Pemberian edukasi tindakan operasi untuk menurunkan kecemasan pasien pre operasi sectio caesarea

The effect of surgical procedures education in reducing pre-operative anxiety of cesarean section patients

Authors

  • Fitri Arumdani Mei Kumala Sari Instalasi Bedah Sentral, Primaya Hospital Semarang, Jawa Tengah ; Universitas Karya Husada Semarang
  • Fery Agusman Motuho Mendrofa Program Studi S1 Keperawatan, Universitas Karya Husada Semarang, Jawa Tengah
  • Gagah Satria Hendrawan RSUD Banyumas

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2552

Keywords:

Edukasi, Kecemasan, Pre Operasi, Sectio Caesarea, Video

Abstract

Kecemasan pasien pre operasi sectio caesaera yang tidak ditangani dapat menjadi penyulit terhadap pelaksanaan operasi. Edukasi menggunakan video mampu memberikan efek penurunan kecemasan lebih baik daripada menggunakan media verbal atau cetak. Studi menunjukkan bahwa observasi terhadap 5 pasien, seluruhnya memiliki kecemasan yang tinggi. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh edukasi tindakan operasi melalui video dalam menurunkan kecemasan pasien pre operasi sectio caesarea di salah satu rumah sakit swasta di Kota Semarang. Studi pre-eksperimental ini menggunakan desain pre-posttest without control group. Sebanyak 30 pasien pre operasi sectio caesarea dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Video edukasi tindakan operasi telah melalui tahapan penilaian sehingga layak untuk digunakan dalam penelitian ini, sementara kecemasan pasien diukur menggunakan The Amsterdam Preoperative Anxiety and Information Scale (APAIS). Analisis menggunakan uji paired sample t-test yang didasarkan pada distribusi data yang normal. Hasil menunjukkan adanya penurunan rerata kecemasan pasien pre operasi sectio caesarea setelah pemberian edukasi. Terdapat perbedaan yang signifikan edukasi tindakan operasi melalui video terhadap kecemasan pada pasien pre operasi sectio caesarea. Edukasi tindakan operasi terbukti dapat menurunkan kecemasan pada pasien pre operasi sectio caesarea. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengontrol variabel riwayat kehamilan dan persalinan, riwayat operasi, dan indikasi persalinan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dana, A. A. A. P., Parami, P., Putra, K. A. H., & Hartawan, I. G. A. G. U. (2024). Risk Factors of Perioperative Anxiety Levels in Sectio Caesarea Patients: A Cross-Sectional Study in Single Center, Bali, Indonesia. Scientia Psychiatrica, 6(1), 634–647. https://doi.org/10.37275/scipsy.v6i1.181

Elkalashy, R. A. E. G., & Masry, S. E. (2019). The Effect of Preoperative Educational Intervention on Preoperative Anxiety and Postoperative Outcomes in Patients Undergoing Open Cholecystectomy. IOSR Journal of Nursing and Health Science (IOSR-JNHS), 7(5), 78–87.

Ertürk, E. B., & Ünlü, H. (2018). Effects of pre-operative individualized education on anxiety and pain severity in patients following open-heart surgery. International Journal of Health Sciences, 12(4), 26–34.

Gee, M. E., Dempsey, A., & Myers, J. E. (2020). Caesarean section: techniques and complications. Obstetrics, Gynaecology & Reproductive Medicine, 30(4), 97–103. https://doi.org/10.1016/J.OGRM.2020.02.004

Gorman, L. M., & Anwar, R. F. (2023). Mental Health Nursing (6th ed.). F. A. Davis.

Hartanti, R. W., Ediyono, S., & Utami, S. (2024). Determinan Kecemasan Pre Operasi Pada Pasien Sectio Caesarea:Literatur Review Determinant Of Preoperative Anxiety In Caesarea Section Patiens. Jurnal Kesehatan Madani Medika, 15(1), 1–13.

Hinkle, J. L., Cheever, K. H., & Overbaugh, K. (2022). Brunner & Suddarth’s Textbook of Medical-Surgical Nursing (15th ed.). Wolters Kluwer.

Jackson, J. (2016). Myths of Active Learning: Edgar Dale and the Cone of Experience. HAPS Educator, 20(2), 51–53. https://doi.org/10.21692/haps.2016.007

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar 2018. Sekretariat Badan Litbang Kesehatan.

