PENGARUH METODE EDUKASI DAN SIMULASI BALUT BIDAI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SKILL SISWA UPT SMK NEGERI 6 TAKALAR
The Influence of Education and Simulation Methods of Splint Dressing on The Level of Knowledge and Skill of Students of UPT SMK Negeri 6 Takalar
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2218Keywords:
edukasi, balut bidai, simulasi, pengetahuan, skillAbstract
Pendahuluan: Tahap perkembangan remaja awal, yang merupakan usia anak sekolah menengah pertama, memiliki kecenderungan untuk melakukan aktivitas psikomotrik seperti mengendarai sepeda motor, bermain sepeda dan melakukan olahraga. Hal ini menimbulkan hal yang beresiko, seperti kecelakaan dan jatuh pada remaja yang dapat mengakibatkan berbagai macam cedera. Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018, menunjukkan bahwa cedera pada anak remaja merupakan angka tertinggi No.2 berdasarkan usia di Indonesia, yaitu sebesar 12,1% dan angka cedera tertinggi (13%) terjadi pada usia sekolah. Tujuan: Fokus Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana simulasi balut bidai dan pendidikan berdampak pada informasi dan kemampuan siswa UPT SMK Negeri 6 Takalar. Metode: Penelitian kuantitatif dilakukan dengan metode experimental. Setiap kelompok memiliki 38 responden sebelum dan setelah tes. Untuk mengetahui apakah penyuluhan dan simulasi balut bidai memiliki pengaruh terhadap pengetahuan dan kemampuan siswa UPT SMK Negeri 6 Takalar, analisis data dilakukan menggunakan uji statistic Wilcoxon. Hasil: Dibuktikan bahwa nilai p-value adalah 0,000 adalah lebih luas dari ? 0,05. Analisis hubungan analisa ini menghasilkan distribusi dan frekuensi dari setiap variabel yang telah diteliti dengan menggunakan uji Wilcoxon Kesimpulan: Besarnya pengetahuan dan keterampilan dipengaruhi oleh teknik edukasi dan simulasi pemasangan belat. tingkat pengetahuan dan keterampilan siswa UPT SMK Negeri 6 Takalar.
Downloads
References
Aji, K. (2021). Efektivitas Pelatihan Balut Bidai Dengan Metode Video Dan Simulasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Pada Anggota Palang Merah Remaja Di SMAN 1 Badegan. Program Sarjana Keperawatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo 2021, 77–131.
Angel J. W., Lucky T.K, & Linnie P (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dan Simulasi Terhadap Pengetahuan Tentang Balut Bidai Pertolongan Pertama Fraktur Tulang Panjang Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Manado. Ejurnal Keperawatan, 6(1), 1-8.
Ardiansyah, F., & Sudarto. (2022). Edukasi Dan Simulasi Bantuan Kegawatdaruratan Balut Bidai, Evakuasi Dan Transportasi Pada Kasus Cidera Bagi PMR SMAN 1 Sei Ambawang Kubu Raya. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas, 02(3), 20–31. https:// https://jurnal.htp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/716/309
Dewiyanti, Kamriana, Zainuddin, Alwi, & Rahmadani, F. (2023). Pengaruh Edukasi Berbasis Video Terhadap Pengetahuan Balut Bidai Pertolongan Pertama Fraktur Tulang Pada Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Polongbangkeng Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 9(1), 149–155. https://doi.org/10.33023/jikep.v9i1.1374
Elvira, Y. Tahun 2020. Pelatihan Keterampilan Balut Bidai pada Mahasiswa/I Keperawatan Jurnal Keperawatan Silampari, Vol. 4, No. 1, 265–273. Diakses dari: https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1715
Endiyono, E (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Terhadap Tingkat Pengetahuan Anggota Saka Bakti Husada. medika respati: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 15(2), 83-92.
