Pengembangan media pembelajaran: Squishy sebagai alternatif alat peraga payudara pada kegiatan praktikum
Learning media development: Squishy as an alternative to breast demonstration tool in practical activities
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v11i1.2499Keywords:
Alat peraga payudara, media pembelajaran, squishyAbstract
Media pembelajaran merupakan salah satu alat komunikasi yang bertujuan untuk memperlancar proses pembelajaran dan mengoptimalkan efisiensi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Squishy dapat dikembangkan menjadi alat peraga payudara alternatif dalam kegiatan praktikum di laboratorium keperawatan. Peneliti menggunakan metode Research and Development atau Research and Development (R&D), pengembangan yang akan dilakukan peneliti adalah pengembangan produk yang sudah ada dengan inovasi baru. Peneliti menggunakan rancangan Skema Borg and Gall Steps, yaitu Penelitian dan Pengumpulan Data, untuk Diseminasi dan Implementasi. Hasil penelitian kuantitatif adalah (1) Squishy sebagai alternatif alat peraga payudara, (2) validitas alat peraga payudara yang meliputi ahli materi sangat valid, dan ahli media cukup valid, dengan nilai rata-rata uji ahli sangat valid. Sedangkan dari hasil uji coba lapangan, penilaian mahasiswa sangat baik, dan dosen baik. Secara kualitatif diperoleh 3 tema yaitu (1) Media Pendukung Proses Pembelajaran, (2) Bentuk dan Standar Payudara: Fisiologis dan Patologis, (3) Ekonomis dan Efisien. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Squishy dapat digunakan sebagai salah satu alternatif alat peraga payudara dalam kegiatan belajar mengajar di laboratorium dan dapat membantu pencapaian tujuan pembelajaran.
Downloads
References
Al-Adawiyah, R., & Syamsudin, H. (2008). Agar Ngampus Tak Sekadar Status. Surakarta: Indiva Media Kreasi.
Amelia.(2018). Diakses dari https://lifestyle.okezone.com/read/2018/09/04/481/1945626/bahaya-squishy-bagi-kesehatan-yang-tak-kamu-sadari pada tanggal 05 April 2019.
Anonymous (2015). Diakses dari https://www.ayahbunda.co.id/balita-bermain-permainan/apa-manfaat-squishy-buat-anak- pada tanggal 05 April 2019
Anonymous (2017). Diakses dari http://tipslime.blogspot.com/2017/07/apa-itusquishy-sudah-pernah-dengar-tapi.html pada tanggal 05 April 2019.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Fuad, M.Z. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berintregasi Life Skills Pada Materi Bangun Ruang. Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan, tahun 2013.
Gagne, R.M., (1970). The Conditions of Learning (2th Edition) New York: Rinchart and Winston.
Gall, M., Gall, J., & Borg, R. (2007). Educational research: An introduction (8th ed.). New York, NY: Pearson Education.
KEMENKES. (2010). Standar laboratorium perekam medis dan informasi kesehatan pendidikan tenaga kesehatan. Jakarta: Badan PPSDM Kesehatan Pusat Pelatihan Tenaga Kesehatan.
Kodiyah, N., Herawati, D. D., Lestari, B. W., Husin, F., Wirakusumah, F. F., & Setiawati, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Asuhan Persalinan. Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care), 2(3), 58-66.
Musfiqon, H. (2012). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Naido P., Smuts B., Classens M,. et al. (2010). Operational research to improve health services: a guide for proposal development; Decsmont Tutu TB Centre.
Sukmadinata, Nana Syaodih, N.S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nursalam, dan Efendi, F., (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Rorimpandey, M., Wantania, J., & Mayulu, N. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, Akses Informasi Dan Dukungan Keluarga Dengan Tindakan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Wanita Usia Subur Di Kecamatan Tuminting. Community Health, 1(3).
Sanaky, H.A., (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Santyasa, I.W., (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Fakultas Pendidikan Matematika dan Iilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha.
Silalahi, A. (2018). Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. State University of Medan: Citations.
Slamet, S. (2007). Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Pendekatan Experiential Learning Sebagai Upaya Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA di SMK Negeri 3 Purwokerto. Tesis: Surakarta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini & Fathurrohman, M., (2012). Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Suryani, N & Agung, S. L., (2012). Desain Intruksional Modern. Jakarta: Erlangga.
Suryani, N. dkk. (2018). Media Pengembangan Inovatif dan Pengembangannya; edisi I. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zulkifli. Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Konsep Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Universitas Islam Negeri Jakarta, Vol. 2 No.4 Tahun 2010:42-55
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).