HUBUNGAN ANTARA BESARNYA JASA PELAYANAN BPJS DENGAN TINGKAT KEPUASAN KERJA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MOJOWARNO JOMBANG

The Relationship Between The Amount Of Bpjs Service Gives With The Satisfaction Of Working In Health Services In Puskesmas Mojowarno Jombang

Authors

  • Afni Rochman Aziz
  • Hexawan Tjahja W

Abstract

Pendahuluan : Tingkat kepuasaan pegawai kesehatan mengenai besarnya jasa pelayanan merupakan salah satu indikator sejauh mana keberhasilan dari pelayanan yang diberikan oleh pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kepada fasilitas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara besarnya jasa pelayanan BPJS dengan tingkat kepuasan kerja dalam memberikan pelayanan kesehatan di puskesmas mojowarno kabupaten jombang. Metode : Desain penelitian ini menggunakan korelasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja di Puskesmas Mojowarno sebesar empat puluh tiga (43) pegawai, dengan sampel sebesar 38 responden yang diambil dengan menggunakan accidental sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang kemudian di olah menggunakan uji statistik spearman range correlation. Hasil : Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 76,3% responden yang memperoleh jasa pelayanan sebesar > 1.000.000 hampir seluruhnya  (82,8%) merasa puas. Sedangkan 21,1% responden yang memperoleh jasa pelayanan sebesar 500.000-1.000000 setengahnya (50,0%) juga merasa puas dan dari 2,6% kemudian responden yang memperoleh jasa pelayanan sebesar < 500.000 seluruhnya  (100%) merasa tidak puas dalam bekerja. Hasil uji spearman rank didapatkan bahwa ? hitung 0,000, nilai correlation coefficient sebesar 0,567 menunjukkan hubungan dalam kategori sedang. Pembahasan : terdapat hubungan antara besarnya jasa pelayanan badan penyelenggara jaminan sosial dengan tingkat kepuasan kerja dalam memberikan pelayanan kesehatan di Puskesmas Mojowarno Kabupaten Jombang dalam kategori sedang. Diharapkan dengan tercapainya kepuasan, semakin menambah pengetahuan dan kesadaran pegawai tentang kepuasan kerja sehingga meningkatkan kinerja serta mutu pelayanan kesehatan yang diberikan.

Kata Kunci : jasa pelayanan, kepuasan kerja

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Afni Rochman Aziz

Mahasiswa S1 Keperawatan, STIKES Pemkab Jombang

Hexawan Tjahja W

Puskesmas Cukir, Kabupaten Jombang

Published

2015-09-02

How to Cite

Aziz, A. R., & W, H. T. (2015). HUBUNGAN ANTARA BESARNYA JASA PELAYANAN BPJS DENGAN TINGKAT KEPUASAN KERJA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MOJOWARNO JOMBANG: The Relationship Between The Amount Of Bpjs Service Gives With The Satisfaction Of Working In Health Services In Puskesmas Mojowarno Jombang. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 1(2), 38-43. Retrieved from https://journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jikep/article/view/37