Hubungan komunikasi terapeutik dengan loyalitas pasien di rawat jalan

The relationship between therapeutic communication and patient loyalty in outpatient department

Authors

  • Hana Lintang Fajarwati Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Suratmi
  • H.M. Bakri Priyodwi Atmaji
  • Shofiyah Wati Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v11i3.2781

Keywords:

Komunikasi Terapeutik, Loyalitas Pasien, Pasien

Abstract

Loyalitas pasien merupakan bentuk kesetiaan pasien terhadap rumah sakit. Rendahnya loyalitas pasien pada rumah sakit bisa terjadi karena komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat kurang optimal yang dapat menurunkan jumlah kunjungan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dengan loyalitas pasien di Rumah Sakit Intan Medika Lamongan. Desain penelitian ini menggunakan Analitik Korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 70 pasien di Rawat Jalan Rumah Sakit Intan Medika Lamongan, yang menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner komunikasi terapeutik dan loyalitas pasien. Setelah ditabulasi data dianalisis menggunakan uji Spearmen Rank dengan aplikasi SPSS.Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar pasien memiliki komunikasi terapeutik baik yaitu (64,29%), dan sebagian besar pasien memiliki loyalitas baik yaitu (70,00%). Hasil uji Spearmen Rank didapatkan r = 0,563 dan p = 0,000. Artinya terdapat hubungan komunikasi terapeutik dengan loyalitas pasien di Rawat Jalan Rumah Sakit Intan Medika Lamongan.Upaya untuk meningkatkan loyalitas pasien, salah satunya yaitu dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik dengan menerapkan komunikasi terapeutik yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajeng Fatmi kartini Amahoru, Susanto, & Nuryakin. (2023). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(1), 75–82. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i1.2375

Amalia Momen, & Nursapriani. (2020). Fisioterapi Dan Ilmu Kesehatan Sisthana Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba Tahun 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehtan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat InapDi Ruamh Saakit Umum Daerah H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, 2(2), 35–42.

Asda, P., & Yessi, A. (2021). Penerapan komunikasi terapeutik dengan loyalitas pasien rawat jalan di poli klinik RS Islam Yogyakarta “PDHI.” Jurnal Medika Keperawatan, 12(2).

Fadhila, N. ., & Diansyah, D. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas dengankepuasam pasien sebagi variabel intervening di klinik syifa medical center. Jurnal Media Studi Ekonomi, 21(1).

Hakim, M. L., Cahyono, D., & Herlambang, T. (2019). Dampak Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 1–13. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/2365

Hasjum, putri julfitry his, Haskas, Y., & Sabil, A. F. (2023). Hubungan komunikasi perawat dengan kepuasan pasien. Jurnal Ilmiah Mahasiswa& Penelitian Keperawatan, 3(6).

Jayadipraja, E. S. N., Junaid, J., & Nurzalmariah, W. O. S. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari Tahun 2019. Indonesian Journal Of Healath and Medical, 1(2), 305–318. https://ijohm.rcipublisher.org/index.php/ijohm/article/view/58/36

Julisawati, Haskas, Y., & Fauzia, L. (2023). Hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di RSUD Labuang Baji Makassar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(4).

Kartika, R. C., Triana, D., Puspita, S. D., Jannah, M., & Ayu, D. P. (2023). Upaya Peningkatan Loyalitas Pasien melalui Peningkatan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(3), 701–708. https://doi.org/10.32583/pskm.v13i3.959

Ladesvita, F., & Khoerunnisa, N. (2017). Dampak Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan. Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 3(1), 5–10.

Mangindara, M., Ekawaty, D., Windarti, S., Aksha, N. A., & Amirullah, A. N. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Inap RSUD Labuang Baji Makassar. Miracle Journal of Public Health (MJPH), 6(1), 11–22. https://doi.org/10.36566/mjph/Vol6.Iss1/303

Nurwahyuni, F. S., Sutresna, I., & Dolifah, D. (2024). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Kesehatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 7(1), 223–228.

Pratiwi, L. (2021). Pengaruh Mutu Layanan Terhadap Loyalitas Pasien Di Rs Islam Kota Tasikmalaya. Bunda Edu-Midwifery Journal (Bemj), 4(1), 14–17.

Rahmat, I. F., & Kusumayati, A. (2024). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas PasienRawat Jalan di Rumah Sakit: Systematic Literature Review. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 13(3), 263–271.

Rahmawati, K. N., & Hidayat, A. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Medis, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Kebumen. DSpace UII, 14.

Romadhona, N., Muhardi, M., & Kesumah, N. (2019). Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pasien rumahsakit. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 1(2), 114–120.

Sari, Y. N., & Wijaya, L. (2022). KOMUNIKASI TERAPEUIK PRAWAT TERHADAP PADIEN DI RUANG RAWAT INAP. Babul Ilmi_Jurnal Ilmih Multi Science Kesehatan, 14, 130–139.

Sitepu, M., & Kosasih, K. (2024). Analisis Loyalitas Pasien Dan Kepuasan Pasien: Pendekatan Kajian Literatur Dengan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(4), 2047–2058.

Published

2025-10-13

How to Cite

Fajarwati, H. L. ., Suratmi, H.M. Bakri Priyodwi Atmaji, & Wati, S. (2025). Hubungan komunikasi terapeutik dengan loyalitas pasien di rawat jalan: The relationship between therapeutic communication and patient loyalty in outpatient department. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 11(3), 489-496. https://doi.org/10.33023/jikep.v11i3.2781