KECERDASAN EMOSIONAL DAN TINGKAT KEAKTIFAN DALAM BERORGANISASI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER

The Relationship between Emotional Intelligence and the Level of Activeness in Organizations among Students at the Faculty of Nursing, University of Jember

Authors

  • Agnes Rosalia Indah Universitas Jember
  • Retno Purwandari Universitas Jember
  • Kholid Rosyidi Muhammad Nur Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2216

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Keaktifan dalam berorganisasi, Mahasiswa keperawatan

Abstract

Pendahuluan: Fakultas telah menyediakan organisasi untuk melatih kolaborasi melalui kegiatan yang terorganisir. Namun masih terdapat siswa yang tidak aktif dalam organisasi. Faktor pendorong seseorang aktif dalam berorganisasi selain minat dan bakat salah satunya adalah intelegensi baik akal maupun emosi. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya kecerdasan emosinal 58 % menunjukkan rendah. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan tingkat keaktifan berorganisasi pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Metode: Desain penelitian adalah observasional analisis dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 347 dengan sampel 186 mahasiswa.  Teknik sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kecerdasan emosional dan kuesioner keaktifan dalam berorganisasi. Teknik analisis data menggunakan Spearman Rank, dengan nilai alpha 0,05. Hasil: Penelitian ini menunjukan hasil kecerdasan emosional mahasiswa keperawatan dalam kategori sedang (71,0%) dan tingkat keaktifan dalam berorganisasi dalam kategori sedang (68,8%). Hasil uji korelasi menunjukan adanya hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan tingkat keaktifan dalam berorganisasi pada mahasiswa keperawatan (P-value = 0,000; r = 0,374) yang berarti semakin tinggi kecerdasan emosional mahasiswa maka semakin tinggi tingkat keaktifannya dalam berorganisasi. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukan mayoritas mahasiswa keperawatan Universitas Jember memiliki kecerdasan emosional dan tingkat keaktifan dalam berorganisasi dalam kategori sedang. Kecerdasan emosional tidak hanya bermanfaat bagi organisasi kemahasiswaan saja, namun juga menjadi satu hal yang penting bagi mereka untuk menjadi perawat profesional yang memiliki sikap peduli dan kerjasama tim yang baik. Penelitian ini memberikan informasi bagi perguruan tinggi dan mahasiswa keperawatan agar dapat meningkatkan kemampuan kecerdasan emosional yang dapat berguna dalam peningkatan keaktifan berorganisasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfira, D., & Sulistiawati, A. C. (2023). Hubungan Keaktifan Berorganisasi Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fk Uisu Angkatan 2019. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 22(2), 108–116. https://doi.org/10.30743/ibnusina.v22i2.474

Almansour, A. M. (2023). The level of emotional intelligence among Saudi nursing students: A cross-sectional study. Belitung Nursing Journal, 9(5), 471–477. https://doi.org/10.33546/bnj.2794

Annisa, R. (2020). Analisis Kecerdasan Emosional Mahasiswa Tingkat II Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(2), 1–8.

Anvari, R., Kumpikait?-Vali?nien?, V., Mobarhan, R., Janjaria, M., & Chermahini, S. H. (2023). Strategic human resource management practitioners’ emotional intelligence and affective organizational commitment in higher education institutions in Georgia during post-COVID-19. PLoS ONE, 18(12 December), 1–25. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0295084

Argon, B. (2020). Kecerdasan Emosional Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja (Studi Pada Pt. Digital Netwerk Venture Indonesia). 4(1), 1–14. http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/1136

Carmelia, T., Tiatri, S., & Wijaya, E. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Akademik Dengan Job Performance Pada Mahasiswa Aktif Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 184. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.918

Deliati, D., Tussa’diah, H., & Elfrianto, E. (2022). Kecerdasan Emosional Mahasiswa Anggota Organisasi Tingkat Fakultas Program Studi Bimbingan Konseling. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(1), 157. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i1.41707

Fauzi, A. A., & Pahlevi, T. (2020). Analisis Hubungan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Hasil Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 449–457. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p449-457

Fitriani, Y., Asbari, M., & Mutiara, N. (2023). Kecerdasan Emosional: Standar Kedewasaan? Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 96–99.

Fteiha, M., & Awwad, N. (2020). Emotional intelligence and its relationship with stress coping style. Health Psychology Open, 7(2). https://doi.org/10.1177/2055102920970416

Goleman, D. (1996). Emotional Intellegence (Terjemahan). Gramedia Pustaka Utama.

