Pengembangan media pembelajaran: Squishy sebagai alternatif alat peraga payudara pada kegiatan praktikum

Learning media development: Squishy as an alternative to breast demonstration tool in practical activities

Authors

  • Aminatul Fitri Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Putra Mulia
  • Eka Febriyanti
  • Trivini Valencia

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v11i1.2499

Keywords:

Alat peraga payudara, media pembelajaran, squishy

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu alat komunikasi yang bertujuan untuk memperlancar proses pembelajaran dan mengoptimalkan efisiensi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Squishy dapat dikembangkan menjadi alat peraga payudara alternatif dalam kegiatan praktikum di laboratorium keperawatan. Peneliti menggunakan metode Research and Development atau Research and Development (R&D), pengembangan yang akan dilakukan peneliti adalah pengembangan produk yang sudah ada dengan inovasi baru. Peneliti menggunakan rancangan Skema Borg and Gall Steps, yaitu Penelitian dan Pengumpulan Data, untuk Diseminasi dan Implementasi. Hasil penelitian kuantitatif adalah (1) Squishy sebagai alternatif alat peraga payudara, (2) validitas alat peraga payudara yang meliputi ahli materi sangat valid, dan ahli media cukup valid, dengan nilai rata-rata uji ahli sangat valid. Sedangkan dari hasil uji coba lapangan, penilaian mahasiswa sangat baik, dan dosen baik. Secara kualitatif diperoleh 3 tema yaitu (1) Media Pendukung Proses Pembelajaran, (2) Bentuk dan Standar Payudara: Fisiologis dan Patologis, (3) Ekonomis dan Efisien. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Squishy dapat digunakan sebagai salah satu alternatif alat peraga payudara dalam kegiatan belajar mengajar di laboratorium dan dapat membantu pencapaian tujuan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Adawiyah, R., & Syamsudin, H. (2008). Agar Ngampus Tak Sekadar Status. Surakarta: Indiva Media Kreasi.

Amelia.(2018). Diakses dari https://lifestyle.okezone.com/read/2018/09/04/481/1945626/bahaya-squishy-bagi-kesehatan-yang-tak-kamu-sadari pada tanggal 05 April 2019.

Anonymous (2015). Diakses dari https://www.ayahbunda.co.id/balita-bermain-permainan/apa-manfaat-squishy-buat-anak- pada tanggal 05 April 2019

Anonymous (2017). Diakses dari http://tipslime.blogspot.com/2017/07/apa-itusquishy-sudah-pernah-dengar-tapi.html pada tanggal 05 April 2019.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Fuad, M.Z. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berintregasi Life Skills Pada Materi Bangun Ruang. Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan, tahun 2013.

Gagne, R.M., (1970). The Conditions of Learning (2th Edition) New York: Rinchart and Winston.

Gall, M., Gall, J., & Borg, R. (2007). Educational research: An introduction (8th ed.). New York, NY: Pearson Education.

KEMENKES. (2010). Standar laboratorium perekam medis dan informasi kesehatan pendidikan tenaga kesehatan. Jakarta: Badan PPSDM Kesehatan Pusat Pelatihan Tenaga Kesehatan.

Kodiyah, N., Herawati, D. D., Lestari, B. W., Husin, F., Wirakusumah, F. F., & Setiawati, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Asuhan Persalinan. Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care), 2(3), 58-66.

Musfiqon, H. (2012). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Naido P., Smuts B., Classens M,. et al. (2010). Operational research to improve health services: a guide for proposal development; Decsmont Tutu TB Centre.

Sukmadinata, Nana Syaodih, N.S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nursalam, dan Efendi, F., (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Rorimpandey, M., Wantania, J., & Mayulu, N. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, Akses Informasi Dan Dukungan Keluarga Dengan Tindakan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Wanita Usia Subur Di Kecamatan Tuminting. Community Health, 1(3).

Sanaky, H.A., (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Santyasa, I.W., (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Fakultas Pendidikan Matematika dan Iilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha.

Silalahi, A. (2018). Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. State University of Medan: Citations.

Slamet, S. (2007). Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Pendekatan Experiential Learning Sebagai Upaya Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA di SMK Negeri 3 Purwokerto. Tesis: Surakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini & Fathurrohman, M., (2012). Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N & Agung, S. L., (2012). Desain Intruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Suryani, N. dkk. (2018). Media Pengembangan Inovatif dan Pengembangannya; edisi I. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zulkifli. Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Konsep Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Universitas Islam Negeri Jakarta, Vol. 2 No.4 Tahun 2010:42-55

Published

2025-03-24

How to Cite

Fitri, A. ., Mulia, P. ., Febriyanti, E. ., & Valencia, T. . (2025). Pengembangan media pembelajaran: Squishy sebagai alternatif alat peraga payudara pada kegiatan praktikum: Learning media development: Squishy as an alternative to breast demonstration tool in practical activities. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 11(1), 90-100. https://doi.org/10.33023/jikep.v11i1.2499