FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK INTERPROFESIONAL EDUCATION (IPE) DI PERGURUAN TINGGI KESEHATAN SEBAGAI STRATEGI PENCAPAIAN INTERPROFESIONAL COLLABORATION (IPC) : LITERATURE REVIEW

Factors Influencing Interprofessional Education (IPE) Practices in Health College as a Strategy for Achieving Interprofessional Collaboration (IPC): Literature Review

Authors

  • Astuti Lestari
  • Erlis Eka Fitriana
  • Afrida Vianny ITEKES Muhammadiyah Kalimantan Barat
  • Yeanneke Liesbeth Tinungki
  • Suriadi Suriadi

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2187

Keywords:

Analisis, Perguruan tinggi kesehatan, Faktor Praktik IPE

Abstract

Pendahuluan: Peningkatan penuaan populasi pasien dan peningkatan prevalensi penyakit kronis menjadi tantangan layanan kesehatan lebih kompleks untuk diatasi. Para profesional kesehatan perlu strategi menerapkan praktik Interprofesional  Colaboration berjalan efektif demi tercapainya peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang dipersiapkan sejak menjadi siswa profesional kesehatan melalui praktik Interprofesional Education (IPE). Praktik IPE di Perguruan tinggi kesehatan tidak mudah diaplikasikan dan banyak tantangan yang dihadapi sebagai penyelenggara praktik IPE. Tujuan: dari review ini adalah untuk mengetahui praktik IPE di perguruan tinggi kesehatan sebagai strategi untuk mencapai praktik IPC di layanan untuk menguji faktor yang mempengaruhi praktik IPE, menginformasikan strategi mengantisipasi faktor yang mempengaruhi sehingga perguruan tinggi kesehatan dapat merencanakan dari level administrasi dan manajemen. Metode: penelitian ini adalah literature review. Faktor yang memengaruhi praktik IPE di perguruan tinggi kesehatan sebagai strategi untuk mencapai praktik IPC yang efektif  diantaranya: penyampaian, hambatan, strategi implementasi, persepsi siswa, perencanaan, pengaturan klinis, pengalaman siswa, sikap anggota fakultas, perilaku dan kesiapan. Hasil: Penelitian ini memberikan penjelasan dan menemukan sepuluh faktor yang menjadi landasan bagi pihak akademisi dalam mewujudkan praktik IPC yang efektif yaitu penyampaian, hambatan, strategi implementasi, persepsi siswa, perencanaan, pengaturan klinis, pengalaman siswa, sikap anggota fakultas, hasil perilaku dan kesiapan yang dapat mempengaruhi praktik Interprofessional Education (IPE) di perguruan tinggi kesehatan sebagai strategi pencapaian Interprofessional Collaboration (IPC).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alzamil, H., & Meo, S. A. (2020). Medical students’ readiness and perceptions about Interprofessional Education: A cross sectional study. Pak J Med Sci, 36(4), 693-698. doi: https://doi.org/10.12669/pjms.36.4.2214

Andrews EA. (2017). The future of interprofessional education and practice for dentists and dental education. J Dent Educ ;81:eS186-eS192.

Carlisle & Taing. (2021). Interprofessional education between dentistry and pharmacy students: delivery, barriers and facilitating implementation. Australian Dental Journal; 66: 351–357.

Chen, H,W. Donnell, J,M,O. Chiu, Y,J. Chen, Y,C. Kang, Y,N. Tuan, Y,T. Kuo, S,Y. Wu, J. C. (2022). Comparison of learning outcomes of interprofessional education simulation with traditional single-profession education simulation: a mixed- methodes study. BMC Medical Education.

Damayanti, R.A. & Bachtiar, A. (2020). Kesiapan Mahasiswa Kesehatan terhadap Penerapan Pendidikan Interprofesional di Indonesia. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan. 9 (1). 16-28.

Damayanti, E.A.F. Kartika, C,I. Hidayah, H. Siwi, IN. Wijaya A,S. Kristiana, Y. Oktavinati, PD. Ekacahyaningtyas, M,E. Hubungan antara persepsi dan kesiapan Dosen terhadap Pembelajaran Interprofesional Education. Jurnal Kesehatan nasional Vol. 4 No. 1. 2020

Diggele, C.V., et al. (2020). Interprofessional Education: Tips For Design And Implementation. BMC Medical Education. 20 (2). 1-6

El-Awaisi A, Joseph S, El Hajj MS, Diack L.(2018) A comprehensive systematic review of pharmacy perspectives on interprofessional education and collaborative practice. Res Soc Adm Pharm ;14:863–882.

