Edukasi pertolongan pertama luka bakar berbasis video dan flayer terhadap peningkatan pengetahuan siswa/siswi
Video and Flayer Based First Aid Burn Education Towards Improving Students' Knowledge
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2582Keywords:
Flayer, Burns, First aid, VideoAbstract
Pertolongan pertama luka bakar penting bagi masyarakat, khususnya yang memiliki aktivitas di area sumber pemicu terjadi luka bakar. Salah satunya siswa/siswi kejuruan kuliner atau tata boga yang selalu terpapar dengan dapur dan peralatan listrik maupun gas. Perlu diberikan edukasi untuk meningkatakan pengetahuan dalam mengatasi masalah. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh video dan flayer terhadap peningkatan pengetahuan tentang pertolongan pertama luka bakar. Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan pra experimental, one group pretes-posttest. Populasi penelitian adalah Siswa/siswi Program kuliner di SMKN 4 Kota Jambi yang berjumlah 210 orang dengan sampel sebanyak 34 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan propotional random sampling pada setiap kelas. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk menilai pengetahuan sebelum dan sesudah dipaparkan video dan flayer dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar pengetahuan responden mengalami rank positif. Sebelum intervensi diperoleh nilai rata-rata pengetahuan sebesar 21 dan sesudah intervensi dengan nilai rata-rata 23. Video dan flayer memiliki pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan responden, dari nilai rata-rata10,44 menjadi 16,74 dengan nilai p 0,004. Program edukasi pertolongan pertama luka bakar hendaknya diterapkan oleh pihak sekolah saat diawal pembelajaran, untuk memimalisir terjadi infeksi dari kecelakaan luka bakar dalam proses belajar mengajar.
Downloads
References
Association, A. B. (2016). Burn incidence fact sheet: American Burn Association.
Azhari, N. (2016). Hubungan Body Image dengan Mekanisme Koping yang Digunakan Penderita Luka Bakar yang Pernah Dirawat di Ruangan Khusus Luka Bakar Bangsal Bedah RSUP. DR. M. Djamil Padang. Skripsi
Black, M.J., Hawks, J.H. 2014. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah: Manajemen Klinik untuk Hasil yang Diharapkan Ed.8. Singapura : CV Pentasada Media Edukasi
Cahyaningrum, E. D., & Siwi, A. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Pengetahuan Ibu Dalam Penanganan Demam Pada Anak Di Puskesmas I Kembaran Kabupaten Banyumas. Jurnal Publikasi Kebidanan, 9(2), 1–13. Retrieved from http://ojs.akbidylpp.ac.id/index.php/Prada/article/view/450.
Christianingsih, S., Puspitasari, E., L., dan Booth, W. (2021). Pendidikan Kesehatan Dengan Media Leaflet dan Video Dalam Meningkatkan Pertolongan Pertama Luka Bakar A Comparative Study Of Health Education With Leaflet Media And Video In Improving Knowledge On First Aid Burnings. Journals of Ners Community, 12(02), 245–257.
Ernita, F.S., Girsang, R., Zuliawati, Nasution, W. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Audio Visual Terhadap Pengetahuanpertolonganpertama Pada Siswayang Mengalami Sinkop. Jurnal Keperawatan dan Fisioterapi: 2(2), 147-152.
Hamdiya, A., Pius, A., Ken, A., dan Hoyte-williams, P. E. (2015). The trend of acute burns pre-hospital management. Journal of Acute Disease, July, 1–4.
Handayani, H., Mamlukah, Suparman, R. (2023). Pengaruh Promosi Kesehatan Melalui Media Berbasis Video dan Leaflet Terhadap Pengetahuan dan Sikap Kader Saka Bakti Husada Dalam Pencegahan Stunting di Kecamatan Sukarame pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2022. Media Informasi, 9(2), 70-76.
Hendry PL. Pediatric Burns. Dalam: Schafermeyer RW, Tenenbein M, Macias CG, Sharieff GQ, Yamamoto L, (2015). Pediatric Emergency Medicine. Edisi ke-4. New York: McGraw-Hill. h. 721-32.
Herlianita, R. (2020). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap dan praktik pada pertolongan pertama. Holistik Jurnal Kesehatan, 14 (2), 163-169.
Nildawati (2019). Promosi kesehatan. Edisi I. Surabaya: UIN.
Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Jakarta: Kemenkes RI.
Kemenkes, RI. (2020). Farmakope Indonesia (Edisi VI). Jakarta: Kemenkes RI.
Mardhiyana, T. (2016). Sikap dan Tindakan Keselamatan Kesehatan Kerja Pada Praktik Boga Dasar Siswa Kelas X Di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman Yogyakarta.
Mardika, R. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bls Menggunakan Media Video Dan Metode Demonstrasi Cpr Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Siswa Sma (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang)
Notoatmodjo, S. (2017). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Paula. (2019). Asuhan Keperawatan Gawat Darurat. Jakarta: Trans Info Media.
Putri, H. A., Satriani, S. S., Runjati.(2023). Efektivitas pendidikan kesehatan melalui media video animasi terhadap pengetahuan remaja putri. Jurnal Ilmu Kebidanan, 11(1),11-18.
Sari, S. I. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Praktik Pertolongan Pertama Luka Bakar Pada Ibu Rumah Tangga di Garen RT.01/RW.04 Pandean Ngemplak Boyolali. Jurnal KesMaDaSka, 1(1).
Sihombing, R. W. (2018). Pengaruh Simulasi Pendidikan Kesehatan Tentang Pertolongan Pertama Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa/I SMA Swasta YP Binaguna Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Tahun 2019. STIK Santa Elisabeth Medan.
Smeltzer, S.C. & Bare, B.G. (2015). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Suddarth, edisi 8. Jakarta: EGC.
Suliha, U. (2017). Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. EGC.
Susilowati, D. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan Promosi Kesehatan. Jakarta: Kemenkes RI.
Wawan & Dewi. (2018).Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan PerilakuManusia. Yogyakarta : Nuha Medika.
Wijaya, G. A., Adnyana, I. M. S., & Subawa, I. W. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Pedagang Gorengan tentang Pencegahan dan Penanganan Pertama Luka Bakar Di Denpasar Tahun 2017. Jurnal Medika Udayana, 8(9).
WHO Fact Sheet On Burns (2023). Http://Www.Who.Int/En/News-Room/Fact-Sheets/Detail/Burns
Wood, M. F., Phillips, M., Jovic, T., Cassidy, T. J., Cameron, P., & Edgar, W. D. (2016). Water First Aid Is Beneficial In Humans Post Burn: Evidence from a Bi-National Cohort Study. (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. Jakarta.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).