Ernasari, Cahyono K, & Andi A.N., (2021). Pengaruh apaelatihan Balut Bidai Terhadap Pengetahuan Penatalaksanaan Fraktur pada Anggota PMR di SMK Kota Makassar. Jurnal Kesehatan, 1(1) 36-42.
Fahry Y. M, et al., (2022). Hubungan antara tingkat pengetahuan pasien tentang bagaimana memberikan pertolongan pertama untuk fraktur Vol. 2, No. 1, Journal of Telenursing (JOTING).1,
Fakhrurizal. (2015). Pengaruh Pembidaian Terhadap Penurunan Rasa Nyeri Pada Pasien Fraktur. Journal of Telenursing (JOTING), 2(1), 1–30. https://doi.org/10.31539/joting.v2i1.1129
Febrianti, L. A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pembidaian Fraktur Dengan Metode Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa/I Tingkat Iii Ners Stikes Santa Elisabeth Tahun 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pembidaian Fraktur Dengan Metode Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa/I Tingkat Iii Ners Stikes Santa Elisabeth Tahun 2019, 53(9), 1689–1699.
Karyadi, A. S. G., & Kanita, M. W. (2022). Pengaruh Pelatihan Balut Bidai Terhadap Tingkat Keterampilan Driver Ojek Online/Ojol Tentang Fraktur Kecelakaan Lalu Lintas. 000.
Listiana, Ade Risky Oktarina, D. (2019). Pengaruh Pelatihan Balut Bidai Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Di SMA N 4 Kota Bengkulu. Chmk Nursing Scientific Journal, 3(Balut Bidai, Pelatihan, Pengetahuan dan Keterampilan).
Marsudiarto, A. R., Ekacahyaningtyas, M., & Ardiani, N. D. (2020). Pengaruh Pemberian Video Dan Simulasi Terhadap Praktik Balut Bidai Fraktur Terbuka Pada Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Di Wilayah Kelurahan Mojosongo Surakarta. Program Studi Keperawatan Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta 2020, 000, 10.
Natoatmodjo. Hubungan antara Pengetahuan dan Persepsi Ibu Hamil Mengenai Buku Kia. Jurnal Genta Kebidanan, 6(2), 2021. https://doi.org/10.36049/jgk.v6i2.95
Norman Alfiat Talibo, Helly M. Katuuk, Silvia Dewi Mayasari Riu, N. S. P. (2023). Pengaruh Edukasi Pembidaian Terhadap Pengetahuan Mahasiswa Dalam Memberikan Pertolongan Pertama Pada Fraktur Tulang Panjang. Jurnal Keperawatan Volume, 15, 381–388.
Nursalam, "Metode Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis". Salemba, 2020 Medikal.
Rahmadina. 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan serta Informasi Media Sosial Terhadap Perilaku Pertolongan Pertama dalam Kecelakaan Pengemudi Ojek Online di Surabaya
Rahmawati (2019) Mempertimbangkan Pelatihan Balut Bidai pada Keterampilan Mahasiswa Keperawatan.Sari, Dwi (2015). Pengaruh Pelatihan Balut Bidai Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Siswa di SMA Negeri 2 Seleman Yogyakarta.
Tasman, 2017 Kesehatan Pertolongan Pertama Pada Kasus Kegawatdaruratan Di Sekolah Dengan TeknikDrill Untuk Kadar Kesehatan Sekolah MTSN, P., Utara.
Warouw, J., & Angel, H. (2018). Fraktur Tulang Panjang Pada Siswa Kelas X SMK Negeri Manado. 6.
Wasalamah, Bardah., Dkk (2023). Pengaruh Pelatihan Pembidaian Terhadap Kesiapan Anggota PMR SMA 5 Ketahun dalam Melakukan Penanganan Awal Fraktur. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 11 (1), 45-54.
Yunus P, Hasinda D, Arifin U., & Susanti M., (2023). Pelatihan Pertolongan Pertama Balut Bidai untuk Siswa PMR di SMKN 2 Limboto. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat. 6(1), 133-140.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).