Memahami konsep infark miokard akut melalui media video pembelajaran

Understanding the concept of acute myocardial infarction through video learning media

Authors

  • Rachmat Choeron Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
  • Wahyu Dini Metrikayanto Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2492

Keywords:

konsep infark miokard akut, penetahuan, video pembelajaran

Abstract

Dalam metode pembelajaran konvensional, media pembelajaran yang lazim digunakan untuk pembelajaran orang dewasa ialah power point. Demikian saat dosen mengajarkan konsep Infark Miokard Akut (IMA) dalam perkuliahan, media power point menjadi pilihan utama. Namun, saat ini peserta didik masuk pada generasi Z. Generasi Z memiliki gaya belajar yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi Z lebih suka media pembelajaran dalam bentuk audio visual (video). Tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan efektivitas media video pembelajaran terhadap pemahaman konsep IMA pada mahasiswa keperawatan. Penelitian ini menggunakan desain one group pre-post test design dengan populasi target mahasiswa keperawatan. Sampel sebanyak 49 orang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independen pada penelitian ini adalah video pembelajaran dan variabel dependen pada penelitian ini adalah pengetahuan tentang konsep IMA. Data dikumpulkan menggunakan lembar test dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan ?=0,05. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media video pembelajaran sangat efektif dalam membentuk pemahaman mahasiswa keperawatan terhadap konsep IMA. Media video dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar mahasiswa, sehingga dapat mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Penting bagi dosen untuk menggali karakteristik peserta didik dan terus berkreasi dalam membuat media pembelajaran yang tepat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdiat, A. (2024). Media Sosial Favorit Gen Z dan Milenial Indonesia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2024/09/24/media-sosial-favorit-gen-z-dan-milenial-indonesia#:~:text=Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa,09%25) sering mengakses Facebook.

AIPNI. (2021). Kurikulum Pendidikan Ners Indonesia 2021. Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia.

Alawiyah, P., & Santoso, B. (2021). Video pembelajaran sebagai alternatif dalam meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(2), 157–176. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Amriani, E. A., Nurhikmawati, & Maricar, F. (2024). Karakteristik Infark Miokard Akut Pada Usia Muda. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 2996–3005.

Ardhianti, F. (2022). Prosiding TEP & PDs?: Efektifitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 5–8. https://core.ac.uk/download/pdf/267023793.pdf

Barangkau, Salsabila, A., Darwis, N., & Yammar. (2023). Faktor Risiko Kejadian Infark Miokard Akut di RSUD Lamaddukelleng. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3124–3131.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Harahap, K. G., & Pradana, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 6(3), 17218–17223. https://doi.org/10.55352/edu.v1i2.571

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI?: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Mardatillah, A., Putri, H., Nadia, Tanjung, N. K., & Ungu, E. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 98–105.

Masdar, A. K. C., Nadira, L., Murnika, Y., & Wismanto. (2024). Pemilihan Media Pembelajaran Yang Tepat Untuk Meningkatkan Hasil Pencapaian Belajar Peserta Didik. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 76–85. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i3.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA?: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35. https://media.neliti.com/media/publications/17286-ID-membuat-media-pembelajaran-yang-menarik.pdf

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Prastica, Y., Hidayat, M. T., Ghufron, S., & Akhwani, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3260–3269. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1327

Putri, H. S., Luthfy, P. A., & Karmila, M. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Dengan Tema Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Untuk Anak Usia Dini. Incrementapedia?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 39–49. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no2.a8229

Rahayningsih, P., Hidayah, W., Primar, C. N., & Nurmelia. (2022). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Education Journal: Penelitian Ibnu Rusyd Kotabumi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7

Rahmawati, A. (2022). Kelebihan Dan Kekurangan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 1–8.

Rahmawati, R., Khaeruddin, & Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163

Rofi’i, A., Nurhidayat, E., & Santoso, E. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1589–1594. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4010

Sidabutar, A. P., Asari, N. A., Ramadhania, J. A., Balqis, T. L., Pulungan, N. A., Siagian, L., & Rachman, F. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif dalam Mengatasi Permasalah Belajar Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 35 Percut Sei Tuan. Pancasila and Civics Education Journal, 2(3), 15–20. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx

Sungkono. (2008). Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4(1), 71–80.

Urba, M., Ramadhani, A., Afriani, A. P., & Suryanda, A. (2024). Generasi Z: Apa Gaya Belajar yang Ideal di Era Serba Digital? DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 50–56. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2265

Wasiyah, Mariati, Fitriana, Y., & Bakara, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Aktivitas Mengajar Guru di Kelas. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 205–212. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.227

Wibawa, N. A. K., & Rahadiyan, T. (2023). Akurasi Simplified Clinical Electrocardiogram Score Sebagai Prediktor Rehospitalisasi Dan Mortalitas Pasien Infark Miokard Akut Yang Di Rawat Di Rsud Raden Mattaher Provinsi Jambi Periode 2019-2021. Electronic Journal Scientific of Environmental Health And Disease, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.22437/esehad.v4i1.29335

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yusnidah, Y. (2022). Pengembangan Media Animasi Pada Pembelajaran Elektronika Siswa SMK. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 05(03), 315–325. https://doi.org/10.17977/um038v5i32022p315

Published

2025-06-02

How to Cite

Choeron, R., & Metrikayanto, W. D. . (2025). Memahami konsep infark miokard akut melalui media video pembelajaran: Understanding the concept of acute myocardial infarction through video learning media. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 11(2), 171-176. https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2492