Pengaruh pendidikan seksual berbasis media body mapping terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pendidikan seksual pada anak usia dini
The effect of sexual education based on body mapping media on the level of knowledge and attitudes of sexual education in early childhood
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2612Keywords:
Body Mapping, Pendidikan Seksual, Pengetahuan, SikapAbstract
Kekerasan seksual terhadap anak usia dini meningkat di Indonesia karena kurangnya pengetahuan tentang pendidikan seksual. Kendala dalam penyampaian pendidikan seksual mencakup kurangnya integrasi di lingkungan sekolah dan stigma terhadap pembicaraan tentang seksualitas. Penggunaan media, khususnya Body Mapping dapat membantu anak untukmemahami batasan tubuh dan melindungi diri dari kekerasan seksual. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh pendidikan seksual berbasis media Body Mapping terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pendidikan seksual pada anak usia dini di TK ABA II Made Kecamatan Lamongan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pra Eksperimental dengan pendekatan One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 anak, didapatkan 121 anak sebagaisampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test . Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan pendidikan seksual. Berdasarkan hasil di atas didapatkan terdapat pengaruh pendidikan seksual berbasis media Body Mapping terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pendidikan seksual pada anak usia dini di TK ABA II Made Kecamatan Lamongan. Pendidikan seksual berbasis media Body Mapping merupakan salah satu strategi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pendidikan seksual pada anak usia dini.
Downloads
References
Adhani, D. N., & Ayu, R. (2018). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Sains. SCIENCE EDUCATION NATIONAL CONFERENCE, 13(2), 235–242. https://doi.org/10.24090/insania.v13i2.298
Awaru, A. O. T., Syukur, M., Manda, D., Torro, S., Rahman, A., Nurlela, N., & Najamuddin, N. (2022). Sosialisasi Penerapan Pendidikan Seksual Pada Guru Taman Kanak-Kanak sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini di Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 445–450. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.690
Azzahra, Q. M. (2020). Jurnal Pendidikan?: Early Childhood Pendidikan Seksual Bagi Anak Usia Dini?: “ My Bodies Belong To Me .” Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 4(1), 77–86.
Fitriya, A., Muayadah, & Noor, F. A. (2022). Pelaksanaan Penilaian Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Siti Khodijah Karangrowo Wonosalam Demak. Childhood Education?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 35–55. https://doi.org/10.53515/cji.2022.3.2.35-555
Joae Brett Nito, P., Hanik Fetriyah, U., & Ariani, M. (2022). Sex Education “Kekerasan Seksual Pada Anak” Upaya Preventif Tindak Kekerasan Dan Pelecehan Seksual Pada Anak. Jurnal Suaka Insan Mengabdi (Jsim), 3(2), 78–86. https://doi.org/10.51143/jsim.v3i2.306
Kelrey, F., Kombong, R., & Hatala, T. N. (2021). Efektifitas Media Permainan Flashcard Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Anak Usia Prasekolah. Citra Delima Scientific Journal of Citra Internasional Institute, 5(2), 56–60. https://doi.org/10.33862/citradelima.v5i2.239
Lusiana, N. (2019). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ensiklopedia, 2(1), 204–209.
Lys, C., Gesink, D., Strike, C., & Larkin, J. (2018). Body Mapping as a Youth Sexual Health Intervention and Data Collection Tool. Qualitative Health Research, 28(7), 1185–1198. https://doi.org/10.1177/1049732317750862
Melda, R., & Kurniasari, L. (2020). Pengaruh Media Body Mapping tentang Organ Reproduksi dan Pencegahan Kekerasan Seksual. Borneo Student Research, 2(1), 279–284.
Octaviani, F., & Nurwati, N. (2021). Analisis Faktor Dan Dampak Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, 3(II), 56–60. https://doi.org/10.23969/humanitas.v3iii.4118
Purwiyanti, R. E. (2022). Pentingnya Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini di LKSA Panti Asuhan Lentera Hati Sewulan. Journal of Community Engagement in Health, 5(2), 161–164. https://jceh.org/index.php/JCEH/article/view/396
Puspitaningtyas, I. H., Mutahir, A., Rizkidarajat, W., & Pandu Primadata, A. (2023). Pendekatan Media Alternatif untuk Mendukung Pendidikan Seks yang Komprehensif Bagi Anak. Jurnal Basicedu, 7(6), 3347–3357. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6307
Qalbina, Z. A., & Wati, M. (2023). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini melalui Media Audio Visual dan Body Mapping untuk Siswa TK Bina Ana Prasa III Early Childhood Sexual Education Through Audio Visual Media and Body Mapping in Bina Ana Prasa III Kindergarten. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 251–257.
Sari, R. N., & Dewi, K. (2023). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Pendidikan Seks Pada Anak Kelas B Di PAUD Putra Bangsa Desa Niur. Journal Of Social Science Research, 3, 14814–14825.
Suhasmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, Vol. 5(No. 02), 164–174. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).