Pengaruh play pretend terhadap perkembangan sosial dan emosional anak

The effect of play pretend to children's social and emotional development

Authors

  • Siti Indatul Laili Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bina Sehat PPNI Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v11i3.2871

Keywords:

Perkembangan Sosial dan Emosional, Play pretend

Abstract

Keluarga menjadi tempat belajar dan sumber ilmu anak karena keluarga adalah lingkungan sosial pertama dan terdekat bagi anak. Desain penelitian ini adalah one group pra-post test design, yang diakukan dengan cara peneliti menilai perkembangan sosial dan emosional sebelum play pretend. Kemudian melakukan play pretend  dan selanjutnya menilai lagi perkembangan sosial dan emosional anak. Populasi penelitian ini adalah semua Ibu dan anak usia 18-60 bulan di Desa Dukuhmojo, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang sebanyak 30 anak. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Sampel penelitian ini adalah semua Ibu dan anak usia 18-60 bulan di Desa Dukuhmojo,  Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang sebanyak 30 anak. Instrument dalam penelitian ini adalah kuesioner. Penelitian ini dilakukan di Desa Dukuhmojo,  Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang pada Oktober 2024. Pengolahan data dilakukan dengan editing, coding, scoring, tabulating, dan analisis data dengan tabel silang. Kemudian menyajikan hasil penelitian yang diinterpretasikan dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan responden yang memiliki perkembangan sosial dan emosional positif setelah melakukan play pretend. Play pretend dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional dangan cara melakukan interaksi sehingga mampu mengenali bahwa orang lain memiliki keyakinan, niat, pikiran, dan perasaan yang berbeda. Anak juga dapat mengetahui, mengatur, dan mengendalikan emosinya dengan lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Khan, R. imani. (2020). Pretend Play Untuk Melatih Soft Skill Anak. Prosiding Seminar Nasionalriset Teknologi Terapan. Diambil dari https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/senaster/article/view/2683

Ndari, S. S., Vinayastri, A., & Masykuroh, K. (2019). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER.

Nursalam. (2016). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Jakarta: Salemba Medika.

Salsabila, S. (2024). Pengaruh Bermain Pura-Pura (Pretend Play) Terhadap Sikap Tanggung Jawab Anak Kelompok B TK Rizani Putra Kecamatan Jambi Luar Kota. Universitas Jambi.

Suminar, D. R. (2019). Psikologi bermain: Bermain & permainan bagi perkembangan anak. Airlangga University Press.

Triyanti, E., Saparahayuningsih, S., & Sumarsih, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Melalui Bermain Simbolik. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 28–35.

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan belajar pada anak usia dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(1), 159–176.

Published

2025-10-29

How to Cite

Laili, S. I. (2025). Pengaruh play pretend terhadap perkembangan sosial dan emosional anak: The effect of play pretend to children’s social and emotional development. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 11(3), 573-577. https://doi.org/10.33023/jikep.v11i3.2871