Analisis hubungan kepuasan pasien dengan kualitas pelayanan di puskesmas kabupaten Banyumas

Analysis of the relationship between patient satisfaction and service quality at community health centers in banyumas district

Authors

  • Indi Ragil Widiatmini Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dedy Purwito Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v11i1.2485

Keywords:

Puskesmas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan

Abstract

Pelayanan Puskesmas dikatakan berkualitas jika memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. Pelayanan kesehatan yang efisien, terpadu, adil, tepat waktu, berpusat pada masyarakat, dan aman, maka pelayanan yang berkualitas dapat tercapai. Kepuasan pasien merupakan indikator pertama dari standar pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien dengan kualitas pelayanan. Penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Responden sebanyak 180 pasien di Puskesmas Purwokerto Selatan dan Baturaden II, dipilih melalui insidental sampling. Variabel independen adalah kualitas pelayanan, sementara variabel dependen adalah kepuasan pasien. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas. Mayoritas pasien menyatakan bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas tergolong baik. Sejalan dengan itu, tingkat kepuasan pasien juga tinggi, responden menyatakan puas terhadap pelayanan yang diterima. Terdapat hubungan signifikan antara kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas. Pasien yang menerima pelayanan dengan kualitas baik cenderung lebih puas dibandingkan mereka yang mendapatkan pelayanan dengan kualitas cukup. Faktor-faktor seperti aksesibilitas, kenyamanan, sikap petugas, dan komunikasi memiliki peran penting dalam membentuk persepsi pasien terhadap pelayanan kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrioza, S., & Baidillah, I. (2021). Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sepatan. Journal of Nursing Practice and Education, 1(2), 169–180. https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i2.305

Aini, R., Semiarty, R., Gusta Anggraini Nursal, D., Andalas, U., Perintis Kemerdekaan, J., Timur, P., & Padang, K. (2021). Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Terakreditasi Di Kota Padang (Vol. 6).

Almutairi, K. M. (2017). Satisfaction of Patients Attending in Primary Healthcare Centers in Riyadh, Saudi Arabia: A Random Cross-Sectional Study. Journal of Religion and Health, 56(3), 876–883. https://doi.org/10.1007/s10943-016-0268-x

Aprilia, D. (2016). Penerapan Metode Forecast Exponential Smoothing pada Jumlah Pasien Puskesmas.

Butar-Butar, J., Simamora, R. H., Rsud, P., Kabupaten, P., Tengah, T., Fakultas, D., Universitas, K., & Utara, S. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. In Jurnal Ners Indonesia (Vol. 6, Issue 1).

Eninurkhayatun, B., Suryoputro, A., Yunila Fatmasari Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, E., & Kesehatan Masyarakat, F. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017 (Vol. 5). http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm

Faridah1yati, I., Hasan Basri3, A., Faridah, S., Kep, M., Kes, D., Stikes, Y., Tangerang, 2prof, Afiyanti, Y., Kp, S., Universitas, D., 3m, I., Basri, H., & Tangerang, S. Y. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Periuk Jaya Tahun 2020. 9(2). https://doi.org/10.37048/kesehatan.v9i2.280

Insani, K. N., & Purwito, D. (2020). Persepsi Tenaga Kesehatan Tentang Praktik Kolaboratif di Puskesmas Bojong Kabupaten Purbalingga.

Irawan, B., Kurnia, R. A., Sitanggang, E. D., & Achmady, S. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan. Jurnal Keperawatan dan Fisioterapi (JKF), 3(1), 58–64. https://doi.org/10.35451/jkf.v3i1.522

Maarif, I., Haeruddin, & Sumiaty. (2023). Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Pasien. Journal of Muslim Community Health (JMCH) 2023, 4(2), 79–88. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i2.1206

Nurfaiza, H., & Purwito, D. (2022). Primary Health Care Services During Pandemic. Proceedings Series on Health & Medical Sciences, 3, 94–97. https://doi.org/10.30595/pshms.v3i.626

Profil Kesehatan Jawa Tengah. (2022).

Profil Kesehatan Kabupaten Banyumas. (2022).

Putri, O., Winarti, R., Program Studi Ners STIKES Widya Husada Semarang, W., Subali Raya No, J., & -Semarang, K. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS. In Jurnal Ners Widya Husada (Vol. 5, Issue 2).

Radne, I., & Putri, R. (2018). The Correlation Between the Quality of Nursing Servce And Patient satisfaction Using BPJS at Panembahan Senopati Hospital, Bantul. In | 63 Indonesian Journal of Hospital Administration (Vol. 1, Issue 2).

Sari, L. N., Erpidawati, & Susanti, E. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan pasien.

Shabri, I. Y., Nugraha, T., & Syamsul, D. (2019). Analisi Persepsi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Aek Loba Kabupaten Asahan.

Tawalujan, T. W., Korompis, G. E. C., & Maramis, F. R. R. (2018). Hubungan Antara Status Akreditasi Puskesmas Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Kota Manado. In Jurnal KESMAS (Vol. 7, Issue 5).

Utami, Y. T. (2018). Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di UPTD Puskesmas Penumping Surakarta. In infokes (Vol. 8, Issue 1).

Wardiah, R. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD dr. Rasidin Padang.

Yuliani, U. (2015). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD DR. Sayidiman Magetan.

Published

2025-03-15

How to Cite

Widiatmini, I. R., & Purwito, D. (2025). Analisis hubungan kepuasan pasien dengan kualitas pelayanan di puskesmas kabupaten Banyumas: Analysis of the relationship between patient satisfaction and service quality at community health centers in banyumas district. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 11(1), 84-89. https://doi.org/10.33023/jikep.v11i1.2485