HUBUNGAN GAYA HIDUP HEDONIS DENGAN TINGKAT STRESS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) FAKULTAS SAINS, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN

The Relationship of Hedonic Lifestyle with Stress Levels for Primary School Teacher Education Students (PGSD) Faculty of Science, Technology and Education University Muhammadiyah Lamongan

Authors

  • Ahmad Riski Darma Yuda universitas muhammadiyah lamongan
  • Fitri Wulandari
  • Fadia Eka Parwati
  • Mohammad Saifudin
  • Siti Sholikhah Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2214

Keywords:

Mahasiswa, Hedonis, Stres

Abstract

Pendahuluan: Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tingkat awal mengalami proses penyesuaian diri dijenjang perkuliahan, baik dari segi mental, emosional dan lingkungan. Lingkungan yang berlebihan dapat menyebabkan mahasiswa mudah untuk melakukan berbuatan gaya hidup hedonis sehingga dapat berdampak atau mengakibatkan stress. Situasi stres dapat disebabkan oleh frustrasi, konflik, tekanan, atau krisis. Tingkat keparahan stress sangat tergantung pada penilaian individu terhadap stress yang dialami individu. Setiap individu yang mengalami suatu pola stres yang berkepanjangan dituntut untuk berusaha mengatasi sendiri. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan gaya hidup hedonis dengan tingkat stress pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar semestrer dua. Metode: Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sampel sebanyak 92 mahasiswa dengan teknik total sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu kuesioner DASS dan gaya hidup hedonis, analisa data menggunakan uji spearmen rho. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki gaya hidup hedonis sedang (72,8%) dan sebagian besar memiliki tingkat stress sedang (67,4%). Berdasarkan hasil uji spearman rho didapatkan hasil p=0,000 dan nilai rs=0,667 artinya ada hubungan gaya hidup hedonis dengan tingkat stress pada mahasiswa. Kesimpulan: diharapkan kepada orang tua untuk selalu mengawasi dan memgontrol anaknya untuk lebih memperhatikan dampak dari gaya hidup hedonis dan tingkat stress pada mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albert Yohanes Axel Yoagnesto, Fanani, M., & Aryoseto, L. (2023). Hubungan Gaya Hidup Hedonis dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Medis Plexus, 2(1), 32–39. https://doi.org/10.20961/plexus.v2i1.461

Astuti, R.T., 2019. Gambaran Umum Tingkat Stress Siswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Ikatan Perawat Nasional Indonesia, 5(1), pp.40-47.

Dwicahyaningtyas, R. (2020) 'Sekilas Strategi Mengatasi Stres Pada Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya'. Universitas Airlangga.

Indrawati, D. (2015). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Hedonistik Terhadap Keputusan Pembelian Hijab “Zoya”. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Manajemen, 15(2), 302.https://doi.org/10.17970/jrem.15.150207.id

Ohy, G., Kawung, E.J. and Zakarias, J.D., 2020. Perubahan Gaya Hidup Sosial Masyarakat Pedesaan Akibat Globalisasi Di Desa Rasi Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Holistik, Journal Of Social and Culture.

Prabamurti, G. A., Studi, P., Dokter, P., Kedokteran, F., & Maret, U. S. (n.d.). Analisis Faktor-Faktor Pemicu Level Stres Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Satria, M., 2017. Pengaruh Kekerasan Verbal Orang Tua terhadap Komunikasi Verbal Anak di Sma Muhammadiyah I Palembang.[Skripsi] (Doctoral Dissertation, Uin Raden Fatah Palembang)

Yoko, R., Nur, S., Yuniwati, E. S., & Abdullah, A. (2021). Perilaku Hedonis Pada Masa Dewasa Awal. April, 179–190.

Published

2024-10-30

How to Cite

Yuda, A. R. D., Wulandari, F., Parwati, F. E., Saifudin, M., & Sholikhah, S. (2024). HUBUNGAN GAYA HIDUP HEDONIS DENGAN TINGKAT STRESS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) FAKULTAS SAINS, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN: The Relationship of Hedonic Lifestyle with Stress Levels for Primary School Teacher Education Students (PGSD) Faculty of Science, Technology and Education University Muhammadiyah Lamongan. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 10(3), 475-480. https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2214