EFEKTIVITAS PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP PERUBAHAN MEKANISME KOPING KELUARGA DENGAN ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB KURNIA ASIH NGORO JOMBANG

The Effectiveness of Family Psychoeducation on Changing the Coping Mechanisms of Families with Mentally Retarded Children at SLB Kurnia Asih Ngoro Jombang

Authors

  • Shanti Rosmaharani Stikes Pemkab Jombang
  • Rodiyah
  • I'in Noviana

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v9i5.1793

Keywords:

Keywords: Family psychoeducation, coping mechanisms, mental retardation

Abstract

Pendahuluan:Keluarga dengan anak retardasi mental tentunya menghadapi banyak permasalahan kompleks yang terjadi dari masyarakat, disorientasi harapan dan stigma negatif. Masalah yang dihadapi memerlukan mekanisme koping yang baik agar berdampak posiif bagi seluruh anggota keluarga terutama bagi anak dengan retardasi mental. Psikoedukasi keluarga merupakan salah satu terapi yang dapat dipergunakan untuk memperkuat kemampuan koping keluarga. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap perubahan mekanisme koping keluarga dengan anak retardasi mental. Metode: Desain penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental one-group pra-post test design. Populasi keluarga yang merawat anak dengan retardasi mental sebanyak 40 orang. Besar sampel sejumlah 40 responden dengan menggunakan total sampling. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Variabel independen adalah psikoedukasi keluarga. Sedangkan variabel dependen adalah mekanisme koping keluarga. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner mekanisme koping The Brief Cope. Hasil: Dari hasil uji analisis Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan data menunjukkan hasil ?-value (0,002) < 0,05 yang berarti ada pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap mekanisme koping keluarga  Kesimpulan: penelitian ini psikoedukasi keluarga efektif untuk meningkatkan mekanisme koping keluarga sehingga akan tercipta lingkungan yang kondusif dan harmonis untuk keluarga tersebut. Psikoedukasi keluarg ini dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh pihak sekolah dan dapat dilakukan secara mandiri oleh kelaurag di rumah terutama ketika menghadapi masalah dalam perawatan anak dengan retardasi mental

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardani, A.W., Sasono, N.T. dan Rohmi, F. 2020. Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua Yang Memiliki Anak Retardasi Mental Di SLB BC PGRI Sumber Pucung. Jurnal MIDPRO. 12(1):123-134

Istafia., Rohmi, F. dan Aditya, R.S. 2020. Tingkat Stress Orangtua Mempengaruhi Perilaku Adaptif Anak Retardasi Mental Di Slb-Bc Kepanjen Kabupaten Malang. Jurnal Keperawatan Terapan (e-Journal). 06(01) : 2442-6873

Lutfianawati, D., Perwitaningrum, C.Y. dan Kurnia, R.T.R. 2019. Stres Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Dengan Retardasi Mental. Jurnal Psikologi Malahayati. 01(01):23-29.

Kusumaningrum, Y. 2019. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Perawatan Diri Anak Retardasi Mental Di Slb N Dr. Radjiman Widyodiningrat Ngawi. Disertasi. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Muhith, A., Eka, V., Yani, L. Y., & Wahyuningrum, T. 2019. Mekanisme Koping Keluarga Yang Memiliki Anak Retardasi Mental. Journal of Health Sciences. 12(1), 39-45.

Nuralami, F., Atmadja, I.A.D. dan Ramdhanie, G.G. 2022. Gambaran strategi koping orang tua dengan anak retardasi mental. Holistik Jurnal Kesehatan. 16(1):15-23

Pujiati. 2018. Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Pengetahuan Dan Kecemasan Orang Tua Tentang Oral Hygiene Pada Anak Dengan Leukemia Limfoblastik Akut di RSUD Dr. Sutomo Surabaya. Skripsi. Universitas Airlangga

Pravesty, E. 2017. Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat Stress Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Retardasi Mental di SLB N 1 Bantul. Skripsi. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Tobing, D. L. 2015. Hubungan Stres Dengan Koping Orang Tua Pada Anak Tunagrahita Usia Sekolah Di Yayasan Darma Asih Sekolah Luar Biasa (SLB) Bagian C Dan C1 Depok. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia.

Wulandari, R.A., Soeharto, S. dan Setyoadi. 2016. Pengaruh Terapi Psikoedukasi Keluarga Terhadap Harga Diri Rendah Dan Beban Keluarga Dengan Anak Retardasi Mental. Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Science). 01(01):23-29. 04(02):184-204

Published

2023-10-30

How to Cite

Rosmaharani, S., Rodiyah, & Noviana, I. (2023). EFEKTIVITAS PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP PERUBAHAN MEKANISME KOPING KELUARGA DENGAN ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB KURNIA ASIH NGORO JOMBANG: The Effectiveness of Family Psychoeducation on Changing the Coping Mechanisms of Families with Mentally Retarded Children at SLB Kurnia Asih Ngoro Jombang. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 9(5), 690-695. https://doi.org/10.33023/jikep.v9i5.1793