Peran Cognitive Behavioral Therapy (CBT) terhadap motivasi berhenti merokok pada siswa SMK
The role of Cognitive Behavioral Therapy (CBT) on smoking cessation motivation among vocational school students
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2507Keywords:
Cognitive Behavioral Therapy (CBT), Smoking Cessation Motivation, Vocational School StudentsAbstract
Perilaku merokok di kalangan remaja merupakan isu kesehatan masyarakat yang semakin mengkhawatirkan, dengan jumlah terus mengalami kenaikan. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Cognitive Behavioral Therapy (CBT) terhadap motivasi berhenti merokok pada siswa SMK PGRI 2 Giri Banyuwangi. Metode menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan pendekatan one group pre-test post-test, melibatkan 30 siswa laki-laki perokok aktif. Intervensi CBT dilakukan dalam lima sesi, yang mencakup psikoedukasi mengenai bahaya merokok dan teknik CBT untuk mengubah pola pikir negatif. Motivasi berhenti merokok diukur sebelum dan setelah intervensi menggunakan kuesioner yang telah divalidasi. Hasil sebelum intervensi, 86.8% responden memiliki motivasi rendah, sedangkan setelah intervensi, proporsi siswa dengan motivasi tinggi meningkat menjadi 92.4%. Analisis statistik uji Wilcoxon menunjukkan p value <0,001, yang mengindikasikan perbedaan signifikan dalam motivasi sebelum dan setelah intervensi CBT. CBT efektif dalam meningkatkan motivasi berhenti merokok di kalangan remaja. Peningkatan motivasi ini diharapkan dapat membantu siswa lebih berkomitmen untuk menghentikan kebiasaan merokok mereka. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk mengembangkan program pencegahan merokok yang lebih efektif di sekolah, dengan melibatkan dukungan sosial dari keluarga dan teman.
Downloads
References
Abadiah, N. D., & Purba, H. P. (2022). Efektivitas Komunikasi Persuasi Melalui Penggunaan Gambar Dampak Positif Berhenti Merokok untuk Meningkatkan Motivasi Berhenti Merokok. Jurnal Sains Psikologi, 11(1), 25–33. https://doi.org/10.17977/um023v11i12022p25-33
Amalia, F., Ngasu, K. E., & Sari, D. N. P. (2025). Tingkat Pengetahuan Dengan Motivasi Berhenti Merokok. Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan Hubungan, 3(1), 36–43. https://doi.org/https://doi.org/10.59435/gjik.v3i1.1204
Atika, R., Annisa, & Erawati, D. (2024). Konseling Individu Pendekatan Cognitive Behaviour Therapy Untuk Mengurangi Perilaku Menyimpang Pada Kasus Minuman Beralkohol dan Merokok Pada Remaja. Abdiraja, 7(2), 101–112. https://doi.org/https://doi.org/10.24929/adr.v7i2.3666
Atmodjo, J. T., Soemanto, R., & Murti, B. (2017). Determinants of Successful Smoking Cessation in Surakarta. Journal of Health Promotion and Behavior, 02(04), 332–344. https://doi.org/10.26911/thejhpb.2017.02.04.05
Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi. (2022). Profil Kesehatan Kabupaten Banyuwangi. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://dinkes.banyuwangikab.go.id/portal/wp-content/uploads/2024/01/PROFIL-KESEHATAN-KAB-BANYUWANGI-THN-2022-final.pdf
Firmansyah, A. S., Putri, I. S., & Solfianita, M. D. (2024). Pengaruh informasi kesehatan reproduksi dalam mengurangi kebiasaan merokok pada remaja putri. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(7), 498–506.
Handayani, E. S., & Prasetia, M. E. (2019). Cognitive Behaviour Therapy Untuk Mengurangi Perilaku Merokok Pada Remaja Awal Di Panti Asuhan XX di Banjarmasin. Journal Al-Ikhlas, 5(1), 20–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v5i2.2365
Haryanto, H. P. (2024). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Merokok Pada Remaja. Indonesian Journal of Business Innovation, Technology and Humanities (IJBITH), 1(1), 130–139.
Kementrian Kesehatan RI. (2023). Riset Kesehatan Dasar.
Maki, E. C., Mantjoro, E. M., & Asrifuddin, A. (2022). Hubungan lingkungan pergaulan dengan perilaku merokok pada remaja di Desa Karumenga Kecamatan Langowan Utara. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 1192–1198. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4134
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 5. Salemba Medika.
Nwosu, N. C., Ede, M. O., Onah, N. G., Ekwueme, H. U., Obumse, N. A., Amoke, C. V., Chukwu, C. L., Onah, S. O., Amadi, K., Ezurike, C. A., & Oneli, J. O. (2022). Cognitive behavioral therapy for challenges to quitting tobacco smoking among social science and religion students. Medicine (United States), 101(47), E31913. https://doi.org/10.1097/MD.0000000000031913
Pardi, & Wahyuni, E. (2024). Konseling Kognitif-Behavioral-Terapi (CBT) Mengatasi Perilaku Remaja Yang Marah. JCS: Journal of Comprehensive Science, 3(11), 5083–5090. https://doi.org/10.37202/kmmr.2024.29.2.1
Ramadhini, S. P., Etrawati, F., Rahmawaty, A., & Afifah, N. (2025). Pola Interaksi Sosial dan Perilaku Merokok di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Pertama. Psyche 165 Journal, 18(1), 31–40. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v18i1.465
Reskiaddin, L. O., & Supriyati, S. (2021). Proses Perubahan Perilaku Berhenti Merokok: Studi Kualitatif Mengenai Motif, Dukungan Sosial dan Mekanisme Coping. Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 3(1), 58–70. https://doi.org/10.47034/ppk.v3i1.4142
Rizky, M., Netrawati, & Karneli, Y. (2022). Efektifitas Pendekatan Cognitive behavioral therapy (CBT) untuk Mengatasi Depresi. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 265–280. https://doi.org/https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.748
Siregar, T. A., & Lesmana, G. (2023). The Effect of Individual Counseling with the Cognitive Behavior Approach in Reducing the Smoking Behavior of Students of SMP Negeri 6 Medan. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 3(2), 65–69. https://doi.org/10.56495/jrip.v3i2.355
Suwanto, I. (2020). Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Teknik Bibliotherapy Sebagai Intervensi dalam Konseling Kelompok. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 4(1), 43–47. https://doi.org/10.31100/jurkam.v4i1.479
Thahir, A., & Oktaviana, D. (2016). Pendekatan Konseling Behavior dengan Teknik Self Control untuk Mengurangi Kebiasaan Merokok pada Peserta Didik di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 03(1), 29–40. https://doi.or
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).