Pengaruh stimulasi sentuh terhadap penurunan gangguan perilaku siswa taman kanak-kanak

The effect of touch stimulation on changes in behavioral disorders of students kindergarten

Authors

  • Allya Qoriapsari Prodi S1 Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Khabib Abdullah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Atik Swandari Prodi S1 Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2593

Keywords:

Behavioral disorders, Touch therapy, Tactile stimulation, Preschool children, SDQ.

Abstract

Gangguan perilaku pada anak prasekolah (3-6 tahun) masih umum terjadi dan menghambat perkembangan mereka. Masalah ini teridentifikasi pada sejumlah anak di TK X Surabaya. Terapi sentuh dinilai potensial untuk mengurangi gangguan perilaku melalui stimulasi sensoris. Tujuan penelitian adalah Mengetahui pengaruh pemberian terapi sentuh terhadap penurunan gangguan perilaku pada anak TK. Metode: Penelitian eksperimen one group pretest-posttest pada 11 anak laki-laki usia 4-8 tahun dengan gangguan perilaku di TK X, dipilih melalui purposive sampling. Terapi sentuh diberikan 3x/pekan selama 4 minggu (12 sesi, 30 menit/sesi) dengan gerakan sentuhan kulit spesifik. Gangguan perilaku diukur menggunakan SDQ sebelum dan sesudah intervensi. Data dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil: Uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan skor SDQ yang bermakna antara pretest dan posttest dan terdapat penurunan gejala gangguan perilaku. Kesimpulan: Pemberian stimulasi sentuh efektif menurunkan gangguan perilaku pada anak TK di TK X Surabaya. Ini mendukung terapi sentuh sebagai intervensi non-farmakologis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, F., & Susanti, N. (2021). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kondisi Delay Development (Dd) Dengan Modalitas Neuro Senso Motor Reflek Development And Synchronization (Nsmrd & S) Dan Massage Oral Di Ypac Surakarta. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 35(2), 28. Https://Doi.Org/10.31941/Jurnalpena.V35i2.1566

Azizah, F. A. N. (2021). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Developmental Delay Dengan Neuro Senso Motor Reflex Development And Synchronization (Nsmrd&S) Dan Neuro Development Treatment (Ndt).

Daulay, N. (2021). Perilaku Maladaptive Anak Dan Pengukurannya. Buletin Psikologi, 29(1), 45. Https://Doi.Org/10.22146/Buletinpsikologi.50581

Karim, A. K., Zulfitriani, Z., & Khuzaifah, K. (2021). Penyuluhan Kesehatan Tentang Stimulasi Tumbuh Kembang Balita. Jurnal Pengabdian Bidan Nasuha, 2(1), 24–29. Https://Doi.Org/10.33860/Jpbn.V2i1.512

Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau Dari Kemampuan Sosial Emosional. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.33367/Tribakti.V29i2.624

Lestari, E.-. (2020). Pengaruh Dual-Task Training (Motor-Cognitive) Terhadap Memori Jangka Pendek Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 4(1), 9–19. Https://Doi.Org/10.33660/Jfrwhs.V4i1.90

Maharani, E. A., & Puspitasari, I. (2019). Deteksi Gangguan Emosi Dan Perilaku Disruptif Pada Anak Usia Prasekolah. Journal Of Early Childhood Care And Education, 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.26555/Jecce.V2i1.566

Mansur, N. A. R., & Kep, M. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah.

Andalas University Press.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah.

Buletin Psikologi, 23(2), Article 2.

Pratiwi, I., Afriyani, L. D., Nurrahmi, S., & Pasombo, R. N. (2022). Stimulasi Tumbuh Kembang Melalui Pijat Bayi Di Rt 05 Rw 05 Kecamatan Langensari Tahun 2022. Prosiding Seminar Nasional Dan Cfp Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 1(1), Article 1.

Putri, D. R., Komalasari, D. R., & Muazarroh, S. (2023). Efektivitas Pemberian Neurosensorimotor Reflex Integration (Nsmri) Dan Play Therapy Movement Terhadap Anak Dengan Autism Spectrum Disorder (Asd): A Case Report | Ahmar Metastasis Health Journal. Https://Journal.Ahmareduc.Or.Id/Index.Php/Amhj/Article/View/205

Rahmawati, N. (2018). Studi Komparasi Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas (Gpph) Pada Anak Usia Prasekolah Di Kabupaten Klaten [S1, Stikes Muhammadiyah Klaten]. Http://Repository.Umkla.Ac.Id/140/

Rahmani, S. N. M., Kusumawicitra, T., & Karyani, U. (2022). Studi Kasus Anak Dengan Gangguan Adhd (Attention Dificit Hyperactivity Disorder) Yang Sedang Menjalani Terapi Di Pusat Layanan Disabilitas.

Rosiyanah, R., Yufiarti, Y., & Meilani, S. M. (2020). Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 941–956. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.758

Sari, D. L., Fau, Y. D., Pradita, A., & Fariz, A. (2022). Pengaruh Pemberian Neurosensorimotor Reflex Integration Pada Perubahan Hiperaktivitas Anak Dengan Autism Spectrum Disorder (Asd)). Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 7(1), Article 1.

Https://Doi.Org/10.30651/Jkm.V7i1.10806

Susanti, A., & Widuri, E. L. (2015). Penyesuaian Diri Pada Anak Taman Kanak- Kanak. Empathy?: Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1), 16. Https://Doi.Org/10.12928/Empathy.V1i1.2998

Tanziha, I., Hadi Utomo, Ifa Agnes, Nina Fitriani, & Indah Lukitasari. (2020). Profil Anak Indonesia 2020. Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (Kemen Pppa). Https://Www.Kemenpppa.Go.Id/Lib/Uploads/List/45de1-Profil-Anak- Indonesia-Tahun-2020.Pdf

Yulianasari, H., & Susanti, N. (2019). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kondisi Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd) Dengan Metode Neuro Senso Motor Reflex Development Dan Play Therapydi Ypac Surakarta. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 33(1), 44. Https://Doi.Org/10.31941/Jurnalpena.V33i1.841

Published

2025-06-18

How to Cite

Qoriapsari, A. ., Abdullah, K. ., & Swandari, A. . (2025). Pengaruh stimulasi sentuh terhadap penurunan gangguan perilaku siswa taman kanak-kanak: The effect of touch stimulation on changes in behavioral disorders of students kindergarten. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 11(2), 272-278. https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2593