PENGARUH TERAPI AUDIOVISUAL (FILM KARTUN) TERHADAP TINGKAT STRES PADA ANAK USIA SEKOLAH YANG MENJALANI PHYSICAL DISTANCING DI RW 01 DESA WAGE KECAMATAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO

The effect of audiovisual therapy (cartoon film) on the level of stress in school-age children undergoing physical distancing

Authors

  • Putri Novitasari
  • Dwi Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
  • Sapto Dwi Anggoro

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v7i1.673

Keywords:

Stress, physical distancing, anak usia sekolah, terapi audiovisual

Abstract

Pendahuluan : Physical distancing adalah salah satu cara untuk mencegah penularan dan memutus rantai penyebaran Covid-19.  Saat ini seluruh kegiatan anak usia sekolah harus berada di dalam rumah, sehingga mereka mengeluh bosan karena tidak bisa bermain dengan temannya hal ini juga bisa mengakibatkan anak mengalami stres. Salah satu cara untuk mengurangi stres yaitu terapi audiovisual. Tujuan: Untuk meneliti pengaruh terapi audiovisual terhadap tingkat stres pada anak usia sekolah yang menjalani physical distancing di RW 01 Desa Wage Kecamatan Taman Sidoarjo. Metode: Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy-Eksperimental dengan metode pre-test - post test control group. Sampel penelitian ini berjumlah 50 anak, yang dibagi menjadi 25 anak pada kelompok intervensi dan 25 responden pada kelompok kontrol dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner melalui googleform. Analisa data menggunakan Wilcoxon Signed Rank dan uji Mann-Whitney (??0.05). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh terapi audiovisual (film kartun) terhadap tingkat stres pada anak usia sekolah yang menjalani physical distancing dengan derajat signifikan ??0,05. Kesimpulan: Implikasi penelitian ini adalah untuk menurunkan stres pada anak usia sekolah yang menjalani physical distancing dengan melakukan terapi setiap hari selama satu episode film kartun

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febriana, D., & Wahyuningsih, A. (2011) ‘Kajian Stres Hospitalisasi Terhadap Pemenuhan Pola Tidur Anak Usia Prasekolah di Ruang Anak RS Baptis Kediri’, Journal STIKES RS. BAPTIS KEDIRI, 4(2), pp. 66–72.

Goldman, K. & (2012) ‘Pediatric Psychosocial Oncology: Textbook for Multidisciplinary Care’, USA: Springer.

Kemenkes (2020) ‘Corona Virus di Indonesia’.

Lilis Fatmawati, Yuanita Syaiful, D. R. (2019) ‘Pengaruh Audiovisual Menonton Film Kartun Terhadap Tingkat Kecemasan Saat Prosedur Injeksi Pada Anak Prasekolah’, Pengaruh Audiovisual Menonton Film Kartun Terhadap Tingkat Kecemasan Saat Prosedur Injeksi Pada Anak Prasekolah, 12, pp. 15–29.

Pinel, J. P. J. (2012) ‘Stres dan Kesehatan Dalam: Biopsikologi’, edition 7.

Utami, Y. (2014) ‘Dampak hospitalisasi terhadap perkembangan anak’, 2.

Wahyuningrum (2015) ‘Pengaruh Cerita Melalui Audiovisual’, Studi Ilmu Keperawatan.

WHO (2020) ‘Coronavirus Disease’.

Published

2021-03-29

How to Cite

Novitasari, P., Ernawati, D., & Anggoro, S. D. (2021). PENGARUH TERAPI AUDIOVISUAL (FILM KARTUN) TERHADAP TINGKAT STRES PADA ANAK USIA SEKOLAH YANG MENJALANI PHYSICAL DISTANCING DI RW 01 DESA WAGE KECAMATAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO: The effect of audiovisual therapy (cartoon film) on the level of stress in school-age children undergoing physical distancing . Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 7(1), 13-18. https://doi.org/10.33023/jikep.v7i1.673