PENILAIAN MUTU PELAYANAN DOKTER DAN PERAWAT TERHADAP LOYALITAS PASIEN POLI UMUM DI RS AISYIYAH BOJONEGORO

Quality Service Assessment of Doctors and Nurses Toward Patient Loyalty Of General Clinic At Aisyiyah Hospital, Bojonegoro

Authors

  • Nurul Hidayanti

Abstract

Pendahuluan : Mutu pelayanan kesehatan menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas pasien. Pasien yang merasa puas dengan mutu pelayanan kesehatan di sebuah rumah sakit akan menentukan perilaku mereka selanjutnya dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan. Rendahnya mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit akan berdampak pada jumlah kunjungan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian mutu pelayanan dokter dan perawat terhadap loyalitas pasien poli umum di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro. Metode : Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional kepada 97 responden. Pada penelitian ini digunakan teknik sampling berupa probability sampling, dimana metode yang digunakan adalah systematic random sampling.  Variabel bebas dalam penelitian ini adalah mutu pelayanan dokter dan perawat yang terdiri dari dimensi aspek fisik, reliabilitas, interaksi personal, pemecahan masalah dan kebijakan. Sedangkan variabel terikat adalah loyalitas pasien. Hasil : Hasil uji Regresi Logistik menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas pasien adalah dimensi reliabilitas (p= 0,000;OR=0,053 ) dan kebijakan (p= 0,008;OR=0,166). Pembahasan : Kesimpulan dari penelitian adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pasien adalah dimensi reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pimpinan RS Aisyiyah supaya memperbaiki mutu pelayanan dokter dan perawat untuk meningkatkan loyalitas pasien di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro.

Kata Kunci : Dokter, mutu pelayanan, loyalitas pasien, perawat

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurul Hidayanti

S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Surabaya

Published

2016-09-06

How to Cite

Hidayanti, N. (2016). PENILAIAN MUTU PELAYANAN DOKTER DAN PERAWAT TERHADAP LOYALITAS PASIEN POLI UMUM DI RS AISYIYAH BOJONEGORO: Quality Service Assessment of Doctors and Nurses Toward Patient Loyalty Of General Clinic At Aisyiyah Hospital, Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 2(2), 10-20. Retrieved from https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jikep/article/view/22