EFEKTIVITAS PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP PERUBAHAN MEKANISME KOPING KELUARGA DENGAN ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB KURNIA ASIH NGORO JOMBANG
The Effectiveness of Family Psychoeducation on Changing the Coping Mechanisms of Families with Mentally Retarded Children at SLB Kurnia Asih Ngoro Jombang
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v9i5.1793Keywords:
Keywords: Family psychoeducation, coping mechanisms, mental retardationAbstract
P
Pendahuluan:Keluarga dengan anak retardasi mental tentunya menghadapi banyak permasalahan kompleks yang terjadi dari masyarakat, disorientasi harapan dan stigma negatif. Masalah yang dihadapi memerlukan mekanisme koping yang baik agar berdampak posiif bagi seluruh anggota keluarga terutama bagi anak dengan retardasi mental. Psikoedukasi keluarga merupakan salah satu terapi yang dapat dipergunakan untuk memperkuat kemampuan koping keluarga. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap perubahan mekanisme koping keluarga dengan anak retardasi mental. Metode: Desain penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental one-group pra-post test design. Populasi keluarga yang merawat anak dengan retardasi mental sebanyak 40 orang. Besar sampel sejumlah 40 responden dengan menggunakan total sampling. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Variabel independen adalah psikoedukasi keluarga. Sedangkan variabel dependen adalah mekanisme koping keluarga. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner mekanisme koping The Brief Cope. Hasil: Dari hasil uji analisis Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan data menunjukkan hasil ada pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap mekanisme koping keluarga Simpulan: Psikoedukasi keluarga efektif untuk meningkatkan mekanisme koping keluarga sehingga akan tercipta lingkungan yang kondusif dan harmonis untuk keluarga tersebut. Psikoedukasi keluarg ini dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh pihak sekolah dan dapat dilakukan secara mandiri oleh kelaurag di rumah.
Downloads
References
Ardani, A.W., Sasono, N.T. dan Rohmi, F. 2020. Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua Yang Memiliki Anak Retardasi Mental Di SLB BC PGRI Sumber Pucung. Jurnal MIDPRO. 12(1):123-134
Istafia., Rohmi, F. dan Aditya, R.S. 2020. Tingkat Stress Orangtua Mempengaruhi Perilaku Adaptif Anak Retardasi Mental Di Slb-Bc Kepanjen Kabupaten Malang. Jurnal Keperawatan Terapan (e-Journal). 06(01) : 2442-6873
Lutfianawati, D., Perwitaningrum, C.Y. dan Kurnia, R.T.R. 2019. Stres Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Dengan Retardasi Mental. Jurnal Psikologi Malahayati. 01(01):23-29.
Kusumaningrum, Y. 2019. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Perawatan Diri Anak Retardasi Mental Di Slb N Dr. Radjiman Widyodiningrat Ngawi. Disertasi. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.
Muhith, A., Eka, V., Yani, L. Y., & Wahyuningrum, T. 2019. Mekanisme Koping Keluarga Yang Memiliki Anak Retardasi Mental. Journal of Health Sciences. 12(1), 39-45.
Nuralami, F., Atmadja, I.A.D. dan Ramdhanie, G.G. 2022. Gambaran strategi koping orang tua dengan anak retardasi mental. Holistik Jurnal Kesehatan. 16(1):15-23
Pujiati. 2018. Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Pengetahuan Dan Kecemasan Orang Tua Tentang Oral Hygiene Pada Anak Dengan Leukemia Limfoblastik Akut di RSUD Dr. Sutomo Surabaya. Skripsi. Universitas Airlangga
Pravesty, E. 2017. Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat Stress Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Retardasi Mental di SLB N 1 Bantul. Skripsi. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
Tobing, D. L. 2015. Hubungan Stres Dengan Koping Orang Tua Pada Anak Tunagrahita Usia Sekolah Di Yayasan Darma Asih Sekolah Luar Biasa (SLB) Bagian C Dan C1 Depok. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia.
Wulandari, R.A., Soeharto, S. dan Setyoadi. 2016. Pengaruh Terapi Psikoedukasi Keluarga Terhadap Harga Diri Rendah Dan Beban Keluarga Dengan Anak Retardasi Mental. Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Science). 01(01):23-29. 04(02):184-204
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).