Hubungan komunikasi orang tua dengan keterlambatan perkembangan bahasa pada anak usia 4-6 tahun

The relationship between parental communication and language delays in children aged 4-6 Years

Authors

  • Harnina Samantha Aisyah Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Sylvi Harmiardillah Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Laelia Oktavianti Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v11i3.2801

Keywords:

Language Development, Parental Communication, Preschool Children

Abstract

Perkembangan bahasa merupakan aspek yang sangat penting pada anak usia dini. Bahasa berfungsi sebagai sarana bagi anak untuk menyampaikan pikiran dan berinteraksi dengan orang lain. Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak berperan penting dalam merangsang perkembangan kosakata anak. Variabel independen pada penelitian ini adalah komunikasi orang tua, variabel dependen pada penelitian ini adalah ketelambatan perkembangan bahasa anak usia 4-6 tahun. Desain penelitian ini adalah korelasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 34 orang tua dan anak usia 4-6 tahun, menggunakan Teknik Simple Radom Sampling didaptkan sebanyak 34 orang tua dan anak usia 4- 6 tahun. Data penelitian ini diambil menggunakan kuesioner. Setelah ditabulasi data dianalisis menggunakan uji Spearman Rho. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 18 anak mendapatkan komunikasi orang tua yang baik, dan sebanyak 25 anak usia 4-6 tahun perkembangannya sesuai Berdasarkan uji statistik, diperoleh H1 diterima dan Ho ditolak, yang berarti terdapat hubungan antara komunikasi orang tua dengan perkembangan bahasa pada anak usia 4-6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan orang tua memberikan komunikasi yang baik kepada anak sesuai usianya, supaya anak bisa mencapai perkembangan bahasa yang sesuai berdasarkan tingkat usia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriliani, A., Ayesha, H. Z., Fajriyah, H. S., & Warsha, N. (2023). Pengaruh Komunikasi Keluarga Terhadap Perkembangan Bahasa Verbal Anak Usia Dini dalam Konteks Komunikasi Sosial. 1(2), 35–41.

Anisa, R., Kesehatan, P., & Medan, K. (2023). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Bahasa pada Anak Usia Dini di TK ALIF MEDAN HELVETIA Tahun 2022. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 50–64. https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/KHIRANI/article/view/549

Anisawwn, A. W. H., Chandra, A., & Sulianto, J. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau Dari Aspek Fonetik Dan Aspek Semantik. Generasi Emas, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(1).7482

Arofah, S., & Fitriwati, C. I. (2022). Hubungan Pekerjaan Orang Tua Dengan Stimulasi Dini Pada Anak Usia 0-36 Bulan diwilayah Kerja Puskesmas Bungo I Kabupaten Bungo. Madago Nursing Journal, 2(2), 58–65. https://doi.org/10.33860/mnj.v2i2.604

Astuti, T., Nurhafizah, N., & Yulsyofriend, Y. (2019). Hubungan pola komunikasi orangtua terhadap perkembangan berbicara anak di taman kanak-kanak kecamatan koto tangah. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 88. https://doi.org/10.29210/3003254000

Barone, C., Fougère, D., & Pin, C. (2021). Social Origins, Shared Book Reading, and Language Skills in Early Childhood: Evidence from an Information Experiment. European Sociological Review, 37(1), 18–31. https://doi.org/https://doi.org/10.1093/esr/jcaa036 Bawono,

Dini Nurbaeti Zen, H. M. (2021). Hubungan Pola Asuh Ibu Bekerja Dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Di Perumahan Graha Budiasih Asri Dusun Budiasih Desa Cibenda Kecamatan Parigi Pangandaran Tahun 2021. 3(2).

Elok, Y., & Wahdah, N. (2024). Hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa prasekolah Yerika. 4(2), 304–310.

Fono, Y. M., Ita, E., Mere, V. O., Guru, P., Anak, P., Dini, U., & Bakti, S. C. (2023). Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun melalui Pola Asuh Orang Tua. 7(4), 4305–4315. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4838

Gumilang, M. S., & Aryanti, N. (2024). Gangguan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia. 03(2), 212–224.

Herawati, N. H., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1685–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4122

Iyah Sofiyah, Ns. Susaldi, N. T. S. (2024). Hubungan Pengetahuan, Pola Asuh Orang Tua Dan Durasi Paparan Gadget Dengan Kejadian Speech Delay (Keterlambatan Berbicara) Pada Anak Prasekolah Usia 3-6 Tahun Di Klinik Ikhlas Medika 2 Tahun 2023. 1(2), 90–98.

Jafar, E. S., & Ansar, W. (2024). Pengaruh Stimulasi Perkembangan Orangtua Terhadap Kecenderungan Keterlambatan Perkembangan Bahasa ( Speech Delay ) pada Anak Usia Dini. 205–213.

