HUBUNGAN KEJADIAN BULLYING DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMP SWADAYA KESAMBEN

The Relationship Between Bullying Incidents and Learning Achievement in Students at SMP Swadaya Kesamben

Authors

  • Fadiah Septi Oktaviani Mahasiswa
  • Sestu Retno Dwi Andayani
  • Rinda Resti Amalia

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2324

Keywords:

Bullying, Prestasi Belajar

Abstract

Pendahuluan: Fenomena bullying kembali terulang di dunia pendidikan Indonesia, seolah-olah bullying sudah menjadi kebiasaan di sekolah dan sudah menjadi hal yang lumrah terjadi. Kasus kekerasan yang terjadi di sekolah menduduki peringkat teratas pengaduan masyarakat ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), tercatat sebanyak 26 ribu kasus pengaduan terkait masalah bullying dari tahun 2011 sampai September 2017 (KPAI, 2017). Kejadian bullying menyebabkan terganggunya kognitif pada korban yang berpengaruh terhadap terganggunya kosentrasi belajar dan kinerja pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada prestasi belajar korban. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan cross-sectional dengan desain penelitian prospektif non eksperimental. Teknik pengambilan sampel adalah Stratified Random Sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dengan uji Spearman. Hasil: Hasil statistik yang didapatkan dengan P value 1.000 (>0,05) yang merupakan P-value yang lebih dari 0,05 menunjukkan bahwa H0 diterima. Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara perilaku bullying dengan prestasi belajar peserta didik SMP Swadaya Kesamben dibuktikan dengan pelaku bullying yang mendapatkan nilai baik hampir seluruhnya dan tidak satupun pelaku yang mendapatkan nilai cukup, selain itu hampir seluruhnya korban mendapatkan nilai baik dan tidak satupun korban mendapatkan nilai cukup. Pada uji statistik yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil yang diamati tidak ada bukti yang cukup kuat untuk menyimpulkan bahwa terdapat efek atau hubungan yang signifikan secara statistik antara bullying dengan prestasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahiruddin, A., Rasyid, H. and Prasetyo, R.D. (2023) ‘Pengaruh Layanan Konseling Kelompok pada Perilaku Korban Perundungan di SMK Negeri 1 Bogor’, Journal on Education, 5(2), pp. 5095–5101. Available at: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1246.

Ali, A.C.P. (2022) ‘Fenomena Bullying Siswa Dan Upaya Penanganannya’, Bimbingan dan Konseling, 1, p. 10. Available at: http://eprints.unm.ac.id/25310/1/jurnal Aulia.pdf.

Amalia, R. et al. (2024) ‘The Effect of Anti Bullying Character Education on Mental Health of Students at SMP Khoiriyah Sumobito’, Scientific Journal of Nursing, 10(2), pp. 416-420. Available at: https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jikep/article/view/2181/1128

Azizah, S., Adha, M.M. and Putri, D.S. (2023) ‘Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa’, De Cive?: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(3), pp. 69–78. Available at: https://doi.org/10.56393/decive.v3i3.1572.

Dachi, O. and Telaumbanua, B. (2022) ‘Peran Guru Mendampingi Siswa Korban Bullying’, SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 15(2), pp. 99–105. Available at: https://doi.org/10.36588/sundermann.v15i2.82.

Diannita, A. et al. (2023) ‘Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama’, Journal of Education Research, 4(1), pp. 297–301. Available at: https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.117.

Fariz, I.F., Darmayanti, A. and Atikah, C. (2023) ‘90.+Jurnal+PENGARUH+BULLYING+TE+1702-1707’, 4(2007), pp. 1702–1707.

Firmansah, M.I. et al. (2021) ‘Upaya Penanganan Bullying Melalui Pendidikan Karakter’. Available at: https://repository.upnvj.ac.id/14740/.

Firmansyah, F.A. (2022) ‘Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar’, Jurnal Al-Husna, 2(3), p. 205. Available at: https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590.

Psikologi, P.S., Kedokteran, F. and Udayana, U. (2014) ‘Hubungan Antara Tindakan Bullying dengan Prestasi Belajar Anak Korban Bullying pada Tingkat Sekolah Dasar Ida Ayu Surya Dwipayanti dan Komang Rahayu Indrawati’, 1(2), pp. 251–260.

Rahman, H. et al. (2023) ‘Analisis Dampak Perilaku Bullying terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Tingkat Madrasah Ibitidaiyah dan Sekolah Dasar’, Journal on Education, 6(1), pp. 2374–2382. Available at: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3259.

Rujiani (2018) ‘Pendidikan Karakter Untuk Meminimalisir Bullying Verbal Pada Generasi Milenial’, Jurnal Pendidikan Dasar?: Jurnal Tunas Nusantara, 01(01), pp. 33–42.

Shidiqi, M.F. and Suprapti, V. (2013) ‘Pemaknaan Bullying pada Remaja Penindas (The Bully)’, Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 2(2), pp. 90–98. Available at: http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpksd3ed32a0002full.pdf.

Sulisrudatin, N. (2014) ‘Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi)’, Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2), pp. 57–70. Available at: https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109.

Syilfa Nirwana (2024) ‘Pengaruh Bullying terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), pp. 130–142. Available at: https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3126.

Taufik, I. (2019) ‘Pentingnya Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Perilaku Bullying’, Prosiding Seminar Nasional PGSD, (April), p. 286.

Zakiyah, E.Z., Humaedi, S. and Santoso, M.B. (2017) ‘Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying’, Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), pp. 324–330. Available at: https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352.

Published

2024-10-30

How to Cite

Oktaviani, F. S. ., Andayani, S. R. D. ., & Amalia, R. R. . (2024). HUBUNGAN KEJADIAN BULLYING DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMP SWADAYA KESAMBEN: The Relationship Between Bullying Incidents and Learning Achievement in Students at SMP Swadaya Kesamben. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 10(3), 636-642. https://doi.org/10.33023/jikep.v10i3.2324