PENGARUH INTERVENSI SUPPORTIVE EDUCATIVE SYSTEM BERBASIS INTEGRASI SELF CARE MENURUT DOROTHEA OREM TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN STROKE
The Effect of Supportive Educative System Intervention Based on Self Care Integration According to Dorothea Orem on Stroke Prevention Efforts
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2283Keywords:
SUPPORTIVE EDUCATIVE, SELF CARE, UPAYA PENCEGAHAN STROKEAbstract
Pendahuluan : Pengetahuan tentang hipertensi dan penatalaksanaannya sangat diperlukan oleh pasien hipertensi dalam mengontrol tekanan darahnya dengan baik. Untuk itu kesadaran diri dalam melakukan perawatan dan pengontrolan diri yang tepat sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya komplikasi salah satunya stroke yang dapat menyebabkan kematian. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh intervensi supportive educative system berbasis integrasi self care menurut Dorothea oreme terhadap upaya pencegahan stroke.. Metode: Desain penelitian menggunakan pra-eksperimental dengan one-group pre-post test design. Variabel Independen yaitu intervensi supportive educative system berbasis integrasi self care dan variabel dependen yaitu upaya pencegahan stroke. Sampel sejumlah 36 pasien hipertensi di posyandu lansia wilayah kerja puskesmas Pumpungan dengan menggunakan purposive sampling. Intrumen yang digunakan kuesioner upaya pencegahan stroke. Data di olah dan di analisis menggunakan uji Wilcoxon siged Rank. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan dengan nilai P- value 0.000 lebih kecil dari level of significant ? 0,05 ( 0,000 < 0,05 ) berarti ada pengaruh intervensi supportive educative system berbasis integrasi self care menurut Dorothea oreme terhadap upaya pencegahan stroke. Kesimpulan: Adanya peningkatan upaya pencegahan stroke setelah diberikan intervensi supportive educative berbasis integrasi self care dikarenakan pengetahuan dan kesadaran bertambah untuk mencegah komplikasi penyakit. Self care yang baik akan meningkatan upaya pencegahan yang baik pula melalui pendekatan supportive educative.
Downloads
References
Ana, K. D., & Sulianto, B. (2018). Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Keluarga Tentang Self Care Pada Penderita Stroke. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 21–25.
Hamonangan, D. (2018). Hubungan Pengetahuan Penderita Hipertensi tentang Stroke dengan Perilaku Pencegahan Stroke di Puskesmas Helvetia Medan. Jurnal Keperawatan, 1(1), 73–84.
Herwanti, E., Sambriong, M., Kleden, S. S., Studi, P., Kupang, K., & Kemenkes, P. (2021). Efektifitas Edukasi Hipertensi Dengan Media Booklet Terhadap Perilaku Self Management Hipertensi Di Puskesmas Penfui Kota Kupang. 1(1), 5–11.
Khayudin, B. A. (2018). PERAWAT SAHABAT KELUARGA DENGAN PENDEKATAN NOLA J PENDER DI DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO. Jurnal Humanis, 2(2), 14–18.
Khayudin, B. A., & H.S, A. A. (2022). Pemberian Edukasi Rumah Sehat Pada Keluarga Binaan Dengan Pendekatan Kenyamanan Florence. Jurnal Makia, 4(1), 1–23.
Khayudin B.A, D. P. W. (2021). Penguatan Kesadaran Kesehatan Berbasis Masyarakat (SAHABAT 2019/2020). 5(1), 25–32.
Kurniati, M. F., & Alfaqih, M. R. (2020). PERBEDAAN SELF-CARE AGENCY BERDASARKAN TEORI DOROTHEA OREM ANTARA TIPE NUCLEAR FAMILY DAN AGING COUPLE FAMILY. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8487(2), 273–283.
Kurniati, M. F., & Efendi, Y. (2020). Self Care Agency Berdasarkan Dorothea Orem Pada Tahap Perkembangan Beginning Family Dan Child Bearing Family. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 3(2), 29–39.
Lukmawati, E., Wilandika, A., & Widianti, A. T. (2020). Pengaruh Supportive Educative Terhadap Self Care Pasien Hipertensi Pada Salah Satu Puskesmas Di Bandung. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 6(2), 1–7. https://doi.org/10.33867/jka.v6i2.124
Mare, A. C. B., & Manungkalit, M. (2022). Upaya Pencegahan Stroke pada Lansia melalui Penyuluhan Kesehatan dan Senam Anti Stroke. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1055. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.5407
Muflih, M., & Halimizami, H. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Gaya Hidup Dengan Upaya Pencegahan Stroke Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Desa Binjai Medan. Indonesian Trust Health Journal, 4(2), 463–471. https://doi.org/10.37104/ithj.v4i2.79
Nuridayanti, Anik, Makiyah, Nurul, R. (2018). Pengaruh Edukasi Terhadap Kepatuhan Minum Obat Penderita Hipertensi Di Pos Pembinaan Terpadu Kelurahan Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 6(1), 1–7.
Puri, A. M., & Setyawan, D. (2020). Gambaran Self Care Pada Pasien Pasca Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan Medikal Bedah, 3(1), 20. https://doi.org/10.32584/jikmb.v3i1.355
Safitri, W., & Agustin, W. R. (2020). Pengetahuan dengan Motivasi Pencegahan Stroke pada Penderita Hipertensi. Adi Husada Nursing Journal, 6(1), 45. https://doi.org/10.37036/ahnj.v6i1.160
Siregar, P. S., & Anggeria, E. (2019). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Kemampuan Perawatan Diri (Self Care) Pada Pasien Pasca Stroke Di Rsud Pirngadi Kota Medan. Jurnal Keperawatan Priority, 2(2), 70. https://doi.org/10.34012/jukep.v2i2.542
Sumarni, E., Mamlukah, M., Suparman, R., Ropii, A., Lukman, M., Jamaludin, J., & Sudrajat, C. (2021). Analisis Pengaruh Terapi Senam Anti Stroke Sebagai Upaya Non Farmakologi Menurunkan Tekanan Darah Pada Lanjut Usia (Lansia) Dengan Hipertensi Ringan. Journal of Public Health Innovation, 1(2), 133–141. https://doi.org/10.34305/jphi.v1i2.300
Suprayitno, E., & Damayanti, C. N. (2020). Intervensi Supportive Educative Berbasis Caring Meningkatkan Self Care Management Penderita Hipertensi. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 8(3), 460. https://doi.org/10.20527/dk.v8i3.9067
Sutini, T., & Emaliyawati, E. (2018). Pemberdayaan Masyarakat tentang Cara Perawatan Hipertensi dengan Menggunakan Manajemen Stress di Desa Ciganjeng Kabupaten Pangandaran. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 5(1), 19–23. http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/824258
Yaslina, Y., Murni, L., & Najwa, L. (2020). Hubungan Karakteristik Individu Dan Dukungan Sosial Dengan Perilaku Pencegahan Stroke Pada Masyarakat Diwilayah Kerja Puskesmas Gulai Bancah. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).