HUBUNGAN INTERNAL SERVICE QUALITY DENGAN LOYALITAS PELANGGAN
Relationship of Internal Service Quality with Customer Loyalty
DOI:
https://doi.org/10.33023/jikep.v7i2.775Keywords:
Interal Service Quality, Obstetry, Gynaecology, Loyalitas, Rawat InapAbstract
Pendahuluan:. Kepuasan yang berulang akan memberikan loyalitas tersendiri untuk pelanggan, loyalitas akan menimbulkan rasa kebanggaan tersendiri bagi pelanggan untuk mendapatkan layanan yang telah diterima. Tujuan: untuk menganalisis hubungan internal service quality dengan loyalitas pelanggan dalam melakukan advokasi pelayanan pasien obstetry dan gynaecologi di ruang rawat inap Thaif Rumah Sakit Islam Surabaya. Metode: pengolahan data sekunder dari data kepuasan pasien Unit Humas dan Pemasaran RS Islam Surabaya pada bulan Agustus 2020 dengan jumlah sumber informasi adalah sebesar 63 pasien. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS 16 dengan menggunakan uji chi square yang menguji dua variable berbeda yang berbentuk nominal untuk mencari uji hubungan secara non para metricmenguji hubungan antara Internal Service Quality dengan Loyalitas pelanggan dengan menggunakan metode Chi Square. Hasil: sebagian besar pelanggan didominasi dengan usia 25 – 35 Tahun, dengan jarak tempat tinggal kurang dari 10 Kilometer dan lama mengenal RS Islam Surabaya kurang dari 5 Tahun,kebanyakan pelanggan mendapatkan informasi dari website. Alasan pelanggan menggunakan layanan RS Islam Surabaya memiliki letak yang strategis. Pelanggan juga merasakan internal service quality dan loyalitas yang tinggi Kesimpulan: didapatkan hubungan yang kuat antara internal service quality dan loyalitas pelangga
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 171–177.
Asta, I. N., & Jaya, G. (2019). KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Perkembangan industri otomotif di Indonesia sangat cepat dan cenderung meningkat tiap tahunnya , seiring dengan kebutuhan dan perminta. 8(1), 7458–7485.
Harumni, sasha dwi. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Perusahaan Seiko Laundry Medan. Analitika, 8(2), 115–128.
Hastuti Listyawati, I. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Handphone Xiaomi Di Yogyakarta. JBTI?: Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 9(1), 37–45. https://doi.org/10.18196/bti.91098
Ira Setyaningsih. (2013). Analisis kualitasfile:///Users/delaneirachel/Downloads/ PENINGKATAN AKREDITASI RUMAH SAKIT DENGAN MENGAPLIKASIKAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN.docx pelayanan rumah sakit terhadap pasien menggunakan pendekatan lean servperf (lean service dan service performanc. Spektrum Industri, 11(2g), 117–242.
Kemenkes. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 65(879), 2004–2006.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2009). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 2009 TENTANG RUMAH SAKIT. 27(7).
Konsumen, L., Saga, C. V, & Pratama, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen CV Saga Selaras Pratama. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 8(1), 51–58. https://doi.org/10.12928/channel.v8i1.15119
Lestari, A., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl . S . Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 74–81.
Norhermaya, Y. A., & Soesanto, H. S. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Pada Online Store Lazada.Co.Id). Diponegoro Journal of Management, 5(2007), 1–13. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/14952
Nurhidayati, & Yuliantari, K. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya Cipta, II(1), 69–75.
Produk, K., Konsumen, L., & Konsumen, K. (2020). JaManKu Vol 1 No 2 Februari 2020 PENGARUH PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING JaManKu Vol 1 No 2 Februari 2020 PENDAHULUAN Persaingan bisnis yang semakin ketat menjadikan para pengusaha be. 1(2), 85–100.
Rahmawati, R. (2014). Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (Sebuah kajian terhadap bisnis makanan). Teknobuga, 1(1), 66–79. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/article/view/6404
Sumertana, I. W. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Water Park Seririt Singaraja Tahun 2014-2015. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2), 1–10.
Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 171–177.
Asta, I. N., & Jaya, G. (2019). KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Perkembangan industri otomotif di Indonesia sangat cepat dan cenderung meningkat tiap tahunnya , seiring dengan kebutuhan dan perminta. 8(1), 7458–7485.
Harumni, sasha dwi. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Perusahaan Seiko Laundry Medan. Analitika, 8(2), 115–128.
Hastuti Listyawati, I. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Handphone Xiaomi Di Yogyakarta. JBTI?: Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 9(1), 37–45. https://doi.org/10.18196/bti.91098
Ira Setyaningsih. (2013). Analisis kualitasfile:///Users/delaneirachel/Downloads/ PENINGKATAN AKREDITASI RUMAH SAKIT DENGAN MENGAPLIKASIKAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN.docx pelayanan rumah sakit terhadap pasien menggunakan pendekatan lean servperf (lean service dan service performanc. Spektrum Industri, 11(2g), 117–242.
Kemenkes. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 65(879), 2004–2006.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2009). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 2009 TENTANG RUMAH SAKIT. 27(7).
Konsumen, L., Saga, C. V, & Pratama, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen CV Saga Selaras Pratama. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 8(1), 51–58. https://doi.org/10.12928/channel.v8i1.15119
Lestari, A., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl . S . Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 74–81.
Norhermaya, Y. A., & Soesanto, H. S. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Pada Online Store Lazada.Co.Id). Diponegoro Journal of Management, 5(2007), 1–13. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/14952
Nurhidayati, & Yuliantari, K. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya Cipta, II(1), 69–75.
Produk, K., Konsumen, L., & Konsumen, K. (2020). JaManKu Vol 1 No 2 Februari 2020 PENGARUH PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING JaManKu Vol 1 No 2 Februari 2020 PENDAHULUAN Persaingan bisnis yang semakin ketat menjadikan para pengusaha be. 1(2), 85–100.
Rahmawati, R. (2014). Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (Sebuah kajian terhadap bisnis makanan). Teknobuga, 1(1), 66–79. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/article/view/6404
Sumertana, I. W. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Water Park Seririt Singaraja Tahun 2014-2015. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2), 1–10.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing).