Pengaruh pendidikan seksual berbasis media body mapping terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pendidikan seksual pada anak usia dini

The effect of sexual education based on body mapping media on the level of knowledge and attitudes of sexual education in early childhood

Authors

  • Heny Ekawati Universitas Muhammadiyah Lamogan
  • Wahyu Retno Gumelar Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Alya Nur Fitriandra Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Nurul Fadhilah Universitas Muhammdiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2612

Keywords:

Body Mapping, Pendidikan Seksual, Pengetahuan, Sikap

Abstract

Kekerasan seksual terhadap anak usia dini meningkat di Indonesia karena kurangnya pengetahuan tentang pendidikan seksual. Kendala dalam penyampaian pendidikan seksual mencakup kurangnya integrasi di lingkungan sekolah dan stigma terhadap pembicaraan tentang seksualitas. Penggunaan media, khususnya Body Mapping dapat membantu anak untukmemahami batasan tubuh dan melindungi diri dari kekerasan seksual. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh pendidikan seksual berbasis media Body Mapping terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pendidikan seksual pada anak usia dini di TK ABA II Made Kecamatan Lamongan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pra Eksperimental dengan pendekatan One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini  sebanyak 150 anak, didapatkan 121 anak sebagaisampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test . Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan pendidikan seksual. Berdasarkan hasil di atas didapatkan terdapat pengaruh pendidikan seksual berbasis media Body Mapping terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pendidikan seksual pada anak usia dini di TK ABA II Made Kecamatan Lamongan. Pendidikan seksual berbasis media Body Mapping merupakan salah satu strategi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pendidikan seksual pada anak usia dini. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhani, D. N., & Ayu, R. (2018). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Sains. SCIENCE EDUCATION NATIONAL CONFERENCE, 13(2), 235–242. https://doi.org/10.24090/insania.v13i2.298

Awaru, A. O. T., Syukur, M., Manda, D., Torro, S., Rahman, A., Nurlela, N., & Najamuddin, N. (2022). Sosialisasi Penerapan Pendidikan Seksual Pada Guru Taman Kanak-Kanak sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini di Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 445–450. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.690

Azzahra, Q. M. (2020). Jurnal Pendidikan?: Early Childhood Pendidikan Seksual Bagi Anak Usia Dini?: “ My Bodies Belong To Me .” Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 4(1), 77–86.

Fitriya, A., Muayadah, & Noor, F. A. (2022). Pelaksanaan Penilaian Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Siti Khodijah Karangrowo Wonosalam Demak. Childhood Education?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 35–55. https://doi.org/10.53515/cji.2022.3.2.35-555

Joae Brett Nito, P., Hanik Fetriyah, U., & Ariani, M. (2022). Sex Education “Kekerasan Seksual Pada Anak” Upaya Preventif Tindak Kekerasan Dan Pelecehan Seksual Pada Anak. Jurnal Suaka Insan Mengabdi (Jsim), 3(2), 78–86. https://doi.org/10.51143/jsim.v3i2.306

Kelrey, F., Kombong, R., & Hatala, T. N. (2021). Efektifitas Media Permainan Flashcard Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Anak Usia Prasekolah. Citra Delima Scientific Journal of Citra Internasional Institute, 5(2), 56–60. https://doi.org/10.33862/citradelima.v5i2.239

Lusiana, N. (2019). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ensiklopedia, 2(1), 204–209.

Lys, C., Gesink, D., Strike, C., & Larkin, J. (2018). Body Mapping as a Youth Sexual Health Intervention and Data Collection Tool. Qualitative Health Research, 28(7), 1185–1198. https://doi.org/10.1177/1049732317750862

Melda, R., & Kurniasari, L. (2020). Pengaruh Media Body Mapping tentang Organ Reproduksi dan Pencegahan Kekerasan Seksual. Borneo Student Research, 2(1), 279–284.

Octaviani, F., & Nurwati, N. (2021). Analisis Faktor Dan Dampak Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, 3(II), 56–60. https://doi.org/10.23969/humanitas.v3iii.4118

Purwiyanti, R. E. (2022). Pentingnya Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini di LKSA Panti Asuhan Lentera Hati Sewulan. Journal of Community Engagement in Health, 5(2), 161–164. https://jceh.org/index.php/JCEH/article/view/396

Puspitaningtyas, I. H., Mutahir, A., Rizkidarajat, W., & Pandu Primadata, A. (2023). Pendekatan Media Alternatif untuk Mendukung Pendidikan Seks yang Komprehensif Bagi Anak. Jurnal Basicedu, 7(6), 3347–3357. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6307

Qalbina, Z. A., & Wati, M. (2023). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini melalui Media Audio Visual dan Body Mapping untuk Siswa TK Bina Ana Prasa III Early Childhood Sexual Education Through Audio Visual Media and Body Mapping in Bina Ana Prasa III Kindergarten. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 251–257.

Sari, R. N., & Dewi, K. (2023). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Pendidikan Seks Pada Anak Kelas B Di PAUD Putra Bangsa Desa Niur. Journal Of Social Science Research, 3, 14814–14825.

Suhasmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, Vol. 5(No. 02), 164–174. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385

Published

2025-06-18

How to Cite

Ekawati, H., Gumelar, W. R., Fitriandra, A. N. ., & Fadhilah, N. (2025). Pengaruh pendidikan seksual berbasis media body mapping terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pendidikan seksual pada anak usia dini: The effect of sexual education based on body mapping media on the level of knowledge and attitudes of sexual education in early childhood . Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 11(2), 288-295. https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2612