PENGGUNAAN GADGET DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA ANAK USIA PRASEKOLAH DI KABUPATEN JEMBER

Gadget Use on Social and Language Development of Preschool Children in Jember Regency

Authors

  • Devi Khalisah Lestari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Resti Utami Universitas Muhammadiyah Jember
  • Zuhrotul Eka Yulis Anggraeni Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nikmatur Rohmah Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2278

Keywords:

Penggunaan Gadget, Perkembangan Sosial, Perkembangan Bahasa, Prasekolah

Abstract

Pendahuluan: Usia prasekolah menawarkan banyak peluang untuk tumbuh dan berkembang. Jika potensi ini tidak terpenuhi, pertumbuhan dan perkembangan akan terhambat. Banyak anak prasekolah saat ini tidak dapat bertahan hidup tanpa menggunakan teknologi secara teratur. Perkembangan sosial dan bahasa anak prasekolah pasti akan terpengaruh oleh gadget. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan bahasa pada anak prasekolah. Metode: Penelitian deskriptif cross-sectional ini dilakukan di Taman Kanak-kanak (TK) Yasmin dan TK Annuriyah di Kabupaten Jember. Data dikumpulkan dari 113 responden, usia 3-6 tahun, yang dipilih untuk penelitian ini menggunakan simple random selection. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji Sperman rho. Hasil: penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan bahasa (p-value 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi (r) 0,374). Kesimpulan: Penelitian ini menjelaskan bahwa penggunaan gadget dapat meningkatkan perkembangan sosial dan bahasa pada anak usia prasekolah. Perkembangan sosial dan bahasa anak usia prasekolah akan lebih baik apabila orang tuanya mendampingi penggunaan gadget secara bijak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Devi Khalisah Lestari, Universitas Muhammadiyah Jember

Departemen Keperawatan Anak

Resti Utami, Universitas Muhammadiyah Jember

Departemen Keperawatan Anak

Zuhrotul Eka Yulis Anggraeni , Universitas Muhammadiyah Jember

Departemen Keperawatan Anak

Nikmatur Rohmah, Universitas Muhammadiyah Jember

Departemen Keperawatan Anak

References

Ani, N. A., Saidah, Q. I., Anggoro, S. D., Huda, N., Widayanti, D. M., Priyantini, D., Nurhayati, C., & Nurlela, L. (2020). Use of Gadget in Relationship With Independence in Activities Daily Life in Childhood Preschool. Malaysian Journal of Nursing, 11(3), 47–52. https://doi.org/10.31674/mjn.2020.v11i03.008

Bresnahan, F. T. (2019). Francis T. Bresnahan School Parent Questionnaire For Preschool Screening.

Calorina, L., Pawito, & Prasetya, H. (2020). The Effect of Gadget Use on Child Development: A Path Analysis Evidence from Melawi, West Kalimantan. Journal of Maternal and Child Health, 5(1), 110–119. https://doi.org/10.26911/thejmch.2020.05.01.12

Farima, N., Timotin, A., & Lozan, O. (2023). Knowledge, Attitudes, and Practices of Parents Regarding the Use of Electronic Devices By Preschoolers. One Health and Risk Management, 4(3), 23–29. https://doi.org/10.38045/ohrm.2023.3.04

Fatmawati, F. A. (2023). The Impact of Gadget Use on Early Childhood in Suci Village, Manyar Sub-district. EDUTEC?: Journal of Education And Technology, 6(4). https://doi.org/10.29062/edu.v6i4.692

Kabali, H., MM, I., R, N.-D., Budacki JG, M. S., & Leister KP, B. R. J. (2015). Exposure and Use of Mobile Media Devices by Young Children. Pubmed, 136(6), 2015–2151. https://doi.org/10.1542/peds.2015-2151

Kaimudin, A., Maria, L., & Previta Zeisar Rahmawati. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Pra Sekolah Di PAUD Terpadu Omah Bocah Annafi’ Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. 07(02), 89–98.

Khiu, A. L., & Hamzah, H. (2018). Gadget usage: trends and its relationship with psychosocial adjustment among pre-schoolers in malaysia. International Journal for Studies on Children, Women, Elderly and Disabled, 5(2014), 93–99.

Kurniawati, N. N., & Sutharjana, I. M. (2023). The Influence of Gadgets on The Development of The Early-Age Learners’ Behavior and Character. International Journal of Multidisciplinary Sciences, 1(2), 159–171. https://doi.org/10.37329/ijms.v1i2.2321

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000–1010. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490

Ridwan, R., Utami, S., & Bangsawan, I. (2023). The Impact of Gadgets on Social-Emotional Development of Early Children During Covid-19 Pandemic. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 23. https://doi.org/10.26858/tematik.v9i1.43371

Rihlah, J., Shari, D., & Anggraeni, A. R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Di Masa Pandemi Covid- 19 Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Early Childhood?: Jurnal Pendidikan, 5(1), 45–55.

Roseberry, S., Kathy Hirsh-Pasek, & Golinkoff, R. M. (2014). Skype me! Socially Contingent Interactions Help Toddlers Learn Language. Bone, 85(3), 956–970. https://doi.org/10.1111/cdev.12166.Skype

Setiawati, E., Solihatulmillah, E., Cahyono, H., & Dewi, A. (2019). The Effect of Gadget on Children’s Social Capability. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012113

Siregar, I. S. (2022). Dampak Penggunaaan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Pada Anak Usia Dini Desa Siolip. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 140–153.

Syaodih, E. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini.

Zain, Z. M., Jasmani, F. N. N., Haris, N. H., & Nurudin, S. M. (2022). Gadgets and Their Impact on Child Development. Mcmc, 6. https://doi.org/10.3390/proceedings2022082006

Published

2024-10-30

How to Cite

Lestari, . . D. . K., Utami, R., Eka Yulis Anggraeni , Z. ., & Rohmah, N. . (2024). PENGGUNAAN GADGET DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA ANAK USIA PRASEKOLAH DI KABUPATEN JEMBER: Gadget Use on Social and Language Development of Preschool Children in Jember Regency. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 10(3), 498-503. https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2278