Lee, S. J., & Reeves, T. (2017). Edgar Dale and The Cone of Experience. Educational Technology, 47(6). https://pressbooks.pub/lidtfoundations/chapter/edgar-dale-and-the-cone-of-experience/

Lemos, M. F., Lemos-Neto, S. V., Barrucand, L., Verçosa, N., & Tibirica, E. (2019). Preoperative education reduces preoperative anxiety in cancer patients undergoing surgery: Usefulness of the self-reported Beck anxiety inventory. Brazilian Journal of Anesthesiology (English Edition), 69(1), 1–6. https://doi.org/10.1016/j.bjane.2018.07.004

Mills, G. E., & Gay, L. R. (2019). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. Pearson.

Mulugeta, H., Ayana, M., Sintayehu, M., Dessie, G., & Zewdu, T. (2018). Preoperative anxiety and associated factors among adult surgical patients in Debre Markos and Felege Hiwot referral hospitals, Northwest Ethiopia. BMC Anesthesiology, 18(1), 155. https://doi.org/10.1186/s12871-018-0619-0

Nugroho, N. M. A., Sutejo, & Prayogi, A. S. (2020). The Effect Of Android Audio Visual Health Education On Anxiety Pre Spinal Anesthesia Patients in PKU Muhammadiyah Bantul Hospital. Jurnal Teknologi Kesehatan (Journal of Health Technology), 16(1), 8–15.

Perrotta, G. (2019). Anxiety disorders: definitions, contexts, neural correlates and strategic therapy. Jacobs Journal of Neurology and Neuroscience, 6(1), 1–15.

Potter, P. A., Perry, A. G., Stockert, P. A., & Hall, A. M. (2021). Fundamental of Nursing (10th ed.). Elsevier.

Rahmayati, E., Silaban, R. N., & Fatonah, S. (2018). Pengaruh Dukungan Spritual terhadap Tingkat Kecemasan pada Pasien Pre-Operasi. Jurnal Kesehatan, 9(1), 138. https://doi.org/10.26630/jk.v9i1.778

Saifuddin, A. B., Rachimahdhi, T., & Wiknjosastro, G. H. (Eds.). (2020). Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo (6th ed.). PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Saputra, J., Yudono, D. T., & Novitasari, D. (2024). Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Tekanan Darah pada Pasien Pre Operasi dengan Spinal Anestesi. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 6(3), 981–994.

Sastiyana, I. M., Suryani, R. L., & Murniati. (2024). The Effect of Operating Room Tour Video on Pre-Anesthetic Anxiety in Sectio Caesarea Patients. Java Nursing Journal, 2(3), 384–390. https://doi.org/10.61716/jnj.v2i3.92

Singh, N., Pradeep, Y., & Jauhari, S. (2020). Indications and determinants of cesarean section: A cross-sectional study. International Journal of Applied and Basic Medical Research, 10(4), 280. https://doi.org/10.4103/ijabmr.IJABMR_3_20

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Vellyana, D., Lestari, A., & Rahmawati, A. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan pada Pasien Preoperative di RS Mitra Husada Pringsewu. Jurnal Kesehatan, 8(1), 108. https://doi.org/10.26630/jk.v8i1.403

Videbeck, S. L. (2020). Psychiatric - Mental Health Nursing (8th ed.). Wolters Kluwer.

Villa, G., Lanini, I., Amass, T., Bocciero, V., Scirè Calabrisotto, C., Chelazzi, C., Romagnoli, S., De Gaudio, A. R., & Lauro Grotto, R. (2020). Effects of psychological interventions on anxiety and pain in patients undergoing major elective abdominal surgery: a systematic review. Perioperative Medicine, 9(1), 38. https://doi.org/10.1186/s13741-020-00169-x

Wahyuningsih, A. S., Saputro, H., & Kurniawan, P. (2021). Analisis Faktor Kecemasan terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi Hernia di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(3), 613–620.

Zainullah, A., & Arsani, F. (2024). Edukasi Manajemen Kecemasan pada Pasien Pre-Operasi Seksio Caesarea. Harmoni Sosial?: Jurnal Pengabdian Dan Solidaritas Masyarakat, 1(1), 7–15.

Published

2025-06-10

How to Cite

Sari , F. A. M. K. ., Mendrofa, F. A. M. ., & Satria Hendrawan, G. (2025). Pemberian edukasi tindakan operasi untuk menurunkan kecemasan pasien pre operasi sectio caesarea: The effect of surgical procedures education in reducing pre-operative anxiety of cesarean section patients. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 11(2), 222-230. https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2552