PENGARUH EDUKASI BERBASIS VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN BALUT BIDAI PERTOLONGAN PERTAMA FRAKTUR TULANG PADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS POLONGBANGKENG SELATAN
The Effect of Video-Based Education on Bone Fracture First Aid Knowledge Wrap in Communities in Polongbangkeng Selatan
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v9i1.1374Keywords:
Video-based education, knowledge, splint dressing, fracture first aidAbstract
Pendahuluan: Balut bidai adalah pertolongan pertama pada bagian tubuh yang mengalami cedera seperti patah tulang dengan cara mempertahankan posisi tubuh memggunakan alat yang dapat menjaga posisi ekstremitas yang stabil dan nyaman. Balut bidai merupaan salah satu tindakan yang harus ditangani dengan cepat, tepat dan harus sesuai dengan prosedur pelaksanaan pertolongan pertama atau pre hospital yaitu pelaksanaan balut bidai. Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi berbasis video terhadap pengetahuan balut bidai pertolongan pertama fraktur tulang pada masyarakat diwilayah kerja Puskesmas Polongbangkeng Selatan. Metode: penelitian kuantitatif dengan quasi exsperiment one group control pre-post test untuk membandingkan intervensi pengaruh pengetahuan pre dan post intervensi. Sampel adalah masyarakat di wilayah kerja puskesmas Polongbangkeng Selatan yang memenuhi Kriteria Inklusi sejumlah 20 responden. Hasil: Sebelum diberikan edukasi berbasis video rata–rata pengetahuan adalah 5.7. Setelah diberikan edukasi berbasis video nilai rata–rata pengetahuan adalah 8.00, menggunakan uji T didapatkan ada pengaruh edukasi berbasis video terhadap pengetahuan balut bidai pertolongan pertama pada fraktur tulang. Simpulan: Edukasi berbasis video dan materi penyuluhan serta pelatihan balut bidai mampu meningkatkan pengetahuan perolongan pertama pada fraktur tulang pada masyarakat di wilayah kerja puskesmas polongbangkeng selatan Kabupaten Takalar.
Downloads
References
CHRISTINE A.A PANJAITAN. (2021). Literature Review?: Pengaruh Pelatihan Pembidaian Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Dalam Memberikan Pertolongan Pertama Fraktur Tulang Panjang.
Ernasari, E., Kaelan, C., & Nurdin, A. A. (2021). Pengaruh Pelatihan Balut Bidai terhadap Pengetahuan Penatalaksanaan Fraktur pada Anggota PMR di SMK Kota Makassar. An Idea Health Journal, 1(1), 43–49. https://doi.org/10.53690/ihj.v1i1.32
Etlidawati, & Milinia, K. (2021). Simulation and audio-visual learning method for knowledge of cardiac pulmonary resuscitation skills in nursing students. Bali Medical Journal, 10(3Special issue), 1023–1028. https://doi.org/10.15562/bmj.v10i3.2816
Febrianti, L. A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pembidaian Fraktur Dengan Metode Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa/I Tingkat Iii Ners Stikes Santa Elisabeth Tahun 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pembidaian Fraktur Dengan Metode Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa/I Tingkat Iii Ners Stikes Santa Elisabeth Tahun 2019, 53(9), 1689–1699.
Kristiani, Y. (2014). Fakultas keperawatan universitas sumatera utara 2014.
Listiana, D., & Oktarina, A. R. (2019). Pengaruh pelatihan balut bidai terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa/i palang merah remaja (pmr) di sma n. 4 kota bengkulu 1. 3(September).
Rahmadita, S. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Infografis Melalui Media Sosial Terhadap Perilaku Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Di Pengemudi Ojek Online Surabaya.
Sari, Dwi. (2015). Pengaruh Pelatihan Balut Bidai Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Kelas di SMA Negeri 2 Seleman Yogyakarta.
Mardiana. (2011). Keterampilan Kader Posyandu Dalam Pengukuran Antropometri Sebelum dan Sesudah Pelatihan.
Notoadmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam, Metodelogi penelitian, 2017
Tasman. (2017). Pengaruh Latihan Fisik Jalan Kaki Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe Ii Di Kota Padang. Menara Ilmu, XI(77), 130–135.
World Health Organization, 2019
Warouw, J. A. (2018). Panjang Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 6 Manado. Ejournal Keperawatan, 6, 1–8.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).