PENGARUH PEMBELAJARAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN VIDEO FOTOTERAPI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN
The Effect of Child Nursing Learning with Video Phototherapy on Knowledge Level
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v7i2.730Keywords:
pembelajaran, video, keperawatan anakAbstract
Pembelajaran pada masa pandemi, mayoritas menggunakan metode daring, demikian pula dengan kegiatan pembelajaran praktik dilaboratorium. Salah satu cara yang digunakan sebagai pengganti adalah dengan pembuatan video ketrampilan memasang fototerapi, dengan harapan mahasiswa mendapat gambaran tentang prosedur dari ketrampilan tsb, sehingga mampu mendapatkan hasil belajar yang maksimal, untuk mengingat Kembali video tsb dapat diputar ulang
Desain dalam penelitian ini adalah pra – experiment, dengan populasi mahasiswa semester V Prodi Ilmu Keperawatan STIKES Katolik St.Vincentius a Paulo Surabaya, pengambilan data, menggunakan sampling jenuh, semua mahasiswa digunakan sebagai sampel jumlahnya 35 responden, Variabel bebas dalam penelitian adalah pembelajaran menggunakan video, variable terikat yaitu tingkat pengetahuannya dalam memasang fototerapi. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner sebelum dan setelah melihat video.
Hasil dari ASDPP didapatkan sebelum melihat video Sebagian besar (51,43%) hasil belajarnya masuk kategori tingkat pengetahuan cukup, setelah melihat video pembelajaran mayoritas (91,43%) tingkat pengetahuannya adalah baik, dari uji statistic Wilcoxon dengan tingkat signifikan ? = 0.05 dan didapatkan harga p = 0.005 maka p < ? maka H1 diterima , artinya ada pengaruh tingkat pengetahuan mahasiswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan video memasang fototerapi.
Berdasarkan hasil diatas maka selama pembelajaran daring, sebagai pengganti praktik dilaboratorium dapat menggunakan video untuk membantu mahasiswa belajar mengenai ketrampilan, walaupun tidak diterapkan, sehingga mahasiswa mempunyai gambaran tentang prosedur yang seharusnya dipraktikkan.
Downloads
References
Arsyad, Azhar (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bolisani, E. and Bratianu, C. (2018) ‘Emergent Knowledge Strategies’, Emergent Knowledge Strategies, 4(July), pp. 23–47. doi: 10.1007/978-3-319-60657- 6.
Sanjaya, Wina.(2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Jakarta:Kencana Prenada
Media Group
Undang Undang RI nomor 30 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional
Wiechetek, Lukasz. (2018). Improving knowledge and skills with video-sharing websites. Framework of e-learning video course for students of logistics. doi: 10.21125/inted.2018.0388
Yi Li, Liang. (2018). Effect of Prior Knowledge on Attitudes, Behavior, and Learning Performance in Video Lecture Viewing. International Journal of Human-Computer Interaction 35(3):1-12.doi:10.1080/10447318.2018.1543086
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).