Pengaruh stimulasi sentuh terhadap penurunan gangguan perilaku siswa taman kanak-kanak
The effect of touch stimulation on changes in behavioral disorders of students kindergarten
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2593Keywords:
Behavioral disorders, Touch therapy, Tactile stimulation, Preschool children, SDQ.Abstract
Gangguan perilaku pada anak prasekolah (3-6 tahun) masih umum terjadi dan menghambat perkembangan mereka. Masalah ini teridentifikasi pada sejumlah anak di TK X Surabaya. Terapi sentuh dinilai potensial untuk mengurangi gangguan perilaku melalui stimulasi sensoris. Tujuan penelitian adalah Mengetahui pengaruh pemberian terapi sentuh terhadap penurunan gangguan perilaku pada anak TK. Metode: Penelitian eksperimen one group pretest-posttest pada 11 anak laki-laki usia 4-8 tahun dengan gangguan perilaku di TK X, dipilih melalui purposive sampling. Terapi sentuh diberikan 3x/pekan selama 4 minggu (12 sesi, 30 menit/sesi) dengan gerakan sentuhan kulit spesifik. Gangguan perilaku diukur menggunakan SDQ sebelum dan sesudah intervensi. Data dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil: Uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan skor SDQ yang bermakna antara pretest dan posttest dan terdapat penurunan gejala gangguan perilaku. Kesimpulan: Pemberian stimulasi sentuh efektif menurunkan gangguan perilaku pada anak TK di TK X Surabaya. Ini mendukung terapi sentuh sebagai intervensi non-farmakologis.
Downloads
References
Anggraeni, F., & Susanti, N. (2021). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kondisi Delay Development (Dd) Dengan Modalitas Neuro Senso Motor Reflek Development And Synchronization (Nsmrd & S) Dan Massage Oral Di Ypac Surakarta. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 35(2), 28. Https://Doi.Org/10.31941/Jurnalpena.V35i2.1566
Azizah, F. A. N. (2021). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Developmental Delay Dengan Neuro Senso Motor Reflex Development And Synchronization (Nsmrd&S) Dan Neuro Development Treatment (Ndt).
Daulay, N. (2021). Perilaku Maladaptive Anak Dan Pengukurannya. Buletin Psikologi, 29(1), 45. Https://Doi.Org/10.22146/Buletinpsikologi.50581
Karim, A. K., Zulfitriani, Z., & Khuzaifah, K. (2021). Penyuluhan Kesehatan Tentang Stimulasi Tumbuh Kembang Balita. Jurnal Pengabdian Bidan Nasuha, 2(1), 24–29. Https://Doi.Org/10.33860/Jpbn.V2i1.512
Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau Dari Kemampuan Sosial Emosional. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.33367/Tribakti.V29i2.624
Lestari, E.-. (2020). Pengaruh Dual-Task Training (Motor-Cognitive) Terhadap Memori Jangka Pendek Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 4(1), 9–19. Https://Doi.Org/10.33660/Jfrwhs.V4i1.90
Maharani, E. A., & Puspitasari, I. (2019). Deteksi Gangguan Emosi Dan Perilaku Disruptif Pada Anak Usia Prasekolah. Journal Of Early Childhood Care And Education, 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.26555/Jecce.V2i1.566
Mansur, N. A. R., & Kep, M. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah.
Andalas University Press.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah.
Buletin Psikologi, 23(2), Article 2.
Pratiwi, I., Afriyani, L. D., Nurrahmi, S., & Pasombo, R. N. (2022). Stimulasi Tumbuh Kembang Melalui Pijat Bayi Di Rt 05 Rw 05 Kecamatan Langensari Tahun 2022. Prosiding Seminar Nasional Dan Cfp Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 1(1), Article 1.
Putri, D. R., Komalasari, D. R., & Muazarroh, S. (2023). Efektivitas Pemberian Neurosensorimotor Reflex Integration (Nsmri) Dan Play Therapy Movement Terhadap Anak Dengan Autism Spectrum Disorder (Asd): A Case Report | Ahmar Metastasis Health Journal. Https://Journal.Ahmareduc.Or.Id/Index.Php/Amhj/Article/View/205
Rahmawati, N. (2018). Studi Komparasi Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas (Gpph) Pada Anak Usia Prasekolah Di Kabupaten Klaten [S1, Stikes Muhammadiyah Klaten]. Http://Repository.Umkla.Ac.Id/140/
Rahmani, S. N. M., Kusumawicitra, T., & Karyani, U. (2022). Studi Kasus Anak Dengan Gangguan Adhd (Attention Dificit Hyperactivity Disorder) Yang Sedang Menjalani Terapi Di Pusat Layanan Disabilitas.
Rosiyanah, R., Yufiarti, Y., & Meilani, S. M. (2020). Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 941–956. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.758
Sari, D. L., Fau, Y. D., Pradita, A., & Fariz, A. (2022). Pengaruh Pemberian Neurosensorimotor Reflex Integration Pada Perubahan Hiperaktivitas Anak Dengan Autism Spectrum Disorder (Asd)). Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 7(1), Article 1.
Https://Doi.Org/10.30651/Jkm.V7i1.10806
Susanti, A., & Widuri, E. L. (2015). Penyesuaian Diri Pada Anak Taman Kanak- Kanak. Empathy?: Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1), 16. Https://Doi.Org/10.12928/Empathy.V1i1.2998
Tanziha, I., Hadi Utomo, Ifa Agnes, Nina Fitriani, & Indah Lukitasari. (2020). Profil Anak Indonesia 2020. Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (Kemen Pppa). Https://Www.Kemenpppa.Go.Id/Lib/Uploads/List/45de1-Profil-Anak- Indonesia-Tahun-2020.Pdf
Yulianasari, H., & Susanti, N. (2019). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kondisi Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd) Dengan Metode Neuro Senso Motor Reflex Development Dan Play Therapydi Ypac Surakarta. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 33(1), 44. Https://Doi.Org/10.31941/Jurnalpena.V33i1.841
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).