HUBUNGAN ANTARA BESARNYA JASA PELAYANAN BPJS DENGAN TINGKAT KEPUASAN KERJA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MOJOWARNO JOMBANG
The Relationship Between The Amount Of Bpjs Service Gives With The Satisfaction Of Working In Health Services In Puskesmas Mojowarno Jombang
Abstract
Pendahuluan : Tingkat kepuasaan pegawai kesehatan mengenai besarnya jasa pelayanan merupakan salah satu indikator sejauh mana keberhasilan dari pelayanan yang diberikan oleh pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kepada fasilitas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara besarnya jasa pelayanan BPJS dengan tingkat kepuasan kerja dalam memberikan pelayanan kesehatan di puskesmas mojowarno kabupaten jombang. Metode : Desain penelitian ini menggunakan korelasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja di Puskesmas Mojowarno sebesar empat puluh tiga (43) pegawai, dengan sampel sebesar 38 responden yang diambil dengan menggunakan accidental sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang kemudian di olah menggunakan uji statistik spearman range correlation. Hasil : Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 76,3% responden yang memperoleh jasa pelayanan sebesar > 1.000.000 hampir seluruhnya (82,8%) merasa puas. Sedangkan 21,1% responden yang memperoleh jasa pelayanan sebesar 500.000-1.000000 setengahnya (50,0%) juga merasa puas dan dari 2,6% kemudian responden yang memperoleh jasa pelayanan sebesar < 500.000 seluruhnya (100%) merasa tidak puas dalam bekerja. Hasil uji spearman rank didapatkan bahwa ? hitung 0,000, nilai correlation coefficient sebesar 0,567 menunjukkan hubungan dalam kategori sedang. Pembahasan : terdapat hubungan antara besarnya jasa pelayanan badan penyelenggara jaminan sosial dengan tingkat kepuasan kerja dalam memberikan pelayanan kesehatan di Puskesmas Mojowarno Kabupaten Jombang dalam kategori sedang. Diharapkan dengan tercapainya kepuasan, semakin menambah pengetahuan dan kesadaran pegawai tentang kepuasan kerja sehingga meningkatkan kinerja serta mutu pelayanan kesehatan yang diberikan.
Kata Kunci : jasa pelayanan, kepuasan kerja
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).