TINGKAT PEMAHAMAN ORANG TUA ANAK CEREBRAL PALSY TERHADAP PETUNJUK TERAPI LATIHAN MANDIRI MENGGUNAKAN APLIKASI KORTIKO.EDU

Parents' Levels of Understanding of Self-Training Therapy Instructions Using the Kortiko.edu Application for Children with Cerebral Palsy

Authors

  • Khabib Abdullah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Lailatuz Zaidah Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Anik Muwarni Darajatun RS Haji Surabaya
  • Atik Swandari Prodi S1 Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fadma Putri
  • Ichlasul Amalia Romadona

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v9i5.1633

Keywords:

Cerebral palsy, Kortiko.edu, terapi latihan mandiri

Abstract

Pendahuluan Orang tua anak CP harus diajarkan cara melakukan terapi latihan mandiri. Untuk itu, dibuatlah aplikasi Kortiko.edu. Belum diketahui seberapa tingkat pemahaman orang tua terhadap petunjuk terapi latihan mandiri pada aplikasi Kortiko.edu. Tujuan: untuk mengetahui tingkat pemahaman orang tua anak CP terhadap petunjuk terapi latihan pada aplikasi Kortiko.edu. Metode: penelitian deksriptif analitik pada 30 orangtua di komunitas Happy CP family Surabaya. 30 responden mengunduh aplikasi Kortiko.edu kemudian mempelajari setiap petunjuk latihan selama 2 pekan. Setelah itu, responden mengisi kuisioner tentang pemahaman terhadap petunjuk terapi latihan mandiri di aplikasi. Petunjuk terapi latihan berupa video-video: latihan meningkatkan kesehatan anak CP, latihan motorik kasar dan halus dan latihan oral motor. Hasil: 85% responden sangat paham tentang petunjuk terapi latihan untuk meningkatkan kesehatan anak CP, 82% sangat paham tentang petunjuk terapi latihan untuk motorik kasar, 88% sangat paham tentang petunjuk terapi latihan motorik halus dan 81% sangat paham tentang petunjuk terapi latihan oral motor. Secara rerata, 84% responden sangat paham terhadap petunjuk terapi latihan mandiri menggunakan aplikasi Kortiko.edu. Kesimpulan: petunjuk terapi latihan di aplikasi Kortiko.edu sangat mudah dipahami oleh responden pada penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, K. (2023). Studi aksesibilitas dan kualitas aplikasi Kortiko.edu pada orang tua dengan anak cerebral palsy di komunitas happy cp family surabaya. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah , 45-49.

Arsyad, A. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Beckers, L. (2020). Feasibility and effectiveness of home-based therapy programmes for children with cerebral palsy: a systematic review. BMJ Open , 1-52.

Demeke, Z. D. (2023). Home-based therapy and its determinants for children with cerebral palsy, exploration of parents’ and physiotherapists’ perspective, a qualitative study, Ethiopia. PLoS ONE 18(2), 21-27.

Dimyanti. (2009). Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta .

Gbonjubola, Y. (2021). Physiotherapy management of children with cerebral palsy. Adesh University Journal of Medical Sciences & Research, 64-68.

Gimigliano, F. (2019). Are exercise interventions effective in patients with cerebral palsy? A Cochrane Review summary with commentary. DEVELOPMENTAL MEDICINE & CHILD NEUROLOGY, 18-20.

Kortiko.edu. (2021, 08 7). google playstore. (google) Retrieved 06 15, 2023, from https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kortikoedu.kortiko

Lestari, N. H. (2023, Mei 10). Kategori Umur Balita, Remaja, dan Dewasa Menurut Kemenkes, Jangan Salah. Retrieved from tempo.co: https://gaya.tempo.co/read/1724197/kategori-umur-balita-remaja-dan-dewasa-menurut-kemenkes-jangan-salah

Miranda, S. (2021, 10 monday 13). times indonesia. Retrieved from timesindonesia.co.id: https://timesindonesia.co.id/pendidikan/369899/mahasiswa-universitas-muhammadiyah-surabaya-berhasil-ciptakan-aplikasi-kortikoedu-untuk-penderita-cp

Ngadiyono, Y. (2009). Pengaruh strategi pengulangan terhadap kemampuan retensi belajar pneumatik mahasiswa pendidikan teknik mesin uny. Jurnal pendidikan teknologi kejuruan , 1-21.

Patel DR, N. M. (2020). Cerebral palsy in children: a clinical overview. . Translational Pediatric , 125-135.

Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi . Jurnal Adabiya vol 1 No 83, 45-49.

Sadiman, A. S. (2003). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, . Jakarta: Raja Grafindo.

Sari, P. (2015). Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning . Jurnal Ummul Qura Vol VI No 2, 23-28.

Sartohadi, S. (2014). Kajian pengaruh tingkat pendidikan terhadap perilaku masyarakat dalam pengelolaan lahan rawan longsorlahan di kecamatan pekuncen kabupaten banyumas. Geoedukasi vol 3 no 1 , 12-18.

Sharma, R. (2018). Evidence based review of physiotherapy management of cerebral palsy patients. International Journal of Physiotherapy and Research,, 2864-2881.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sulistyowati, A., Putra, K. W., & Umami, R. (2017). Hubungan antara usia dan tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang perawatan payudara selama hamil di poli kandungan di rsu jasem, SIDOARJO . Jurnal Nurse and Health.

Yang, G. (2022). The Effect of Physical Exercise on Gross Motor Function in Children with Cerebral Palsy: A Meta-Analysis. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 581-591.

Published

2023-10-30

How to Cite

Abdullah, K. ., Zaidah, L. ., Darajatun, A. M. ., Swandari , A. ., Putri, F. ., & Romadona, I. A. . (2023). TINGKAT PEMAHAMAN ORANG TUA ANAK CEREBRAL PALSY TERHADAP PETUNJUK TERAPI LATIHAN MANDIRI MENGGUNAKAN APLIKASI KORTIKO.EDU: Parents’ Levels of Understanding of Self-Training Therapy Instructions Using the Kortiko.edu Application for Children with Cerebral Palsy. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 9(5), 605-612. https://doi.org/10.33023/jikep.v9i5.1633