Krisdayanti, M., Raro, D., Hakim, A. R., & Salmarini, D. D. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Speech Delay Pada Anak. 1188.

Kurniasari, R., & Mardliyah, S. (2022). J + PLUS?: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Personal Pendahuluan. 11(1), 304–315.

Lathiifah, F. H., Badi’ah, A., Prayogi, A. S., & Arini, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan, 14(1), 17–26.

Maria, L., & Maulidia, R. (2023). Hubungan Komunikasi Efektif Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Selama Pandemic Covid-19. JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, 4(1), 47–51. https://doi.org/10.47575/jpkm.v4i1.469

Maudyta, D., Aslamiah, A., & Wahdini, E. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Perhatian Orang Tua pada Pola Komunikasi terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1302–1311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3897

Muhammad Nawir, N. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. 3(2), 91–102.

Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan, 5(1), 61. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643

Noor baiti. (2020). Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 42–50. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4959

Nor Hidayah Nasafitri, Nova Miranda, M. (2024). Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. 5, 502–508.

Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini menggunakan Bahan Sisa. Early Childhood. Jurnal Pendidikan, 44–53.

Nursalam. (2018). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 4. Salemba Medika.

Oktaviani, M., Novitasari, A. W., Glosalalia, Madinatuzzahra, & Aulia, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 153–163. https://doi.org/10.21009/jkkp.082.04

Parapat, A. (2023). Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Di TK Negeri Pembina I Medan. 3.

Permai, I., Jaya, S., & Bekasi, U. (2024). Efektivitas Metode Cerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Paudqu Ar-Rafifah Smart Di Perumahan Sahara Indah Permai 2 Satria Jaya Tambun Utara Bekas. 6.

Respita, N., Susanti, Y., Sari, A. M., Dharmasraya, S. S., Dharmasraya, S. S., Sakinah, S., & Dharmasraya, S. S. (2024). Pendampingan Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini PENDAHULUAN Salah satu unsur utama pendidikan anak usia dini adalah pengembangan bahasa . Bahasa tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi , tetapi juga sebagai sarana bagi anak untuk .

Rosmawati, D. (2024). Pengaruh Jenis Kelamin dan Status Pekerjaan Ibu terhadap Keterlambatan Berbicara pada Anak Usia Dini di Klinik Tumbuh Kembang Pelangi.

Sari, P. P., Khanza, R. P., Ardi, V. R., Indonesia, P. B., Riau, U. I., & Artikel, I. (2024). Peran Orang Tua Dalam Mencegah Keterlambatan Berbicara Pada Anak. 5(3), 1–6.

Suhadi, I. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Tingkat Keterlambatan Bicara dan Bahasa pada Anak Usia 2-5 Tahun. 2(2), 227–234. https://doi.org/10.37287/jppp.v2i2.115

Susanti, E. (2022). Teori Vygotsky Tentang Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. 22, 130–138.

Utami, B. C., Lestari, N. E., & Kamilah, S. (2023). Pengaruh Boneka Tangan terhadap Perkembangan Bahasa dan Sosial Anak Pra Sekolah di Paud Cempaka Yayasan Irsyadul Ummah Tahun 2022. Open Access Jakarta Journal of Health Sciences, 2(6), 770–775. https://doi.org/10.53801/oajjhs.v2i6.222

Wahyuni, S., & Hasibuan, F. H. (2024). Studi Kasus Keterlambatan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK IT Abizar Al Hafiz. 4.

Wiryanto, W., Fauziddin, M., Suprayitno, S., & Budiyono, B. (2023). Systematic Literature Review: Implementasi STEAM di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4268

Wiyono, G. H., Hendriani, W., Yoenanto, N. H., & Paramita, P. P. (2024). Peran Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak dengan Usia Golden Age. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 92–99. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1-2.282

Yudha, A., Alifia, H. N., & Warastuti, L. (2024). Keterlibatan Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Komunikasi Bahasa Pada Anak. 541–548.

Yunus, F., & Siti Rahma, R. W. M. (2025). Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah Di Kecamatan Tilongkabila. 13(3), 25–31. https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644xa

Yuswati, H., & Setiawati, F. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5029–5040. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2908

Published

2025-10-13

How to Cite

Aisyah, H. S., Harmiardillah, S. ., & Oktavianti, L. . (2025). Hubungan komunikasi orang tua dengan keterlambatan perkembangan bahasa pada anak usia 4-6 tahun: The relationship between parental communication and language delays in children aged 4-6 Years. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 11(3), 505-515. https://doi.org/10.33023/jikep.v11i3.2801