SMALL GROUP DISCUSSION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG MENSTRUAL HYGIENE DI SMP PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO
Small Group Discussion as an Effort to Increase Knowledge and Behaviour in Teenagers About Menstrual Hygiene at Al Fatimah Junior High School Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2288Keywords:
Keywords: Small group discussion, knowledge, attitude, female teenagers, Menstrual HygieneAbstract
Pendahuluan: Menstruasi biasanya dimulai antar usia 10 dan 16 tahun dan akan berakhir pada masa menopause yaitu 45-50 tahun. Melalui pendekatan SGD siswi diharapkan menjadi lebih aktif, berani untuk bertanya, dan lebih fokus terhadap apa yang diajarkan Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan dengan metode small group discussion terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang menstrual hygiene di SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro. Metode: Desain yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs (nondesigns). Populasi penelitian ini seluruh remaja putri di SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro sebanyak 348 siswi. Sampel dalam penelitian ini sebagian remaja putri kelas VIII di SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro sebanyak 112 siswi. Penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Variabel independent penelitian ini adalah Pendidikan kesehatan tentang menstrual hygiene metode small group discussion. Variabel dependent penelitian ini adalah pengetahuan dan sikap remaja putri tentang menstrual hygiene. Jenis instrumen adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test dan Chi-Square. Hasil: Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dari 112 responden didapat sebelum pemberian pendidikan kesehatan, sebagian besar (66,1%) dengan pengetahuan kurang tentang menstrual hygiene, sebelum pemberian pendidikan kesehatan, lebih dari sebagian (60,7%) dengan sikap positif tentang menstrual hygiene, sesudah pemberian pendidikan kesehatan, sebagian besar (66,1%) dengan pengetahuan cukup tentang menstrual hygiene, sesudah pemberian pendidikan kesehatan, sebagian besar (84,8%) dengan sikap positif tentang menstrual hygiene. Hasil penelitian bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian pendidikan kesehatan dengan metode small group discussion terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang menstrual hygiene di SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro. Kesimpulan: Diharapkan untuk penelitian selanjutnya menggunakan pendekatan kualitatif.
Downloads
References
Chandra-Mouli, Venkatraman, and Sheila Vipul Patel. 2017. “Mapping the Knowledge and Understanding of Menarche, Menstrual Hygiene and Menstrual Health among Adolescent Girls in Low- and Middle-Income Countries.” Reproductive Health 14(1): 1–16. doi:10.1186/s12978-017-0293-6.
Hasibuan, and Moedjiono. 2015. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. “Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan.” Jakarta: rineka cipta 193.
Rahayu, Astuti Wulandari Dewi, and Afi Lutfiyati. 2022. “Pengetahuan Berhubungan Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Di SMPN 3 Tempel Sleman.” Jurnal Indonesia Sehat 1(1): 15–20.
Sinaga, Ernawati, Nonon Saribanon, Suprihatin, Nailus Sa’adah, Salamah Ummu, Yulia Andani Murti, Agusniar Trisnamiati, and Santa Lorita. 2017. Manajemen Kesehatan Menstruasi. Jakarta: Universitas Nasional IWWASH Global One.
Widyastuti, Y, A Rahmawati, and Y E Purnamaningrum. 2018. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya.
Wiknjosastro, Hanifa. 2018. Ilmu Kandungan. Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).