FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TAHAP PROFESI STASE ANAK STIKES WIRA MEDIKA BALI

Factors effecting Profession Phase Student Satisfaction in Pediatric Stage STIKES Wira Medika Bali

Authors

  • Niken Ayu Merna Eka Sari STIKes Wira Medika Bali
  • I Gusti Ayu Putu Satya Laksmi

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v7i2.760

Keywords:

Mahasiswa perawat, tingkat kepuasan, stase anak

Abstract

Pendidikan Ners merupakan lanjutan dari tahap akademik, namun kenyataannya masih banyak mahasiswa yang tidak melanjutkan sampai tahap profesi. Berdasarkan data dari Program Studi Ners STIKes Wira Medika jumlah mahasiswa yang mengikuti tahap profesi tahun 2015 sejumlah 242 dari total 245 mahasiswa, tahun 2016 sejulah 217 dari otal 221 dan tahun 2017 sejumlah 172 dari total 175 mahasiswa. Berbagai factor yang mempengaruhi hal tersebut salah satunya adalah pelayanan akademik. Pelayanan akademik yang berkualitas akan memberikan dorongan bagi mahasiswa untuk menjalin ikatan yang saling menguntungkan dalam jangka panjang. Tujuan Penelitian: menganalisa factor apa saja yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan mahasiswa tahap profesi stase anak. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian deskriptif. Hasil: uji chi Square menunjukkan nilai p value 0,000 pada ke empat faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan komunikasi CT, kemampuan interpersonal CT, kemampuan professional CT dan perilaku mengajar CT terhadap tingkat kepuasaan mahasiswa. Simpulan: kemampuan komunikasi CT, kemampuan interpersonal CT, kemampuan professional CT dan perilaku mengajar CT sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasaan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abreu, W. C. de, & Interpeler, S. S. (2015). Ef-fective Mentorship to Improve Clinical De-cision Making and a Positive Identity: A Comparative Study in Turkey and Portugal. International Journal of Information and Education Technology, 5(1), 42–46. https://doi.org/10.7763/ijiet.2015.v5.473

Aritonang R. Kepuasan pelanggan, pengukuran dan penganalisaan dengan SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2005.

Cangara Hafeied. Pengantar Ilmu Komunikasi edisi kedua.PT Rajagrafindo Persada, 2016.

Darmawan, Dheni. Pendidikan Tehnologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya ; 2012.

Fikri, S, Wiyani, W, Suwandaru,A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan dan Loyalitas Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang). Jurnal bisnis dan manajemen Vol 3 No. 1. Diakses di http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/article/download/80/21 pada 5 Januari 2017.

Firmansyah R. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa kedokteran terhadap pelatihan klinik di tahap sarjana. 2012.

Haryanti, F, Hajjul Kamil, Kusman Ibrahim,Muhammad Hadi. Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia 2015. Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI). Jakarta Selatan – 2016.

Kotler, P. 2003. Marketing Management. Third Edition. Pearson Education Asia Pte, Ltd.

Linda Khilayatul A & Candra Bagus R. (2012). Tingkat Kepuasan Bimbingan Klinik Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan Diponegoro Vol.01, No.01 pp 219-224. Diakses di https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnursing/article/view/453 pada 6 Januari 2018.

Mahmud, M. (2012). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers

Nursalam. 2014. Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika

Papastavrou E, Dimitriadou M, Tsangari H, Andreou C. Nursing students’ satisfaction of the clinical learning environment: a research study. BMC Nurse. 2016;15:44. doi:10.1186/s12912-016-0164-4.

Sugiyono, 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Published

2021-10-01

How to Cite

Sari, N. A. M. E. ., & Laksmi, I. G. A. P. S. . (2021). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TAHAP PROFESI STASE ANAK STIKES WIRA MEDIKA BALI: Factors effecting Profession Phase Student Satisfaction in Pediatric Stage STIKES Wira Medika Bali. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 7(2), 180-188. https://doi.org/10.33023/jikep.v7i2.760