HUBUNGAN ANTARA TUGAS PERKEMBANGAN KELUARGA DAN TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA DENGAN PERILAKU AGRESIF DI SMP NEGERI 2 PUNGGELAN

The Correlation Between Family Developmental Tasks and Adolescent Tasks with Aggressive Behavior at SMP Negeri 2 Punggelan

Authors

  • Dwi Rahmawati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Supriyadi

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v9i5.1675

Keywords:

Family Development Tasks, Adolescent Development Tasks, Aggressiveness.

Abstract

atar belakang: Perilaku agresif ialah perilaku yang merugikan secara verbal atau fisik yang cenderung merugikan orang lain dan bersifat destruktif. Terdapat 4 aspek perilaku agresif yakni fisik, verbal, dan permusuhan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku agresif salah satunya ialah faktor eksternal seperti pola asuh orang tua, keluarga, dan teman sebaya. Tujuan: Mengetahui hubungan antara tugas perkembangan keluarga dan tugas perkembangan remaja dengan perilaku agresif di SMP Negeri 2 Punggelan. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan mempergunakan metode deskriptif analitik melalui pendekatan cross-sectional. Metode sampling dalam penelitian ini yaitu Stratified random sampling dengan sampel yang digunakan yaitu 60 responden siswa SMP Negeri 2 Punggelan. Hasil: Hasil uji chi square hubungan tugas perkembangan keluarga dengan perilaku agresif didapatkan p-value = 0.000 (p < 0.05). Dan hubungan tugas perkembangan remaja dengan perilaku agresif didapatkan p-value = 0.001 (p < 0.05). Perolehan penelitian memperlihatkan bahwasanya terdapat hubungan yang signifikan antara tugas perkembangan keluarga dan tugas perkembangan remaja dengan perilaku agresif di SMP Negeri 2 Punggelan. Kesimpulan: Ada hubungan antara tugas perkembangan keluarga dan tugas perkembangan remaja dengan perilaku agresif di SMP Negeri 2 Punggelan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, A., Purwaningtyas, F., Ristanti, E., & Yulinda, F. (2021). Kelekatan Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Remaja. 8(1), 496–504

Ajhuri, K. (2019). Psikologi Perkembangan (Lukman (ed.)). Yogyakarta: Media Pustaka

Amaliasari, R. D., & Zulfiana, U. (2019). Hubungan antara Self-Management dengan Perilaku Agresi pada Siswa SMA. Cognicia, 7(3), 308. https://doi.org/10.22219/cognicia.vol7.no3.308-320

Aulya, A., Ilyas, A., & Ifdil. (2016). Perbedaan Perilaku Agresif Siswa Laki-Laki dan Siswa Perempuan. Jurnal Pendidikan Indonesia

Aziz, L., Yusmah., & Mayasari, S. (2019). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Agresivitas Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling

Fabanyo, R., Momot, S., & Mustamu, A. (2023). Buku Ajar Keperawatan Keluarga. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management

Lestari, R. F., & Susanto, A. (2019). Hubungan Kematangan Emosi Terhadap Perilaku Agresif Siswa Madrasah Aliyah Dan Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ners Indonesia 9(2):114. doi: 10.31258/jni.10.1.114-121

Ndruru, Y. (2022). Peran Orangtua Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Anak Usia Remaja Di Desa Talio Kecamatan Hilisala’ahe. Civic Society Research and Education. 3(1)

Nur F, A. (2022). Teori Dasar Memahami Perilaku. In Sholihuddin, Z. M (Ed.): Guepedia

Pratiwi, N. K. S., Sumadewi, K. T., & Tirta, I. G. R. (2022). Hubungan Antara Pola Interaksi Orang Tua - Anak Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Di SMP Negeri 1 Kuta Utara. Aesculapius Medical Journal 2(3):155–60.

Putri, A. F. (2019). Konsep Perilaku Agresif Siswa. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 28. https://doi.org/10.23916/08416011

Rahmadani, E. D. A., & Fikry, Z. (2020). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Agresif pada Siswa Sma Pembangunan Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai 4,2495–2501. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/735

S J Kahar, M., Situmorang, N., & Urbayatun, S. (2022). Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Perilaku Agresif pada Siswa SMA di Yogyakarta. Psyche 165 Journal, 15(1), 7–12. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i1.143

Santrock, J. (2014). Adolescence (16th ed.). McGraw-Hill

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group

Susilo, R. (2022). Keluarga Dalam Perspektif Keperawatan Dan Kesehatan. Purwokerto: CV. Amerta Media

WHO. (2016). Youth Violence. Retrieved (http://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/youth-violence)

Wigati, P., Sutrisni., Akhmad., & Prasetyo, R. . (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Pada Anak Pra Sekolah Di Tk Al Hidayah Bakung Udanawu Kabupaten Blitar Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(2), 360–364. https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1146

Yanizon, A., & Sesriani, V. (2019). Penyebab Munculnya Perilaku Agresif Pada Remaja. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 6(1), 23–36. https://doi.org/10.33373/kop.v6i1.1915

Published

2023-10-30

How to Cite

Rahmawati, D., & Supriyadi. (2023). HUBUNGAN ANTARA TUGAS PERKEMBANGAN KELUARGA DAN TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA DENGAN PERILAKU AGRESIF DI SMP NEGERI 2 PUNGGELAN: The Correlation Between Family Developmental Tasks and Adolescent Tasks with Aggressive Behavior at SMP Negeri 2 Punggelan . Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 9(5), 613-619. https://doi.org/10.33023/jikep.v9i5.1675