Pengaruh edukasi pop up book terhadap tingkat pengetahuan seksual pada anak usia 9-10 tahun

The influence of pop up book education on the level of sexual knowledge in children aged 9-10 Years

Authors

  • Rizka Octavia Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Silvia Nur Kholifah Universitas Muhammdiyah Lamongan
  • Heny Ekawati Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Wayu Retno Gumelar Universitas Muhammdiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2613

Keywords:

Tingkat Pengetahuan Seksual, Media Pop Up Book

Abstract

Kurangnya Pengetahuan seksual pada anak menyebabkan kurangnya pemahaman tentang kesehatan alat reproduksi dan upaya pencegahan penyimpangan perilaku seksual dalam kehidupan manusia. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh edukasi Pop Up Book terhadap tingkat pengetahuan seksual pada anak usia 9-10 Tahun di SDN 1 Made. Penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan pendekatan Pre Eksperimental One-group pre-post test design. Populasi pada penenlitian ini adalah seluruh anak usia 9-10 tahun di SDN 1 Made dan didapatkan ada 67 responden dengan tahnik Random sampling. Data penelitian ini diambil menggunakan instrument kuesioner dengan jumlah 20 soal tentang pengetahuan seksual. Analisis data merupakan salah satu proses penelitian yang dilakukan setelah semua data yang diperlukan guna memecahkan permasalahan yang diteliti sudah diperoleh secara lengkap. Sebelum dilakukan edukasi menggunakan Pop Up book siswa belum begitu paham ap aitu pengetahuan seksual dan sesudah dilakukan edukasi menggunakan Pop Up book siswa sudah paham apa sih pengetahuan sesksual dan seberapa penting pengetahuan seksual itu..Setelah data dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon dengan tingkat kemaknaan alpha <0,05 dengan hasil penelitian didapatkan p=0,000 yang artinya ada pengaruh pengaruh yang signifikan pada pengetahuan anak tentang pengetahuan seksual sesudah diberikan metode Pop Up Book.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin, A. (2020). Pendidikan Seksual pada Anak Dalam Hukum Islam.

Wahana Karya Ilmiah, 1(01).

Adelila ,Sri (2018). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi . Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 107- 113, 2017 http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Amrizal, I. S. Utami, F. K. (2019). Kontroversi Kebijakan Kriminal Pemerintah Tentang Praktek Sanksi Kebiri Bagi Pelaku Kejahatan Seksual. Jurnal Surya Kencana Dua : Dinamika Masalah Hukum Dan Keadilan, 6(2), 829– 849. https://doi.org/10.32493/SKD.v6i2.y2019.3991

Haryono, S. E., Anggareni, H., Muntomimah, S., & Iswahyudi, D. (2018). Impelementasi pendididkan sex pada anak usia dini di sekolah. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 3(1), 24-34.

Kusuma, V. (2021). Pendidikan Seksualitas Untuk Anak. Griya Puataka Utama.

Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur (2020). Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Di Jawa Timur Tahun 2020.

Nadeak, B., Sormin, E., Naibaho, L., & Deliviana, E. (2020). Sexuality in Education Begins in The Home (Pendidikan Seksual Berawal Dalam Keluarga). Jurnal Comunità Servizio, 2(1), 254–264. https://doi.org/10.33541/cs.v2i1.1651

Ningtiyas, T., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran Ipa Bab Siklus Air Dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115

Nursalam. (2019). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripso, Tesis Dan Instrumen Penelitian

Kusmiran, E. (2019). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Nisa, Z. (2021). PENERAPAN METODE BUZZ GROUP UNTUK

Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika. http://digilib.akperrsdustira.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1127

Nursalam. (2017). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (4th ed.). Salemba Medika.

Nursalam. (2018). Pedoman Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita.

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. 17, 25–32.

Ratna Wati. (2019). Keterampilan Ibu dalam Deteksi Dini Tumbuh Kembang terhadap Tumbuh Kembang Bayi Stikes RS Baptis Kediri.

Risky, S., Jayadipraja, E. A., & Hadju, L. (2022). Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Pop Up Book di TK. 6(6), 5782–5789. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3037

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. https://elibrary.stikesghsby.ac.id/index.php?p=fstream&fid=140&bid=1879 # flipbook-pdf_collections/1/

Syapitri, H., Aritonang, J., & Press, A. (2021). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan (Aurora Hawa Nadana (ed.)). Ahlimedia Press.

Wawan, A., & Dewi, M. (2018). Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia.

Jurnal Nurul Medika, 3(2).

Wijayanti, W., Wulandari, R., & Pakpahan, F. (2023). Pengaruh Edukasi Pop Up Book Tentang Pengetahuan seksual pada anak usia dini. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 14(1), 58–66. https://doi.org/10.34035/jk.v14i1.948

Winancy, R., Yoni, F., & Ardini. (2015). Perbandingan Penerapan Metode Brainstorming dan Pop Up Book Terhadap Peningkatan Pengetahuan seksual pada anak (studi kasus di Bogor). Journal Aipkind.or.Id, 1(1), 1–9.

Yogini, D. N. S., Nurjaya, I. G., & Sriasih, S. A. P. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Pop Up Book Dalam Pembelajaran Di Kelas 3 SDN Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20623

Published

2025-06-18

How to Cite

Octavia, R., Kholifah, S. N., Ekawati, H. ., & Gumelar, W. R. (2025). Pengaruh edukasi pop up book terhadap tingkat pengetahuan seksual pada anak usia 9-10 tahun : The influence of pop up book education on the level of sexual knowledge in children aged 9-10 Years . Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 11(2), 296-304. https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2613