PENGGUNAAN GADGET DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA ANAK USIA PRASEKOLAH DI KABUPATEN JEMBER
Gadget Use on Social and Language Development of Preschool Children in Jember Regency
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2278Keywords:
Penggunaan Gadget, Perkembangan Sosial, Perkembangan Bahasa, PrasekolahAbstract
Pendahuluan: Usia prasekolah menawarkan banyak peluang untuk tumbuh dan berkembang. Jika potensi ini tidak terpenuhi, pertumbuhan dan perkembangan akan terhambat. Banyak anak prasekolah saat ini tidak dapat bertahan hidup tanpa menggunakan teknologi secara teratur. Perkembangan sosial dan bahasa anak prasekolah pasti akan terpengaruh oleh gadget. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan bahasa pada anak prasekolah. Metode: Penelitian deskriptif cross-sectional ini dilakukan di Taman Kanak-kanak (TK) Yasmin dan TK Annuriyah di Kabupaten Jember. Data dikumpulkan dari 113 responden, usia 3-6 tahun, yang dipilih untuk penelitian ini menggunakan simple random selection. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji Sperman rho. Hasil: penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan bahasa (p-value 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi (r) 0,374). Kesimpulan: Penelitian ini menjelaskan bahwa penggunaan gadget dapat meningkatkan perkembangan sosial dan bahasa pada anak usia prasekolah. Perkembangan sosial dan bahasa anak usia prasekolah akan lebih baik apabila orang tuanya mendampingi penggunaan gadget secara bijak.
Downloads
References
Ani, N. A., Saidah, Q. I., Anggoro, S. D., Huda, N., Widayanti, D. M., Priyantini, D., Nurhayati, C., & Nurlela, L. (2020). Use of Gadget in Relationship With Independence in Activities Daily Life in Childhood Preschool. Malaysian Journal of Nursing, 11(3), 47–52. https://doi.org/10.31674/mjn.2020.v11i03.008
Bresnahan, F. T. (2019). Francis T. Bresnahan School Parent Questionnaire For Preschool Screening.
Calorina, L., Pawito, & Prasetya, H. (2020). The Effect of Gadget Use on Child Development: A Path Analysis Evidence from Melawi, West Kalimantan. Journal of Maternal and Child Health, 5(1), 110–119. https://doi.org/10.26911/thejmch.2020.05.01.12
Farima, N., Timotin, A., & Lozan, O. (2023). Knowledge, Attitudes, and Practices of Parents Regarding the Use of Electronic Devices By Preschoolers. One Health and Risk Management, 4(3), 23–29. https://doi.org/10.38045/ohrm.2023.3.04
Fatmawati, F. A. (2023). The Impact of Gadget Use on Early Childhood in Suci Village, Manyar Sub-district. EDUTEC?: Journal of Education And Technology, 6(4). https://doi.org/10.29062/edu.v6i4.692
Kabali, H., MM, I., R, N.-D., Budacki JG, M. S., & Leister KP, B. R. J. (2015). Exposure and Use of Mobile Media Devices by Young Children. Pubmed, 136(6), 2015–2151. https://doi.org/10.1542/peds.2015-2151
Kaimudin, A., Maria, L., & Previta Zeisar Rahmawati. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Pra Sekolah Di PAUD Terpadu Omah Bocah Annafi’ Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. 07(02), 89–98.
Khiu, A. L., & Hamzah, H. (2018). Gadget usage: trends and its relationship with psychosocial adjustment among pre-schoolers in malaysia. International Journal for Studies on Children, Women, Elderly and Disabled, 5(2014), 93–99.
Kurniawati, N. N., & Sutharjana, I. M. (2023). The Influence of Gadgets on The Development of The Early-Age Learners’ Behavior and Character. International Journal of Multidisciplinary Sciences, 1(2), 159–171. https://doi.org/10.37329/ijms.v1i2.2321
Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000–1010. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490
Ridwan, R., Utami, S., & Bangsawan, I. (2023). The Impact of Gadgets on Social-Emotional Development of Early Children During Covid-19 Pandemic. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 23. https://doi.org/10.26858/tematik.v9i1.43371
Rihlah, J., Shari, D., & Anggraeni, A. R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Di Masa Pandemi Covid- 19 Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Early Childhood?: Jurnal Pendidikan, 5(1), 45–55.
Roseberry, S., Kathy Hirsh-Pasek, & Golinkoff, R. M. (2014). Skype me! Socially Contingent Interactions Help Toddlers Learn Language. Bone, 85(3), 956–970. https://doi.org/10.1111/cdev.12166.Skype
Setiawati, E., Solihatulmillah, E., Cahyono, H., & Dewi, A. (2019). The Effect of Gadget on Children’s Social Capability. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012113
Siregar, I. S. (2022). Dampak Penggunaaan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Pada Anak Usia Dini Desa Siolip. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 140–153.
Syaodih, E. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini.
Zain, Z. M., Jasmani, F. N. N., Haris, N. H., & Nurudin, S. M. (2022). Gadgets and Their Impact on Child Development. Mcmc, 6. https://doi.org/10.3390/proceedings2022082006
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).