Hasnah, H., Hendra, D. A., & Hapsah, H. (2018). Correlation Between Emotional Intelligence and Problem Solving Skill of Health Students of Faculty of Medicine Universitas Hasanuddin. Indonesian Contemporary Nursing Journal (ICON Journal), 3(1), 22. https://doi.org/10.20956/icon.v3i1.3602

Kant, R. (2019). Emotional intelligence: A study on university students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(4), 441–446. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i4.13592

Kote, A. E. Y. F. B., Ratu, K., Nurina, R. L., & Folamauk, C. L. H. (2023). Hubungan Antara Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Nusa Cendana. Cendana Medical Journal (CMJ), 11(1), 48–57. https://doi.org/10.35508/cmj.v11i1.10717

Latief, A., Syardiansah, S., & Safwan, M. (2019). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Jurnal Administrasi Publik?: Public Administration Journal, 9(1), 41. https://doi.org/10.31289/jap.v9i1.2256

Livana, P., Resa Hadi, S., Terri, F., Dani, K., & Firman, A. (2020). Keaktifan Berorganisasi dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Bhakti Kencana Bandung. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 37–48.

Luailiyah, A., Zadal Hilmi, A., & Sahariani, M. (2022). Pengaruh Keaktifan Organisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Plexus Medical Journal, 1(3), 114–121. https://doi.org/10.20961/plexus.v1i3.45

Luan, J. J. S. A., & Blegur, J. (2019). Potret Kecerdasan Emosional Mahasiswa Pada Perkuliahan Seminar Pendidikan Jasmani. Sebatik, 23(1), 195–202. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i1.469

Ningrum, P. W., & Murdiyanto, J. (2023). The Relationship between Organizational Activeness and Anxiety Level of Anesthesiology Nursing Students of Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta.

Nugroho, R. S. (2021). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kegiatan Organisasi Intra Kampus terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa di UKM Komunitas Teater Didik UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Angkatan 2017/2018 dan 2018/2019. UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, 53(February), 2021.

Nurdin, P. B. R., Likuallo, S., & Meiliska, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berorganisasi. Jurnal Christian Humaniora, 2(2), 122–131.

Octavia, N., Hayati, K., & Karim, M. (2020). Pengaruh Kepribadian, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 16(2), 130–144. https://doi.org/10.23960/jbm.v16i2.87

Patunru, S., Jam’an, A., & Madani, M. (2020). Analisis Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. 9(1), 37–55.

Rahayu, R. T. (2020). Pengaruh Tingkat Keaktifan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. In Repository UII. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/28520

Ratminto, & Winarsih, A. S. (2012). Manajemen Pelayanan?: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizens Charter dan Standar Pelayanan Minimal.

Ratnasari, S. L., Supardi, S., & Nasrul, H. W. (2020). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Applied Business Administration, 4(2), 98–107. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i2.1981

Rohmania, I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kepribadian Terhadap Kinerja Perawat RS Wijaya Kusuma Lumajang.

Saalino, V., Bannepadang, C., & Bala Lembang, F. (2020). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Keaktifan Dalam Berorganisasi Dengan Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Semester Iv Stikes Tana Toraja Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Kesehatan Promotif, 5(1), 41–60. https://doi.org/10.56437/jikp.v5i1.28

Setyaningrum, D. F., Sawiji, H., & Ninghardjanti, P. (2018). Pengaruh keaktifan berorganisasi dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2013 Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 2(2), 26–40.

Simangunsong, T. R. I., Armyanti, I., & Fitrianingrum, I. (2023). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Perilaku Profesional Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Angkatan 2019. Cermin Dunia Kedokteran, 50(9), 470–485. https://doi.org/10.55175/cdk.v50i9.1033

Suhanda, C. W. A. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Altruisme Pada Mahasiswa Keperawatan Poltekkes Kemenkes Riau. In Universitas Islam Riau.

Susilaningsih, F. S., Lumbantobing, V. B. M., & Sholihah, M. M. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Sikap Caring Mahasiswa Keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 6(1), 1–15. https://doi.org/10.33755/jkk.v6i1.141

Wiska, N., & Widyatuti. (2019). Tingkat kecerdasan emosional mahasiswa ilmu keperawatan: dilihat dari masa studi dan pengalaman praktikum di Rumah Sakit. Jurnal Ners Widya Husada, 6(1), 7–14.

Zuraida, Z. (2022). Kecerdasan Emosional Ditinjau Dari Perilaku Altruisme Pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan Di Universitas Ratu Samban. Jurnal Ilmiah Psyche, 16(01), 27–38. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v16i01.1750

Published

2024-10-30

How to Cite

Indah, A. R. ., Purwandari, R., & Nur, K. R. M. (2024). KECERDASAN EMOSIONAL DAN TINGKAT KEAKTIFAN DALAM BERORGANISASI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER: The Relationship between Emotional Intelligence and the Level of Activeness in Organizations among Students at the Faculty of Nursing, University of Jember. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 10(3), 548-559. https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2216