Pengaruh edukasi pop up book terhadap tingkat pengetahuan seksual pada anak usia 9-10 tahun
The influence of pop up book education on the level of sexual knowledge in children aged 9-10 Years
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v11i2.2613Keywords:
Tingkat Pengetahuan Seksual, Media Pop Up BookAbstract
Kurangnya Pengetahuan seksual pada anak menyebabkan kurangnya pemahaman tentang kesehatan alat reproduksi dan upaya pencegahan penyimpangan perilaku seksual dalam kehidupan manusia. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh edukasi Pop Up Book terhadap tingkat pengetahuan seksual pada anak usia 9-10 Tahun di SDN 1 Made. Penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan pendekatan Pre Eksperimental One-group pre-post test design. Populasi pada penenlitian ini adalah seluruh anak usia 9-10 tahun di SDN 1 Made dan didapatkan ada 67 responden dengan tahnik Random sampling. Data penelitian ini diambil menggunakan instrument kuesioner dengan jumlah 20 soal tentang pengetahuan seksual. Analisis data merupakan salah satu proses penelitian yang dilakukan setelah semua data yang diperlukan guna memecahkan permasalahan yang diteliti sudah diperoleh secara lengkap. Sebelum dilakukan edukasi menggunakan Pop Up book siswa belum begitu paham ap aitu pengetahuan seksual dan sesudah dilakukan edukasi menggunakan Pop Up book siswa sudah paham apa sih pengetahuan sesksual dan seberapa penting pengetahuan seksual itu..Setelah data dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon dengan tingkat kemaknaan alpha <0,05 dengan hasil penelitian didapatkan p=0,000 yang artinya ada pengaruh pengaruh yang signifikan pada pengetahuan anak tentang pengetahuan seksual sesudah diberikan metode Pop Up Book.
Downloads
References
Amirudin, A. (2020). Pendidikan Seksual pada Anak Dalam Hukum Islam.
Wahana Karya Ilmiah, 1(01).
Adelila ,Sri (2018). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi . Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 107- 113, 2017 http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Amrizal, I. S. Utami, F. K. (2019). Kontroversi Kebijakan Kriminal Pemerintah Tentang Praktek Sanksi Kebiri Bagi Pelaku Kejahatan Seksual. Jurnal Surya Kencana Dua : Dinamika Masalah Hukum Dan Keadilan, 6(2), 829– 849. https://doi.org/10.32493/SKD.v6i2.y2019.3991
Haryono, S. E., Anggareni, H., Muntomimah, S., & Iswahyudi, D. (2018). Impelementasi pendididkan sex pada anak usia dini di sekolah. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 3(1), 24-34.
Kusuma, V. (2021). Pendidikan Seksualitas Untuk Anak. Griya Puataka Utama.
Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur (2020). Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Di Jawa Timur Tahun 2020.
Nadeak, B., Sormin, E., Naibaho, L., & Deliviana, E. (2020). Sexuality in Education Begins in The Home (Pendidikan Seksual Berawal Dalam Keluarga). Jurnal Comunità Servizio, 2(1), 254–264. https://doi.org/10.33541/cs.v2i1.1651
Ningtiyas, T., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran Ipa Bab Siklus Air Dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115
Nursalam. (2019). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripso, Tesis Dan Instrumen Penelitian
Kusmiran, E. (2019). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Nisa, Z. (2021). PENERAPAN METODE BUZZ GROUP UNTUK
Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika. http://digilib.akperrsdustira.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1127
Nursalam. (2017). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (4th ed.). Salemba Medika.
Nursalam. (2018). Pedoman Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita.
Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. 17, 25–32.
Ratna Wati. (2019). Keterampilan Ibu dalam Deteksi Dini Tumbuh Kembang terhadap Tumbuh Kembang Bayi Stikes RS Baptis Kediri.
Risky, S., Jayadipraja, E. A., & Hadju, L. (2022). Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Pop Up Book di TK. 6(6), 5782–5789. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3037
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. https://elibrary.stikesghsby.ac.id/index.php?p=fstream&fid=140&bid=1879 # flipbook-pdf_collections/1/
Syapitri, H., Aritonang, J., & Press, A. (2021). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan (Aurora Hawa Nadana (ed.)). Ahlimedia Press.
Wawan, A., & Dewi, M. (2018). Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia.
Jurnal Nurul Medika, 3(2).
Wijayanti, W., Wulandari, R., & Pakpahan, F. (2023). Pengaruh Edukasi Pop Up Book Tentang Pengetahuan seksual pada anak usia dini. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 14(1), 58–66. https://doi.org/10.34035/jk.v14i1.948
Winancy, R., Yoni, F., & Ardini. (2015). Perbandingan Penerapan Metode Brainstorming dan Pop Up Book Terhadap Peningkatan Pengetahuan seksual pada anak (studi kasus di Bogor). Journal Aipkind.or.Id, 1(1), 1–9.
Yogini, D. N. S., Nurjaya, I. G., & Sriasih, S. A. P. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Pop Up Book Dalam Pembelajaran Di Kelas 3 SDN Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20623
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).