Hubungan dukungan orang tua dengan tingkat kecerdasan emosional pada remaja

The relationship between parental support and emotional intelligence levels among adolescents

Authors

  • Aviva Ainur Rohma Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Siti Sholikhah Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Abdul Majid Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v11i3.2778

Keywords:

Dukungan orang tua, Kecerdasan emosional, Remaja

Abstract

Gejolak emosi yang diakibatkan oleh perubahan pada diri remaja apabila tidak dikendalikan akan menjadi penghambat pembentukan kecerdasan emosionalnya. masyarakat hanya mengutamakan kecerdasan otak intelektual. Anak hanya didorong untuk mengasah otaknya, kecerdasan emosinya diabaikan. Dukungan orang tua sangat dibutuhkan dalam masa remaja terutama untuk perkembangan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan tingkat kecerdasan emosional pada remaja di kelas XI SMA. Desain penelitian ini menggunakan korelasi analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada siswa kelas XI SMA. Populasi sebanyak 65 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Dilakukan pada bulan Februari 2025. Data penelitian diambil menggunakan kuesioner yang kemudian ditabulasi dan dianalisis menggunakan Uji Spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki dukungan orang tua tinggi dan sebagian besar responden memiliki kecemasan emosional tinggi. Hasil uji menunjukkan terdapat hubungan antara dukungan orang tua dengan tingkat kecerdasan emosional pada remaja di kelas XI SMA. Dengan demikian peneliti mengharapkan remaja memiliki kederdasan emosional yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, P. N. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Resiliensi Akademik Pada Remaja Smp Negeri Di Kecamatan Ngrambe. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 6(2), 38–45. https://doi.org/10.22460/quanta.v6i2.3040.

Andi, Z. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Timur Makassar. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 149–167. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.493.

Dewi, S. R., & Yusri, F. (2023). Kecerdasan Emosi Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 65–71. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.109.

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Fredericksen, A., & Petrus, R. (2023). Peran Parent Adolescent Relationship Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Sitasi. Humanlight Journal of Psychology Desember, 4(2), 108–120. http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/humanlight

Lailah, S., Fifi, U., Safitri, U., Sugiarti, R., Erlangga, E., Psikologi, F., Negeri, U., & Emosional, K. (2024). Kajian Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kecerdasan. 6(2), 318–330.

Mahmuda, S., Lubis, S. A., & Siregar, N. S. S. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua Dan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1860–1867. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.963

Manalu, D. M. (2024). Kecerdasan Emosional Pada Remaja Awal Di Asrama Putri St . Theresia Medan Skripsi Oleh?: Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Murtadlo, A., & Widhyahrini, K. (2019). Model Pembelajaran Interaktif Dengan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Quality, 7(2), 32. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.5848.

Rosdiana, N. laila. (2022). Dukungan Keluarga Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Dalam Pembelajaran Daring di Kabupaten Deli Serdang The Effect of Family Support On The Emotional Intellegence Of Adolescents in Online Learning in Deli Serdang Regency. 6(1), 24–32.

Simamora, R., & Marbun, Y. M. R. (2022). Kontribusi Dukungan Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(2), 10–16. https://doi.org/10.30743/mes.v7i2.5138.

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020). Analisa kecerdasan emosional remaja tahap akhir berdasarkan jenis kelamin. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 477–484.

Yuniar, D., & Darmawati, I. (2017). Dukungan Keluarga Berhubungan Dengan Kecerdasan Emosional Remaja. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33755/jkk.v3i1.79.

Published

2025-10-14

How to Cite

Rohma, A. A. ., Sholikhah, S. ., & Majid, A. . (2025). Hubungan dukungan orang tua dengan tingkat kecerdasan emosional pada remaja: The relationship between parental support and emotional intelligence levels among adolescents. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 11(3), 556-562. https://doi.org/10.33023/jikep.v11i3.2778