HUBUNGAN INTERNAL SERVICE QUALITY DENGAN LOYALITAS PELANGGAN

Relationship of Internal Service Quality with Customer Loyalty

Authors

  • Hartatik Nila Karmila
  • Budhi Setianto Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Agus Aan Adriansyah
  • Difran Nobel Bistara
  • Eppy Setiyowati

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v7i2.775

Keywords:

Interal Service Quality, Obstetry, Gynaecology, Loyalitas, Rawat Inap

Abstract

Pendahuluan:. Kepuasan yang berulang akan memberikan loyalitas tersendiri untuk pelanggan, loyalitas akan menimbulkan rasa kebanggaan tersendiri bagi pelanggan untuk mendapatkan layanan yang telah diterima. Tujuan: untuk menganalisis hubungan  internal service quality dengan loyalitas pelanggan  dalam melakukan advokasi pelayanan pasien  obstetry dan gynaecologi di ruang rawat inap Thaif Rumah Sakit Islam Surabaya. Metode: pengolahan data sekunder dari data kepuasan pasien Unit Humas dan Pemasaran RS Islam Surabaya pada bulan Agustus 2020 dengan  jumlah sumber informasi adalah sebesar 63 pasien. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS 16 dengan menggunakan uji chi square yang menguji dua variable berbeda yang berbentuk nominal untuk mencari uji hubungan secara non para metricmenguji hubungan antara Internal Service Quality dengan Loyalitas pelanggan dengan menggunakan metode Chi Square. Hasil: sebagian besar pelanggan didominasi dengan usia 25 – 35 Tahun, dengan jarak tempat tinggal kurang dari 10 Kilometer dan lama mengenal RS Islam Surabaya kurang dari 5 Tahun,kebanyakan pelanggan mendapatkan informasi dari website. Alasan pelanggan menggunakan layanan RS Islam Surabaya memiliki letak yang strategis. Pelanggan juga merasakan internal service quality dan loyalitas yang tinggi   Kesimpulan: didapatkan  hubungan yang kuat antara internal service quality dan loyalitas pelangga

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 171–177.

Asta, I. N., & Jaya, G. (2019). KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Perkembangan industri otomotif di Indonesia sangat cepat dan cenderung meningkat tiap tahunnya , seiring dengan kebutuhan dan perminta. 8(1), 7458–7485.

Harumni, sasha dwi. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Perusahaan Seiko Laundry Medan. Analitika, 8(2), 115–128.

Hastuti Listyawati, I. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Handphone Xiaomi Di Yogyakarta. JBTI?: Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 9(1), 37–45. https://doi.org/10.18196/bti.91098

Ira Setyaningsih. (2013). Analisis kualitasfile:///Users/delaneirachel/Downloads/ PENINGKATAN AKREDITASI RUMAH SAKIT DENGAN MENGAPLIKASIKAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN.docx pelayanan rumah sakit terhadap pasien menggunakan pendekatan lean servperf (lean service dan service performanc. Spektrum Industri, 11(2g), 117–242.

Kemenkes. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 65(879), 2004–2006.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2009). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 2009 TENTANG RUMAH SAKIT. 27(7).

Konsumen, L., Saga, C. V, & Pratama, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen CV Saga Selaras Pratama. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 8(1), 51–58. https://doi.org/10.12928/channel.v8i1.15119

Lestari, A., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl . S . Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 74–81.

Norhermaya, Y. A., & Soesanto, H. S. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Pada Online Store Lazada.Co.Id). Diponegoro Journal of Management, 5(2007), 1–13. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/14952

Nurhidayati, & Yuliantari, K. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya Cipta, II(1), 69–75.

Produk, K., Konsumen, L., & Konsumen, K. (2020). JaManKu Vol 1 No 2 Februari 2020 PENGARUH PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING JaManKu Vol 1 No 2 Februari 2020 PENDAHULUAN Persaingan bisnis yang semakin ketat menjadikan para pengusaha be. 1(2), 85–100.

Rahmawati, R. (2014). Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (Sebuah kajian terhadap bisnis makanan). Teknobuga, 1(1), 66–79. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/article/view/6404

Sumertana, I. W. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Water Park Seririt Singaraja Tahun 2014-2015. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2), 1–10.

Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 171–177.

Asta, I. N., & Jaya, G. (2019). KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Perkembangan industri otomotif di Indonesia sangat cepat dan cenderung meningkat tiap tahunnya , seiring dengan kebutuhan dan perminta. 8(1), 7458–7485.

Harumni, sasha dwi. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Perusahaan Seiko Laundry Medan. Analitika, 8(2), 115–128.

Hastuti Listyawati, I. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Handphone Xiaomi Di Yogyakarta. JBTI?: Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 9(1), 37–45. https://doi.org/10.18196/bti.91098

Ira Setyaningsih. (2013). Analisis kualitasfile:///Users/delaneirachel/Downloads/ PENINGKATAN AKREDITASI RUMAH SAKIT DENGAN MENGAPLIKASIKAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN.docx pelayanan rumah sakit terhadap pasien menggunakan pendekatan lean servperf (lean service dan service performanc. Spektrum Industri, 11(2g), 117–242.

Kemenkes. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 65(879), 2004–2006.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2009). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 2009 TENTANG RUMAH SAKIT. 27(7).

Konsumen, L., Saga, C. V, & Pratama, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen CV Saga Selaras Pratama. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 8(1), 51–58. https://doi.org/10.12928/channel.v8i1.15119

Lestari, A., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl . S . Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 74–81.

Norhermaya, Y. A., & Soesanto, H. S. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Pada Online Store Lazada.Co.Id). Diponegoro Journal of Management, 5(2007), 1–13. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/14952

Nurhidayati, & Yuliantari, K. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya Cipta, II(1), 69–75.

Produk, K., Konsumen, L., & Konsumen, K. (2020). JaManKu Vol 1 No 2 Februari 2020 PENGARUH PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING JaManKu Vol 1 No 2 Februari 2020 PENDAHULUAN Persaingan bisnis yang semakin ketat menjadikan para pengusaha be. 1(2), 85–100.

Rahmawati, R. (2014). Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (Sebuah kajian terhadap bisnis makanan). Teknobuga, 1(1), 66–79. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/article/view/6404

Sumertana, I. W. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Water Park Seririt Singaraja Tahun 2014-2015. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2), 1–10.

Published

2021-10-01

How to Cite

Karmila, H. N., Setianto, B., Adriansyah, A. A. ., Bistara, D. N. ., & Setiyowati, E. . (2021). HUBUNGAN INTERNAL SERVICE QUALITY DENGAN LOYALITAS PELANGGAN : Relationship of Internal Service Quality with Customer Loyalty . Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 7(2), 231-237. https://doi.org/10.33023/jikep.v7i2.775