HUBUNGAN ANTARA TUGAS PERKEMBANGAN KELUARGA DAN TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA DENGAN PERILAKU AGRESIF DI SMP NEGERI 2 PUNGGELAN
The Correlation Between Family Developmental Tasks and Adolescent Tasks with Aggressive Behavior at SMP Negeri 2 Punggelan
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v9i5.1675Keywords:
Family Development Tasks, Adolescent Development Tasks, Aggressiveness.Abstract
atar belakang: Perilaku agresif ialah perilaku yang merugikan secara verbal atau fisik yang cenderung merugikan orang lain dan bersifat destruktif. Terdapat 4 aspek perilaku agresif yakni fisik, verbal, dan permusuhan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku agresif salah satunya ialah faktor eksternal seperti pola asuh orang tua, keluarga, dan teman sebaya. Tujuan: Mengetahui hubungan antara tugas perkembangan keluarga dan tugas perkembangan remaja dengan perilaku agresif di SMP Negeri 2 Punggelan. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan mempergunakan metode deskriptif analitik melalui pendekatan cross-sectional. Metode sampling dalam penelitian ini yaitu Stratified random sampling dengan sampel yang digunakan yaitu 60 responden siswa SMP Negeri 2 Punggelan. Hasil: Hasil uji chi square hubungan tugas perkembangan keluarga dengan perilaku agresif didapatkan p-value = 0.000 (p < 0.05). Dan hubungan tugas perkembangan remaja dengan perilaku agresif didapatkan p-value = 0.001 (p < 0.05). Perolehan penelitian memperlihatkan bahwasanya terdapat hubungan yang signifikan antara tugas perkembangan keluarga dan tugas perkembangan remaja dengan perilaku agresif di SMP Negeri 2 Punggelan. Kesimpulan: Ada hubungan antara tugas perkembangan keluarga dan tugas perkembangan remaja dengan perilaku agresif di SMP Negeri 2 Punggelan.
Downloads
References
Agustin, A., Purwaningtyas, F., Ristanti, E., & Yulinda, F. (2021). Kelekatan Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Remaja. 8(1), 496–504
Ajhuri, K. (2019). Psikologi Perkembangan (Lukman (ed.)). Yogyakarta: Media Pustaka
Amaliasari, R. D., & Zulfiana, U. (2019). Hubungan antara Self-Management dengan Perilaku Agresi pada Siswa SMA. Cognicia, 7(3), 308. https://doi.org/10.22219/cognicia.vol7.no3.308-320
Aulya, A., Ilyas, A., & Ifdil. (2016). Perbedaan Perilaku Agresif Siswa Laki-Laki dan Siswa Perempuan. Jurnal Pendidikan Indonesia
Aziz, L., Yusmah., & Mayasari, S. (2019). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Agresivitas Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling
Fabanyo, R., Momot, S., & Mustamu, A. (2023). Buku Ajar Keperawatan Keluarga. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management
Lestari, R. F., & Susanto, A. (2019). Hubungan Kematangan Emosi Terhadap Perilaku Agresif Siswa Madrasah Aliyah Dan Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ners Indonesia 9(2):114. doi: 10.31258/jni.10.1.114-121
Ndruru, Y. (2022). Peran Orangtua Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Anak Usia Remaja Di Desa Talio Kecamatan Hilisala’ahe. Civic Society Research and Education. 3(1)
Nur F, A. (2022). Teori Dasar Memahami Perilaku. In Sholihuddin, Z. M (Ed.): Guepedia
Pratiwi, N. K. S., Sumadewi, K. T., & Tirta, I. G. R. (2022). Hubungan Antara Pola Interaksi Orang Tua - Anak Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Di SMP Negeri 1 Kuta Utara. Aesculapius Medical Journal 2(3):155–60.
Putri, A. F. (2019). Konsep Perilaku Agresif Siswa. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 28. https://doi.org/10.23916/08416011
Rahmadani, E. D. A., & Fikry, Z. (2020). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Agresif pada Siswa Sma Pembangunan Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai 4,2495–2501. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/735
S J Kahar, M., Situmorang, N., & Urbayatun, S. (2022). Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Perilaku Agresif pada Siswa SMA di Yogyakarta. Psyche 165 Journal, 15(1), 7–12. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i1.143
Santrock, J. (2014). Adolescence (16th ed.). McGraw-Hill
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group
Susilo, R. (2022). Keluarga Dalam Perspektif Keperawatan Dan Kesehatan. Purwokerto: CV. Amerta Media
WHO. (2016). Youth Violence. Retrieved (http://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/youth-violence)
Wigati, P., Sutrisni., Akhmad., & Prasetyo, R. . (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Pada Anak Pra Sekolah Di Tk Al Hidayah Bakung Udanawu Kabupaten Blitar Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(2), 360–364. https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1146
Yanizon, A., & Sesriani, V. (2019). Penyebab Munculnya Perilaku Agresif Pada Remaja. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 6(1), 23–36. https://doi.org/10.33373/kop.v6i1.1915
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).