Evans, S.M., Ward, C, Reeves S. (2019). Online Interprofessional Education Facilitation: A Scoping Review. Medical Teacher. 41 (2), 215–222, doi:https://doi.org/10.1080/0142159X.2018.1460656

Jones, A., Ingram, M. E., & Forbes, R. (2020). Physiotherapy new graduate self-efficacy and readiness for interprofessional collaboration: A mixed methods study. Journal of Interprofessional Care, 35(1), 1–10. https:// doi.org/10.1080/13561820.2020.1723508

Karpa K, et al.(2019) Geriatric assessment in a primary care environment: a standardized patient case activity for interprofessional students. Mededportal ;15

Katoue et al., (2021) Interprofessional education and collaborative practice in Kuwait: attitudes and perceptions of health sciences students, Journal Of Interprofessional Care https://doi.org/10.1080/13561820.2021.1884537

Lahagu, E., & Nurhidayaha, R. E. (2023). Interprofessional Education Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Perawat Berkolaborasi dengan Petugas Kesehatan Lain. Jurnal Keperawatan Cikini, 4(2), 117-129

Lim, D,A,F,N. Jones, R.N. (2018). Interprofessional Education (IPE) in clinical practice for pre-registration nursing students: A structured literature review. Nursing Education Today Elsevier page 218-225.

Matiazzi, S., Cottrell, N., Ng, N., Beckman, E. Behavioural outcomes of interprofessional education within clinical settings for health professional students: A systematic literature review. Journal of Interprofessional Care, 38(2), 294-307. https://doi.org/10.1080/13561820.2023.2170994

Naumann, F., et al. (2021). Developing The Next Generation Of Healthcare Professionals: The Impact Of An Interprofessional Education Placement Model. Journal of Interprofessional Care. 1-4

Palatta A, Cook BJ, Anderson EL, Valachovic RW (2015) 20 years beyond the crossroads: the path to interprofessional education at US dental schools. J Dent Educ ;79:982–996.

Putriana, N. A. (2020). Pendidikan Interprofessional dan Kolaborasi Interprofesional. Majalah Farmasetika, 5(1), 18-22.

Shakhman, L.M., et al. (2020). Interprofessional Education and Collaboration: Strategies for Implementation. Oman Medical Journal. 35 (3)

Shida, J., Otsuka, M. (2022). Nursing Students Experience in Consecutive Clinical Interprofessional Education in Japan: Application of the Nursing Colleges. Nursing reports Japan

Utami, S., Wibrata, D. A., Taufiqurrahman, Fadilah, N., Sari, I. P., Suryono, H., Minarti, Purwanti, D., Thohari, I., Sasongkowati, R., Norontoko, D. A., Isnanto, Anugrahani, H., Suliati, Makruf, M. R., & Maharrani, T. (2020). Modul Pembelajaran Interprofessional Education (IPE). Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan: Surabaya.

Velásquez. Et al. (2022). Interpofessional Communication In Medical Simulation: Fndings From A Scoping Review And Implications For Academic Medicine. BMC Medical Education. 22 (204). 1-12

Wang, Z., et al. (2019). A Systematic Meta-Analysis of the Effect of Interprofessional Education on Health Professions Students’ Attitudes. Journal of Dental Education. 83 (12). 1361-1369.

Published

2024-10-30

How to Cite

Lestari, A., Fitriana, E. E., Vianny, A., Tinungki, Y. L., & Suriadi, S. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK INTERPROFESIONAL EDUCATION (IPE) DI PERGURUAN TINGGI KESEHATAN SEBAGAI STRATEGI PENCAPAIAN INTERPROFESIONAL COLLABORATION (IPC) : LITERATURE REVIEW: Factors Influencing Interprofessional Education (IPE) Practices in Health College as a Strategy for Achieving Interprofessional Collaboration (IPC): Literature Review. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 10(3), 454-461. https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2187