EFFIKASI DIRI, KETERAMPILAN EMOSIONAL DAN KEPEMIMPINAN MELAYANI TERHADAP KINERJA TIM KEPERAWATAN DI RSUD LAKIPADADA TANA TORAJA
Self-Efficacy, Emotional Skill and Servant Leadership on The Performance of The Nursing Team at Lakipadada Tana Toraja Hospital
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v9i5.1790Keywords:
Efficacy diri, keterampilan emosional, kinerja tim perawatAbstract
Pendahuluan: Self efficacy, kecerdasan emosional, dan servant leadership merupakan kompetensi interpersonal yang hendaknya dimiliki oleh personal perawat. sangat penting untuk menyiapkan SDM yang memiliki self-efficacy dan kecerdasan emosional yang tinggi dan memiliki sikap kepemimpinan yang mampu membawa tim kerja keperawatan di unit pelayanan yang mendukung pencapaian tujuan pelayanan dan organisasi.Tujuan : mengetahui korelasi self-efficacy, kecerdasan emosional dan servant leadership dalam meningkatkan kinerja tim perawat di RSUD Lakipadada Toraja. Metode: Penelitian ini menggunakan Desain Analitik Korelasional dengan pendekatan cross-sectional melalui uji Korelasi Gamma dan Somers’d. Populasi penelitian ini adalah Perawat di RSUD Lakipadada, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang berdasarkan convenience sampling. Hasil: menunjukkan tidak ada hubungan korelasi antara efficacy diri perawat terhadap kinerja tim dengan nilai p 0,984 atau p > 0,00, dan keduanya masing-masing memiliki kekuatan yang sangat lemah dengan nilai r sebesar 0,003. Keterampilan emosional terhadap kinerja tim perawat memiliki hubungan korelasi p < 0,05 atau p 0,000 dan hubungan korelasi tersebut sangat kuat dengan nilai r 0,917. Penerapan kepemimpinan yang melayani terhadap kinerja tim perawat memiliki hubungan korelasi dengan nilai p 0,000 atau p < 0,05 dan memiliki hubungan yang kuat dengan nilai r 0,769. Kesimpulan : keterampilan emosional dan kepemimpinan yang melayani memiliki peluang lima kali lebih besar dalam meningkatkan kinerja tim perawat, sedangkan efficacy diri perawat tidak memiliki peluang dalam meningkatkan kinerja tim perawat meskipun 43% dalam kategori cukup, hal tersebut dapat didasari pada motivasi untuk melakukan pekerjaan yang berlandaskan nilai-nilai luhur budaya orang Toraja yang mengutamakan pelayanan dan kebersamaan dalam menyelesaikan masalah keperawatan pasien. Rekomendasi : meningkatkan kompetensi yang menunjang efficacy diri perawat agar kinerja tim keperawatan lebih meningkat lag
Downloads
References
Akbar Z, Tahoma O, (2018). Dukungan sosial dan resiliensi diri pada guru sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi: JPPP.
Bandura A, Freeman WH, Lightsey R, (1999). Self-efficacy: The exercise of control. Springer;.
Bar-On R. (2006). Model kecerdasan emosional-sosial (ESI) Bar-On.Psikothema18
Chapman M, (2008). Emotional Intelligence Pocketbook. Jakarta; Meta Exia
Goleman D, (2003). Emotional Intelligence/ Kecerdasan Emosional. Jakarta; Gramedia
Lukas Purnama. (2010). Hubungan kecerdasan emosional perawat dengan perilaku caring perawat menurut persepsi pasien di ruang rawat inap RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso.
Rayatin, L, Novieastari, E , Afifah, E, (2018). Model kepemimpinan servant paling dominan berhubungan dengan kinerja. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 21 No.3, November, pISSN 1410-4490, eISSN 2354-9203 DOI: 10.7454/jki.v21i3.773
Riyanto, P., & Mudian, D. (2019). Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa. Journal Sport Area,;https://doi.org/10.25299/
Sartika D, Hariyati RTS, Novieastari E, (2014). Self efficacy perawat dalam penggunaan system informasi keperawatan Di RSIA Bunda Jakarta: Studi fenomenologi. Jurnal Keperawatan Indonesia.
Van Dierendonck D, Patterson K, (2010). Servant leadership: Developments in theory and research: Springer; https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/0149206310380462
Yeung R.(2009) The New Rules Emotional Intelligence. Jakarta; Publishing One
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).