nusantara PGRI Kediri, pp. 25–33.

Nursalam, 2020. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. 5 ed. Jakarta: Salemba Medika.

Putri, N.Y.E., Anjali, I.G.A.S. and Anggraini, A.E. (2024) ‘Konsep Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Menurut Perspektif Ki Hadjar Dewantara’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), pp. 460–467. Available at: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3456.

Rismayanti, M.A. (2022) ‘Pengaruh Tindakan Bullying Terhadap Perkembangan Mental Anak Kelas V Sekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar’, Skripsi, pp. 1–111.

Rujiani (2018) ‘Pendidikan Karakter Untuk Meminimalisir Bullying Verbal Pada Generasi Milenial’, Jurnal Pendidikan Dasar?: Jurnal Tunas Nusantara, 01(01), pp. 33–42.

Sasmi, W.T., Yulianti, H.T. and Nurapriani, F. (2023) ‘Pengaruh Pendidikan Karakter Dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Siswa Sdn Desa Karangsinom’, Jurnal Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian, pp. 708–717.

Setiawan, A. (2014) ‘Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam’, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), pp. 1–12.

Stamp, G.H. and Shue, C.K. (2012) ‘Twenty years of family research published in communication journals: A review of the perspectives, theories, concepts, and contexts’, The Routledge Handbook of Family Communication, pp. 11–28. Available at: https://doi.org/10.4324/9780203848166.

Sudirman, N., Mukraimin, un and Maemunah, M. (2023) ‘Pendidikan Karakter Dalam Pengentasan Aksi Bullying di SMA Negeri 9 Gowa’, BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), pp. 89–100. Available at: https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.274.

Tulis, K. et al. (2021) ‘Peran Pendidikan Karakter Dalam Menangani Perilaku Bullying’, (November).

Yuliastri, O., Robe, M. and Narut, Y.F. (2022) ‘Pengaruh Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Terhadap Perilaku Bullying Di Sdi Liang Wakal (the Effect of Strengthening Character Education Bullying At Sdi Liang Wakal)’, Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 3(1), pp. 76–86.

Yuyarti (2018) ‘Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter’, Jurnal Kreatif, 9(1), pp. 52–57.

ZAKIYAH, E.Z., HUMAEDI, S. and SANTOSO, M.B. (2017) ‘Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying’, Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), pp. 324–330. Available at: https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352.

Published

2024-06-30

How to Cite

Amalia, R. R. ., Oktaviani, F. S. ., & Andayani, S. R. D. . (2024). PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER ANTI-BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL PESERTA DIDIK DI SMP KHOIRIYAH SUMOBITO: The Effect of Anti Bullying Character Education on Mental Health of Students at SMP Khoiriyah Sumobito. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 10(2), 415-420. https://doi.org/10.33023/jikep.v10i2.2181